4

Pengalaman Guru Pada Saat Proses Belajar Dari Rumah (0)

rosalina September 22, 2020

Sebagai seorang guru Kelompok bermain, tugas yang diembankan kepada saya tidaklah mudah. Kebanyakan orang yang tidak berkecimpung di dunia pendidikan akan dengan mudahnya mengatakan β€œmengajar KB/TK ya? Gampangkan ya cuma nyanyi – nyanyi atau mewarnai saja kan?” Saya hanya tersenyum saja. Mari saya jelaskan secara singkat mengenai psikologi perkembangan anak. Di dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 14 dinyatakan bahwa anak usia dini adalah anak dengan rentang usia 0-6 tahun. Usia 0-6 tahun merupakan masa keemasan bagi anak atau masa terbaik sepanjang hidup dan hanya terjadi sekali. Mereka layaknya sebuah spon yang mampu menyerap banyak hal. Supaya tahapan perkembangan anak tidak terlewat atau sesuai dengan tingkat perkembangannya banyak orang tua yang sudah mulai menyadari pentingnya pendidikan usia dini. Dimasa inilah peran guru sangat penting dalam membentuk karakter seorang anak meskipun peran orang tua dan lingkungan sekitar juga akan mempengaruhi karakter seorang anak. Peran seorang guru dalam memberikan pendidikan pada  anak usia dini mencakup Fisik motorik, kognitif, sosial emosi, Nilai Agama dan Moral, bahasa dan seni.

Saat ini seluruh dunia sedang dihadapkan dengan pandemi corona (Covid-19). Semua bidang pendidikan dari level KB/TK – Universitas melaksanakan KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) diselenggarakan melalui daring. Saya pun sebagai guru pusing bukan kepalang menyusun RPPH untuk kegiatan anak – anak murid saya. Bagaimana mereka supaya tidak bosan, bagaimana saya juga harus dapat membuat mereka berkembang sesuai tahapannya hanya dengan menatap layar gadget.

Sebelum pandemi, anak – anak dengan mudah melakukan praktek langsung dalam pembelajaran. Sebagai contoh di kelas disediakan berbagai media untuk bermain sambil belajar seperti puzzle, playground, buku – buku bacaan dan berbagai peralatan montessori. Anak – anak juga dapat dengan mudah bersosialisasi dengan teman sekelasnya. Selama BDR (Belajar dari rumah), pengalaman yang paling membuat saya sadar betapa pentingnya peran teknologi adalah ketika wifi yang saya gunakan error secara tiba  – tiba. Saya keluar dari kelas kurang lebih 15 menit. Saat saya kembali murid saya yang masih menunggu akhirnya  berteriak – teriak gembira. Pendampingnya pun menceritakan kalau anak – anak sudah bertanya – tanya kemana Ms.nya pergi. Dari sini saya menyadari kalau teknologi sangat membantu selama BDR berlangsung. Saya harus mempersiapkan berbagai media belajar melalui berbagai situs online di bidang pendidikan. Media – media yang saat ini saya gunakan untuk menunjang BDR adalah Kahoot.it, aplikasi yang disediakan oleh gmail (drive, classroom, jamboard, kalender dll), youtube, beberapa aplikasi video editing seperti filmorago.

Saat ini sudah banyak sekali situs – situs dan juga berbagai aplikasi untuk menunjang KBM online berlangsung. Yang terpenting adalah kemauan untuk mempelajari hal – hal baru melalui jaringan internet. Tidak lupa juga jaringan dan laptop yang memadai akan sangat membantu kita memudahkan jalannya KBM online. Tetap semangat guru – guru terbaik.

#WritingCompetition #NewNormalTeachingExperience

Comments (4)

  1. Selamat siang Ibu Rosalina πŸ˜‰
    Terima kasih banyak atas partisipasi Ibu di Guraru Writing Competition 2020
    dan #sharing inspiratif selama proses belajar mengajar dari rumah

    Kami sangat setuju, dengan kutipan dari Ibu Rosalina “Yang terpenting adalah kemauan untuk mempelajari hal – hal baru melalui jaringan internet. untuk memudahkan jalannya KBM online.” bagaimana menurut rekan-rekan guru lainnya ?

    Yuk silakan ikuti kompetisi kali ini, jangan sampai ketinggalan πŸ™‚

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar