3

Penerimaan dan Jadwal Seleksi 1 Juta Guru PPPK (P3K) (0)

Daniel Leonard Sinaga March 11, 2021

Pada hari Rabu, 10 Maret 2021 lalu Kemdikbud beserta jajarannya yaitu Pak Nadiem atau yang sering disapa mas menteri duduk rapat bersama dengan Komisi X DPR RI. Pada rapat ini pak Nadiem menjelaskan beberapa hal terkait rencana dan penjelasan mengenai polemik berita yang berkembang di masyarakat.

Pak Nadiem menjelaskan bahwa penerimaan 1 juta guru formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) akan dilaksanakan pada tahun 2021 ini. Ada pun rencana yang akan dilaksanan mengenai seleksi yaitu pendaftaran peserta pada bulan April, seleksi berkas administrasi dan masa sanggah sekitar bulan Mei dan uji seleksi taergetnya dapat dilakukan pada bulan Agustus, Oktober dan Desember.

Pak Nadiem mengatakan bulan ini masih terus melakukan finalisasi dan sinkronisasi formasi bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, dan validasi bersama pemerintah daerah. Disebutkan juga bahwa semua guru honorer dapat mengikuti seleksi PPPK 2021. Meskipun formasi guru yang diberikan ke pemerintah daerah tak mencapai 1 juta, Nadiem menjelaskan hasil seleksi bisa ditabung untuk tahun berikutnya. Sehingga jika peserta lolos seleksi namun formasi yang diinginkan tidak ada, peserta dapat menyimpan hasil seleksi tersebut untuk tahun berikutnya jika formasi sudah dibuka.

Nadiem menyebut pihaknya akan kembali mendorong pengajuan formasi pada Agustus untuk melengkapi formasi PPPK. Sehingga diharapkan formasi yang tidak ada di tahun ini bisa dibuka tahun berikutnya.

Lebih lanjut, Nadiem mengklaim kendala pada pengajuan formasi dari pemerintah daerah bukan karena sosialisasi yang belum maksimal. Menurutnya, sosialisasi sudah gencar dilakukan pihaknya bersama kementerian/lembaga terkait.

Namun, ia mengatakan pembukaan formasi sebesar ini baru pertama kali dilakukan dalam puluhan tahun. Karena itu, banyak pemerintah daerah tidak percaya gaji guru PPPK nantinya ditanggung pemerintah pusat.
Sebelumnya, pemerintah pusat memberikan kuota rekrutmen 1 juta guru melalui seleksi PPPK. Namun hingga Jumat (5/3), formasi guru yang diajukan pemerintah daerah baru mencapai 568.238 orang, jauh dari target.

Pak Nadiem juga mengatakan Kemdikbud dan Kemenag sudah berkoordinasi sehingga guru agama, seni dan olahraga masuk formasi seleksi 1 juta guru pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK/P3K) 2021.

Ia menekankan semua guru honorer bisa mengikuti seleksi PPPK tahun ini. Nadiem mengatakan seleksi tahap pertama pada Agustus 2021 akan memprioritaskan guru honorer di sekolah negeri. Guru honorer di sekolah swasta juga bisa mengikuti seleksi tahun ini. Hanya saja, ketika guru honorer swasta mengikuti seleksi dan lolos, maka guru tersebut akan ditugaskan di sekolah negeri dan berstatus aparatur sipil negara (ASN), bukan bertugas di sekolah swasta.

Nadiem juga menegaskan bahwa rekrutmen guru tahun ini tidak akan digelar melalui seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Ia menjanjikan formasi guru pada CPNS akan dibuka lagi tahun depan.

“Makanya enggak ada (formasi guru di) CPNS. CPNS mulai lagi tahun depan. Tapi ini agar kita memprioritaskan guru honorer, bukan guru-guru lain,” ujarnya.

Selamat mempersiapkan diri Ibu dan Bapak guru, mudah-mudahan diberikanNya kelancaran dalam setiap pelayanan yang sudah diberikan kepada anak-anak didik kini dan nanti.

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar