0

PENERAPAN STRATEGI MULTIPURPOSE PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA (0)

Elisa Kristiyanti April 24, 2021

PENDAHULUAN

Pendidikan merupakan sebuah pilar bagi kemajuan dan pembangunan suatu bangsa. Pembangunan dan kualitas suatu bangsa ditentukan oleh kualitas pendidikannya. Dengan pendidikan yang baik dan berkualitas, maka akan menghasilkan generasi yang mampu bersaing dan membangun bangsanya menjadi bangsa yang maju dan besar. Perkembangan jaman dan teknologi secara tidak langsung memaksa pembaharuan dalam bidang pendidikan. Dari tahun ke tahun pendidikan terus mengalami perubahan untuk meyesuaikan dengan keadaan dan kondisi peradaban manusia yang terus mengalami kemajuan. Untuk mewujudkan tujuan dari pendidikan demi terciptanya generasi yang mampu menata kehidupannya dan memajukan bangsanya, maka tidak terlepas dari proses pengajaran atau proses pembelajaran, dimana proses pembelajaran harus berlangsung dengan baik yang melibatkan berbagai aspek (material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur) dan pihak – pihak yang terlibat dalam berlangsungnya proses pembelajaran (Hamalik, 2014).

Guru merupakan komponen penting dalam proses penyelenggaraan pendidikan. Peranan guru sebagai pendidik dan pengajar, akan sangat menentukan kualitas dari proses pembelajaran. Oleh karena itu sikap profesionalitas guru harus terus ditingkatkan, salah satunya adalah guru harus inovatif dan kreatif dalam mengembangkan strategi pembelajaran sehingga proses belajar dapat berlangsung dengan baik untuk mencapai tujuan yang dinginkan. Dalam proses belajar guru harus memaksimalkan potensi anak didiknya. Dalam proses belajar salah satu hal yang menjadi perhatian adalah mengoptimalkan daya pikir peserta didik, dan hal ini berkaitan dengan kemampuan secara kognitif. Untuk memaksimalkan kemampuan dalam menerima dan menyimpan informasi yang disampaikan kepada siswa, guru harus mampu menggunakan strategi yang tepat.

Biologi merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam, yang seringkali anak didik menganggap materi biologi sebagai materi yang sulit untuk dipahami terutama untuk tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas) dengan materi yang semakin luas dan mendalam dibandingkan pada masa SMP, sehingga membutuhkan perhatian dan konsentrasi yang baik untuk benar – benar memahami materi yang disampaikan dalam proses pembelajaran di kelas, karena banyak bahasa – bahasa ilmiah yang terdapat pada materi biologi dan seringkali anak didik menjadi kesulitan untuk menghapal dan  mengingatnya. Untuk memperoleh hasil yang maksimal dari keseluruhan perilaku kognitif sebagai awal dan inti dari keseluruhan perilaku individu maka diperlukan strategi kognitif, dimana strategi kognitif merupakan sebuah prosedur mental yang digunakan dalam mencapai tujuan kognitif mulai dari hal yang sederhana sampai kepada tingkatan tertinggi yaitu berpikir (Surya, 2014). Salah satu strategii kognitif yang dapat digunakan adalah strategi kognitif multipurpose yang merupakan strategi kognitif yang dapat digunakan dalam berbagai tujuan salah satunya adalah dalam memudahkan mengingat, sehingga akan sangat membantu siswa dalam mengingat istilah – istilah yang ada pada materi biologi.

1 2 3 4

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar