10

PENERAPAN MODEL PBL DENGAN MENGGUNAKAN GAMES TTS (+6)

Tri GP : @gurukimiaasyik April 9, 2014

Assalamualaikum Wr. Wb

04032014097

Alhamdulilah, puji syukur kehadirat ALLAH SWT yang telah memberi kita kesehatan dan kesempatan untuk selalu berbagi dan terus berbagi. Apa kabar para sahabat guraruers Tri GP : @gurukimiaasyik? Semoga para sahabat guraruers kami sehat selalu. Aamรฌn :). Sesuai dengan tema bulan April. Saya mencoba untuk sharing tentang โ€œPenerapan Model PBL dengan Memanfaatkan Games TTS Kimiaโ€.

Sebelum kita bahas contoh penerapan PBL dalam pembelajaran kimia di kelas. Sedikit kita bahas apa sih PBL itu? Dari berbagai sumber dapat kami simpulkan bahwa : Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) adalah model pengajaran di mana siswa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dengan bekerja untuk jangka waktu tertentu untuk menyelidiki dan menanggapi berbagai pertanyaan, masalah, atau tantangan.

Perkembangan TIK yang begitu pesat di Abad ke-21 ini. Kita Guraru di tuntut untuk terus berupaya membangun kompetensi siswa dengan model yang digunakan yakni PBL yang sangat berguna untuk pemecahan berpikir kritis/masalah, kolaborasi, dan komunikasi, dan kreativitas/inovasi, yang diajarkan dan dinilai.

Penerapan PBL dengan Menggunakan Games TTS Kimia

Pelajaran Kimia di SMK adalah pelajaran yang di anggap suatu pelajaran yang cukup sulit untuk di pelajari, di sini saya mencoba untuk memotivasi siswa untuk mempelajari dengan memanfaatkan TIK dalam proses pembelajaran di kelas.

Langkah-langkah pembelajaran di kelas menggunakan model PBL

TTS KIMIA ECLIPSE CROSSWORD TRI

  • Hasil Proyek Siswa dapat di lihat di SINI

Keuntungan yang saya peroleh dari model PBL yang saya terapkan ini antara lain:

  • Terjadi proses Inkuiri : Siswa terlibat langsung dalam proses untuk mencari ilmu, proses panjang untuk mengajukan pertanyaan, menggunakan sumber daya, dan mengembangkan jawaban.
  • Rasa ingin tahu siswa semakin besar untuk mendapatkan pengetahuan, memahami konsep-konsep , dan menerapkan keterampilan dalam rangka untuk menjawab pertanyaan dan menciptakan hasil proyek, dimulai dengan kegiatan awal yang menghasilkan minat dan keingintahuan.
  • Proyek ini meliputi proses bagi siswa untuk berpikir tentang apa dan bagaimana mereka belajar.

Demikian sedikit pengalaman saya dalam penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan IT. Mohon maaf atas kekurangannya dan mohon bimbingan dan arahan untuk perbaikan ke depan ya sahabat guraruers. Terima kasih.

Semoga Bermanfaat buat sahabat Guraruers. Aamiin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tri GP : @gurukimiaasyik

http://www.trigpss.com/

142,655 total views, 2 views today

Tagged with:

Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

Tri GP : @gurukimiaasyik

BANGKINANG, RIAU, Indonesia. Saya Tri GP lahir pada tanggal 18 Agustus 1974 di Pematang Siantar, Medan. Seorang guru biasa yang memiliki motivasi untuk berbagi dengan sesama, mendekatkan diri kepada ALLAH SWT, dan berbakti kepada orang tua. Passionnya adalah menulis, berkarya dan mengembangkan IT untuk Pembelajaran. Saya adalah guru kimia dan komputer, Trainer, Motivator, dan Narasumber/Instruktur terkait pemanfaatan IT untuk pembelajaran. Saya sangat giat mendorong Guru-guru agar Belajar IT dan aktif sharing/berbagi seputar pendidikan baik di website: guraru.org, kompasiana.com, web & blog pribadi: trigpss.com ; maupun media sosial. HP: 085271629875 e-mail: [email protected] PENDIDIKAN : SD NO. 104248 LUBUK PAKAM ; SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM ; SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM ; S1 IKIP MEDAN ; S2 UPI BANDUNG

View all posts by Tri GP : @gurukimiaasyik →

Comments (10)

  1. Terima kasih Bu Etna ๐Ÿ™‚ oh ya Selamat ya Bu terpilih 3 besar : Artikel Terbaik Bulan Maret.

    Dengan adanya web guraru.org kita termotivasi untuk berkarya dan berbagi,
    Salam sukses untuk guraruers dan Ibu Etna juga ,,,, Aamiin.

    ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

  2. Wow..,luar biasa. Penerapan pembelajaran berbasis proyek dengan menggunakan software Eclipse Crossword untuk membuat game TTS kimia. Menarik sekali pak bahwa dengan proyek tersebut anak-anak menjadi lebih tertantang dan tentunya mereka akan mencari pengetahuannya sendiri (inkuiri). Proses pembelajaran scientific bisa diterapkan. Saya berikan VOTE +1.

    Semoga sukses.

  3. Terima kasih atas support, vote dan komentarnya.

    Terima kasih juga Pak atas komentar : Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (PBL) dengan Menggunakan Software Eclipse Crossword untuk Membuat Game TTS Kimia

    Bisa jadi bahan untuk karya ilmiah ya Pak Sukani …

    Salam sukses selalu. Aamiin. ๐Ÿ™‚

  4. Wah, wah, sepertinya benar apa yang dikatakan pak Sukani. Pembelajaran dengan Eclipse Crossword ini bisa menantang siswa untuk tahu lebih dalam tentang materi pembelajaran, bisa belajar mandiri, dan siswa bisa menemukan sendiri suatu konsep dalam materi pembelajaran.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar