0

PENDIKAR; Sarana Membangun Ukhuwah (0)

Pendidik Menulis ○ Abdul Muis May 11, 2015
IMG_4985

Pendamping bersama Panitia PENDIKAR 2014

Rohani ke-Islam-an atau biasa dikenal dengan ROHIS adalah organisasi di bawah naungan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) yang fokus utama kegiatannya terletak pada bidang keagamaan khususnya Islam. Hampir setiap tahun, menjelang tahun ajaran baru, ROHIS di SMA Negeri Yosowilangun melakukan agenda rutin tahunan yakni PENDIKAR. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka rekrutmen anggota baru ROHIS, yang nantinya setelah kegiatan PENDIKAR, mereka akan secara resmi menjadi anggota ROHIS dengan ditandai pelantikan dan pengucapan janji siswa yang disaksikan oleh Pembina dan Pendamping serta alumni ROHIS yang juga ikut diundang dalam kegiatan PENDIKAR ini.

PENDIKAR adalah singkatan dari Pelatihan dan Pendidikan Kepemimpinan Dasar, kegiatan ini dikhususkan bagi peserta didik baru yang tergabung kedalam ROHIS. Biasanya kegiatan PENDIKAR ini dilaksanakan di luar kelas dan bahkan di luar lingkungan sekolah. Bekerjasama dengan alumni dan dengan didampingi oleh Pembina ROHIS yang juga merupakan guru Pendidikan Agama Islam, PENDIKAR dilaksanakan dengan beberapa agenda dan kegiatan yang dikemas dengan system pembelajaran menyenangkan, menghibur, bermakna dan kreatif. Peserta PENDIKAR bukan hanya mendapatkan materi tentang Kepemimpinan dasar, namun juga hiburan, permainan, fun game, out bond activity, serta beragam kegiatan lain yang dirancang dalam rangka membangun ukhuwah (persaudaraan) antar sesama anggota ROHIS.

IMG_4683

Panitia bersama Pendamping dan Pembina

Pada 2014, kegiatan PENDIKAR ROHIS SMA Negeri Yosowilangun dilaksanakan di luar sekolah. Bekerja sama dengan Yayasan Al-Baitul Amien, Jember, PENDIKAR dilaksanakan di kompleks Yayasan Al-Baitul Amien di Jl. Imam Bonjol, Kaliwates-Jember. Peserta yang turut aktif dalam kegiatan PENDIKAR kali ini berjumlah 52 peserta, dengan 10 orang Pendamping, 2 orang Pembina dan 4 orang alumni ROHIS yang juga ikut hadir dan turut serta dalam PENDIKAR kali ini. Dengan mengendarai mini bus, rombongan bertolak dari halaman sekolah, sebelum berangkat, terlebih dahulu dilakukan upacara pelepasan yang dipimpin langsung oleh Pembina ROHIS. Tepat pada jam 14.00 wib, mini bus berangkat menuju kota Jember tempat dimana kegiatan PENDIKAR kali ini dilaksanakan. Bagi beberapa peserta, khususnya pendamping, kegiatan PENDIKAR kali ini terasa special, karena dilaksanakan di luar kota dan bekerja sama dengan pihak luar.

Perjalanan selama dua jam cukup menguras tenaga peserta PENDIKAR, akhirnya rombongan tiba halaman utama kompleks Yayasan Al-Baitul Amien di Jember. Disambut oleh ketua dan sekretaris Yayasan beserta beberapa pemuda yang tergabung dalam REMAS (Remaja Masjid) Al-Baitul Amien, rombongan kemudian memasuki ruangan yang telah sejak pagi dipersiapkan. Kegiatan di awali dengan pelaksanaan sholat Ashar berjamaah, bertindak sebagai imam adalah ketua REMAS Al-Baitul Amin. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh ketua ROHIS masa bakti 2013/2014, upacara dilaksanakan dengan khidmat. Bertindak sebagai Pembina upacara adalah Pembina ROHIS yang juga sekaligus Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Yosowilangun.

IMG_4482

Praktik Ibadah (wudhu) di kegiatan PENDIKAR

Setelah upacara pembukaan selesai, seluruh peserta kemudian mendapatkan pengarahan dari alumni ROHIS dan pendamping. Pengarahan yang dimaksud adalah memberikan pemahaman, selayang pandang dan pengetahuan awal tentang ROHIS dan organisasi ke-Islam-an secara umum, dengan materi ini diharapkan peserta PENDIKAR mendapatkan gambaran awal tentang ROHIS dan organisasi ke-Islam-an secara global. Setelah kegiatan pengarahan selesai, peserta PENDIKAR kemudian diarahkan menuju maktab (sebutan untuk kamar) untuk beristirahat dan bersih diri. Maktab inilah yang kemudian menjadi tempat mabit (bermalam) para peserta PENDIKAR, selama 2 hari 1 malam seluruh peserta akan mendapatkan materi dan pembelajaran yang (sekali lagi) sifatnya menyenangkan dan menghibur namun tetap bermakna.

Malam hari kegiatan peserta PENDIKAR adalah materi tentang kepemimpinan. Seluruh peserta dikumpulkan dalam satu ruangan, disamping materi, peserta juga di ajak praktik langsung bagaimana menjadi seorang pemimpin, dalam lingkup kecil seperti kelompok, hingga dalam lingkup yang lebih besar yakni memimpin seluruh peserta PENDIKAR.

Materi Kepemimpinan peserta PENDIKAR 2014

Materi Kepemimpinan peserta PENDIKAR 2014

Renungan malam menjadi materi berikutnya, hal ini dilakukan untuk memupuk rasa tanggung jawab peserta PENDIKAR, bahwa kelak ketika mereka kembali ke sekolah, mereka akan menjadi panutan dan teladan bagi seluruh peserta didik lain yang ada di sekolah. Dalam renungan malam, peserta PENDIKAR dibawa ke satu tempat yang sebelumnya telah disiapkan oleh panitia bersama Pembina, tempat yang dipilih adalah tempat sunyi, tempat yang jauh dari keramaian, tempat yang sejatinya mengundang khidmat dan khusyu’ bagi seluruh peserta PENDIKAR. Dalam renungan malam ini, peserta PENDIKAR juga dilantik secara resmi menjadi anggota ROHIS dengan ditandai pengucapan janji dan sumpah siswa serta sumpah janji ROHIS.

IMG_4970

Peserta PENDIKAR ROHIS SMAN Yosowilangun bersama Panitia, Pendamping dan Pembina

IMG_4725

Tari Penguin oleh pedamping dan peserta pendikar

Setelah semalaman peserta PENDIKAR bergelut dengan materi dan penuh dengan ketegangan, maka pagi harinya mereka mendapat materi out bond dan refreshing. Pada sesi ini seluruh peserta sesuai dengan kelompok yang telah ditetapkan, di ajak berkeliling kompleks Yayasan Al-Baitul Amin, disamping itu juga banyak sekali games-games seru nan menggelitik yang menambah keakraban antara peserta. Salah satu games yang membuat hampir sebagian peserta terkesan adalah tari penguin. Tari penguin ini dipimpin oleh beberapa orang pendamping dan diikuti oleh hampir seluruh peserta PENDIKAR, disebut tari penguin karena gerakan dalam tari ini menyerupai penguin, mulai dari cara berjalan, hingga gerakan-gerakan unik yang bukan hanya peserta PENDIKAR yang terkesan dan tertawa terbahak-bahak, namun Pembina pun juga larut dalam alunan music dan tarian ala penguin.

Tari Penguin oleh peserta PENDIKAR

Tari Penguin oleh peserta PENDIKAR

IMG_4732

Outbond

PENDIKAR menyisakan banyak cerita gembira dan bahagia, didalamnya juga terdapat banyak ilmu pengetahuan serta permainan yang mendidik, yang mengantarkan peserta PENDIKAR untuk terus selalu belajar, belajar berjuang, belajar istiqomah, belajar menjadi pribadi yang dapat dijadikan teladan setidaknya bagi orang-orang yang ada di sekitar,

Games dan outbond

Games dan outbond

serta belajar menjadi orang yang dapat memberikan manfaat baik kepada sesama. Itulah PENDIKAR, didalamnya peserta mengenal bagaimana menjadi seorang pemimpin, peserta juga diajarkan bagaimana cara yang benar dan baik menghormati orang yang lebih tua serta menyayangi yang lebih muda, peserta pun juga di tuntut untuk belajar bertanggung jawab, menjadi manusia yang bukan hanya pandai bercakap namun juga cakap dalam bertindak.

 Baner-Guraru2

Artikel ini diikutkan dalam lomba menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar