4

Pendidikan Kita Terendah: Benarkah? (+1)

Botaksakti November 28, 2012

Indonesia masuk ke dalam golongan terendah dalam sistem pendidikan. Bersama Meksiko dan Brasil, Indonesia menduduki posisi paling buncit dalam kancah pendidikan dunia. Hal ini disampaikan oleh sebuah firma pendidikan yang bernama Pearson(http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/27/15112050/Sistem.Pendidikan.Indonesia.Terendah.di.Dunia).

Yang menarik, ternyata guru menjadi bagian paling menentukan dalam penentuan peringkat itu. Indonesia dipandang belum berhasil memberi status tinggi bagi guru. Ini berkait dengan kualitas guru yang masih jauh dari memadai.

Benarkah seperti itu kondisinya?

Bila kita hanya berkaca dari hasil UKG, boleh jadi ada benarnya. Namun, tentu tidak boleh dilupakan fakta-fakta yang juga mewarnai dunia pendidikan kita. Barubaru ini, sebanyak enam orang guru(salah satunya dari Timika) memperoleh penghargaan dari Intel (http://edukasi.kompas.com/read/2012/11/27/1424513/Guru.dari.Timika.Raih.Intel.Education.Awards). Penghargaan tersebut mereka peroleh karena keberhasilannya mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran.

Kita juga baru saja mendapat kabar luar biasa, yaitu bahwa salah satu rekan kita, Om Jay semakin berkibar dengan terpilih untuk tampil dalam konferensi guru nasional di salah satu universitas di Jawa Timur.

Jadi, benarkah pendidikan kita masih rendah?

Comments (4)

  1. Memang sudah banyak guru-guru yang berkualitas dan berpikiran maju, seperti pak @isnapuryanta, pak@wijayalabs, pak @mrurip dan lain-lain… Tapi masalahnya memang bukan sepenuhnya di gurunya kan? Melainkan di kebijakan-kebijakan yang diambil pemerintah…:(

  2. @pengelolaguraru: konon guru itu pemikir sekaligus pekerja. Sayangnya, berbagai kebijakan pada akhirnya memosisikan guru hanya sebagai ‘pekerja’. Rugi bila menyerah posisi itu. Betul?:D

    @bhayusulistiawan: aminnnnnn!

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar