4

Penasaran dengan Podcast (0)

Zubaili March 2, 2021

Jujur saja, saya sendiri belum begitu paham dengan aplikasi yang satu ini, walau namanya sering terdengar di telinga, tapi belum pernah mengggunakan jasanya.
Tapi, setelah membaca artikel Pak Afan, saya penasaran dengan yang namanya podcast, dan ingin uji nyali dengan aplikasi tersebut. Inilah salah satu manfaat bisa bergabung dengan guraru, ada hal-hal menarik di luar sana yang belum pernah kita dengar atau kita gunakan tetapi dengan membaca artikel artikel keren dari Bapak dan Ibu guru di sini kita akan mendapatkan pengetahuan baru.


Jadi, seperti biasanya sebelum saya menggunakan sebuah aplikasi, terlebih dahulu saya mencoba mencari informasi tentang aplikasi tersebut, dan hal ini juga saya lakukan saat hendak mencoba menggunakan aplikasi podcast, saya mencari informasi tentang podcast, apa utu podcast, kelebihan dan kekurangannya, beberapa banyak penggunanya, cara kerjanya, dan lain sebagainya.

Podcast adalah hasil rekaman audio yang dapat didengarkan oleh khalayak umum melalui media internet. Berbeda dengan radio yang harus dilakukan dan ditayangkan secara langsung dalam frekuensi tertentu. Namun, podcast dapat diimplementasikan kapanpun serta dapat didengarkan melalui berbagai media elektronik yang ada.

Saat ini anda juga dapat menggunakan podcast melalui aplikasi pihak ketiga yang dinamakan dengan Anchor. Karena sifatnya yang on-demand, podcast sangat digemari oleh pengguna internet saat ini daripada mendengarkan siaran dari radio yang memiliki keterbatasan dalam akses, frekuensi, serta waktu.


Untuk membuat sebuah audio yang bagus dan bermutu, hendaknya kita terlebih dulu menentukan topik yang akan kita bahas, mempersiapkan alat alat yang akan kita gunakan, menyusun konten, melakukan proses editing, dan terakhir adalah melakukan proses rilis konten (uploading).

Cara Membuat Podcast di Anchor: ¹

  1. Download dan install aplikasi Anchor dari Google Play Store atau Apple App Store.
  2. Jalankan dan mulai mendaftar akun baru. Bisa langsung pakai akun Google dengan tap ‘Continue with Google’.
  3. Untuk langsung membuat podcast, tap ‘I want to make new podcast’. Jika ingin meng-upload audio podcast yang sudah direkam, tap ‘I have podcast I want to import’.
  4. Lanjutkan tap ‘Record’ untuk merekam podcast baru.
  5. Mulailah berbicara tentang topik podcast yang sudah disiapkan.
  6. Beri tanda ‘Flag’ dengan tap pada Add Flag. Kesalahan pengucapan atau kesalahan lain akan memunculkan tanda dengan fitur ini.
  7. Jika rekaman selesai, tap ‘Stop’. Tampilkan preview untuk mendengarkan hasil rekaman. Agar lebih menarik, tap ‘Add background music’ untuk menambahkan musik tambahan.
  8. Selanjutnya akan muncul koleksi musik Anchor yang bisa dipilih. Tap tombol ‘Play’ untuk mendengarkan preview musiknya, lalu tap ikon plus untuk menambahkan musik ke dalam podcast.
  9. Langsung tap ‘Save’ untuk menyimpan ke akun.
  10. Beri judul podcast yang akan disimpan. Silakan beri judul episode, lalu tap ‘Add recording to episode’.
  11. Tap ‘Publish’ yang letaknya di kanan atas untuk mulai meng-upload podcast yang sudah dibuat.
  12. Isi keterangan untuk judul episode podcast dan deskripsi singkatnya.
  13. Jika sudah terisi semua, tap ‘Publish Now’ atau ‘Change publish date’ jika podcast ingin disiarkan pada hari dan jam tertentu.
  14. Selesai.

Tagged with: , ,

Comments (4)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar