24

PEMENANG LOMBA PRODUK INOVASI TIK 2013 (JABAR IT AWARD 2013) (+9)

Taufik Ibrahim September 6, 2013

Foto2-Hasil Jabar IT Award 2013

Sungguh terkejut saya ketika sore tadi sekitar pukul 15.30 WIB iseng-iseng saya membuka website resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat yaitu di www.jabarprov.go.id pada menu informasi tentang hasil Anugerah TIK Jawa Barat Tahun 2013 atau yang sekarang ini di kenal dengan istilah JABAR IT AWARD 2013. Ternyata setelah menunggu kurang lebih beberapa pekan akhirnya saya mengetahui bahwa saya berhasil menjadi Juara ke-2 pada kategori Produk Inovasi TIK. Langsung terbersit rasa bersyukur dan ucapan terima kasih buat sahabat sekaligus guru saya yaitu Bpk. Djadja A Sardjana, seorang tokoh penggerak Pojok Pendidikan, dimana beberapa pekan yang lalu beliau memberikan info untuk saya dan beberapa teman di Kota Depok yang bergerak di pengembangan IT atau TIK bidang pendidikan, agar segera mendaftar pada ajang JABAR IT AWARD 2013 tersebut. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih buat senior saya Bpk.Subhan, S.Pd yang telah mengenalkan serta mendorong saya pada dunia TIK dan dunia website/blog.

Sebagai sebuah rangkaian Anugerah TIK Jawa Barat tahun 2013, Dinas Komunikasi dan Informatika Propinsi Jawa Barat kembali menyelenggarakan Penghargaan Produk Inovasi dan Penghargaan Komunitas Berbasis TIK (Jabar IT Award) yang telah memberikan sumbangsih dalam penyebaran, penerapan dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

PIAGAM PENGHARGAAN dan HADIAH akan di berikan kepada 3 pemenang sesuai katagori. Penyerahan Piagam Penghargaan dan hadiah akan diberikan oleh Gubernur Provinsi Jawa Barat pada puncak acara peringatan hari jadi Provinsi Jawa Barat yang akan diselenggarakan pada bulan September 2013 di Gedung Sate.

Dalam kondisi yang sebenarnya kurang ideal, saya mencoba untuk mempersiapkan segala macam persyaratan dan informasi penting terkait produk inovasi yang saya buat dan telah disosialisasikan selama ini kepada masyarakat luas terkait pemanfaatan TIK dalam pendidikan. Apalagi pengiriman berkas dan produk inovasi terpaksa saya lakukan di saat deadline paling akhir beberapa pekan yang lalu, sehingga sempat terbersit cukup tipis harapan untuk berhasil di JABAR IT AWARD 2013 tersebut. Apalgi melihat persaingan yang setiap tahunnya sangat berat jika mengingat para pemenang Anugerah TIK Jawa Barat pada tahun-tahun sebelumnya membuat saya cukup merinding melihat prestasi para warga Jawa Barat yang telah menyebarkan, menerapkan dan memanfaatkan TIK dalam berbagai bidang kehidupan khususnya di lingkungan masyarakat Jawa Barat.

Untuk pemenang tahun lalu yaitu pemenang Anugerah Inovasi TIK Jawa Barat 2012 antara lain: Empat inovator  Institut Teknologi Telkom (IT Telkom) raih Penghargaan Anugerah Inovasi TIK  Jawa Barat 2012. Mereka adalah Achmad Rizal dengan inovasinya  Perangkat Monitoring Jantung, Harland Firman Agus dengan inovasinya SMCare,  Yusuf Habibur Rahman  dengan inovasinya  Metode Membaca  Qur’an (Qronis) dan Rony Setyawan dengan inovasinya  USB Key System. Sedangkan pemenang lainya yaitu Prof Iping Supriana mendapatkan Penghargaan Anugerah TIK Jawa Barat 2012 sebagai Produk Inovasi Terbaik berbasis TIK yaitu Digital Mark Reader atau scanner pengkoreksi jawaban tetapi versi digital. Jika sebelumnya untuk mengkoreksi LJK (Lembar Jawab Komputer) harus menggunakan Optical Mark Recognition (OMR) yang mahal, maka dengan DMR ini lebih praktis dan lebih murah. Penganugerahan diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, di panggung utama De Syukron halaman Gedung Sate, Sabtu (15/09/2012).

Adapun hasil lengkap  pengumuman pemenang ajang  JABAR IT AWARD 2013 seperti yang tertera pada gambar berikut:

Hasil Jabar IT Award 2013

Demikian informasi yang bisa saya sampaikan.

Sumber data:

1. http://jabarprov.go.id/index.php/subMenu/1235

2. http://www.jabarprov.go.id/index.php/subMenu/1236

Salam Inovasi!

http://taufikibrahim.wordpress.com/

Comments (24)

  1. Trims Pak Firdaus! Mari kita sama-sama saling sharing dan salin belajar serta saling berbagi seputar dunia Inovasi TIK dalam pembelajaran dan salah satunya bisa lewat web guraru ini. Trims untuk beberapa artikel Pak Firdaus yang berguna bagi para Guraruers! 🙂

    Salam Inovasi!

    taufikibrahim.wordpress.com

  2. Alhamdulillah saya turut senang sekali melihat pengumuman tersebut. Selamat ya pak taufik Opikibra Ibrahim atas segala prestasinya. Luar biasa dan mantap pak..!!! Keren euh..!

    Mohon dishare ilmunya di Guraru.org ya pak. Saya yakin teman-teman guraru sangat membutuhkannya. Inovasi pembelajaran dengan TIK, memang bagus banget…!

    Tetap berkreasi ya pak dan berbagi!

    Salam hormat saya..,

  3. Alhamdulillah pak Taufik, selamat ya. Bahagia rasanya membaca infonya. Saya setiap hari selalu ingin meluangkan waktu untuk membaca sharing Guraru, namun kadang kurang disiplin untuk mengatur jadwal aktivitas.Sehingga kadang sharing yang amat bermakna ini tak sempat terbaca atau terlambat membacanya. Ayo Guraru kita tingkatkan terus profesionalisme kita dalam melayani bangsa. Terima kasih sharingnya dan salam perjuangan.

  4. Amin YRA. Marilah bapak bersama kita teruskan perjuangan ini, agar layanan terhadap bangsa dapat terus meningkzt sesuai dengan perkembangan jaman. Banyak Guraru yang super, Insya Allah sharing ini dapat teraplikasikan sedini mungkin. Salam perjuangan. Sudah malam ya bapak, kita harus segera istirahat, see you next hehehe.

  5. Bu Etna Rufiati adalah sosok ibu sekaligus panutan dan guru bagi diri saya. Saya sudah merasakannya.

    Pak Taufik Opikibra memang pantas untuk mendapatkannya (pemenang lomba inovasi TIK 2013). Luar biasa memang semangat pak Taufik Opikibra dalam mengembangkan TIK untuk pembelajaran. Hal inilah yang perlu dicontoh oleh Guraru semuanya.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar