0

Pembukaan KKGS dan KKSI Tahun 2021 (0)

Cahyo Padmasana August 5, 2021

Kegiatan KKGS dan KKSI Tahun 2021 resmi dibuka pada tanggal 5 Agustus 2021. Acara pembukaan disiarkan melalui berbagai kanal media seperti YouTube, Zoom, dan Instagram. Dalam pembukaan tersebut diisi dengan pengarahan dan sambutan oleh berbahai pihak terkait.

Pembukaan KKGS dan KKSI 2021

Pengarahan dan Sambutan dalam Pembukaan KKGS KKSI 2021

Berikut ini pengarahan dan pembukaan dari berbagai pihak terkait kegiatan KKGS dan KKSI Tahun 2021

Koordinator Bidang Penilaian dan Penjaminan Mutu SMK Bp M. Widiyanto

KKGS dan KKSI merupakan workshop yang dilakukan secara daring, dengan materi tentang pembelajaran terkini yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Workshop ini berguna untuk membekali para guru dan siswa SMK di Indonesia untuk memiliki keterampilan wirausaha. KKGS dan KKSI merespon secara aktif untuk menciptkan inovasi diantara siswa.

Dirjen Vokasi Bp Wikan Sakarinto, S.T., M.Sci., P.Hd.

KKGS dan KKSI merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mendorong kreatifitas. SMK memiliki lulusan yang kompeten secara hardskill. Diharapkan juga lulusan SMK memiliki softskill kemampuan komunikasi, kepemimpinan, pemecahan masalah, berfikir kritis dan kreatif.

Visi pendidikan adalah untuk mewujudkan Indonesia yang maju berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebhinekaan global.

Untuk itu perlu adanya link and match antara SMK dengan DU/DI (dunia usaha / dunia industri). Keterlibatan dunia kerja di segala aspek penyelenggaraan pendidikan vokasi. Lulusan SMK dapat BMW (Bekerja-Melanjutkan-Wirausaha) diubah menjadi WBM, dengan mendahulukan lulusan SMK untuk dapat berwirausaha.

Dengan adanya KKGS dan KKSI diharapkan SMK bisa berinovasi dan menghasilkan produk yang memiliki nilai jual. Diharapkan Indonesia memiliki produk-produk hasil SMK yang mampu bersaing secara Global.

Berikut Link YouTube Pembukaan KKGS dan KKSI Tahun 2021

Direktorat SMK melakukan kegiatan pengembangan kompetensi guru SMK melalui kegiatan Kamp Kreatif Guru SMK Indonesia (KKGS) tahun 2021 yang merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan dan meratakan mutu, serta aplikasi teknologi 4.0 agar dapat diterapkan di setiap SMK. KKGS 2021 adalah kegiatan pelatihan bagi guru SMK dengan metode dalam jaringan (daring) atau video conference sehingga dapat dijangkau oleh guru SMK se-Indonesia.

Link: Pendaftaran KKGS dan KKSI

Setelah sukses dengan kegiatan Kamp Kreatif Guru SMK Indonesia (KKGS) 2020, Direktorat SMK kembali mengadakan kegiatan KKGS 2021. KKGS merupakan kegiatan pelatihan terhadap guru SMK seluruh Indonesia melalui pembelajaran daring atau video conference.

Waktu pelaksanaan KKGS 2021 akan dilaksanakan pada bulan Agustus hingga September 2021. Pelaksanaan kegiatan KKGS ini dilakukan secara daring dan video conference dengan menggunakan via Zoom, Webeex, atau Google Meet. Guru dapat mengikuti pelatihan apabila telah melakukan pendaftaran KKGS 2021.

Materi akan disampaikan oleh para pemateri yang kompeten dan berasal dari Direktorat SMK, SEAMEO, Perguruan Tinggi, IDUKA, dan SMK Pengampu. Dengan demikian diharapkan kegiatan pelatihan ini dapat meningkatkan kmopetensi guru di Indonesia.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar