6

(Pembuat) Soal yang Tengil (+1)

Botaksakti December 6, 2013

soal multi response

Rupanya, para pembuat soal LKS biaya BOS yang dipakai oleh Dinas Pendidikan Dasar Tangerang ini memang luar biasa. Soal pilihan ganda yang selama ini menjadi andalan, dengan mudahnya dibuat menjadi ‘multi response’.

Ini menjadi menarik karena sebenarnya soal seperti ini(lihat contoh soal nomor 20 di atas) mampu membuka peluang bagi siswa untuk menjawab lebih dari satu jawaban, alias ada lebih dari satu jawaban benar. Bila ditopang oleh guru yang kompeten dan terbuka, boleh jadi soal seperti ini akan memberi kontribusi pembentukan cara berpikir anak yang baik.

Sayangnya, soal tersebut masih dalam bingkai pilihan ganda alias seharusnya hanya ada satu jawaban yang benar. Entah apa maksud si penulis, atau memang kurang memahami tentang soal pilihan ganda atau bagaimana, yang jelas soal seperti ini cukup membingungkan.

“Jadi saya harus menjawab yang mana, Pak?”, tanya anak tetangga yang belajar di rumah saya tadi malam.

Kebingungan-kebingungan semacam itu, saya yakin tidak akan membuat anak SD kelas IV tertantang untuk terus belajar. Bisa jadi justru akan ketakutan karena ketika di sekolah nanti yang dihadapi adalah guru dengan keharusan menetapkan satu jawaban. Bila demikian, alangkah sayangnya? Bukankah tugas sekolah itu menyediakan fasilitas untuk siswa-siswi agar berpikir terbuka? Berlatih bernalar dengan segala kemungkinan? Nyatanya, seperti inilah yang terjadi di lapangan. Apakah guraruers pernah menghadapi persoalan yang sama?

 

 

Comments (6)

  1. Belakangan ini say sering menemukan soal aneh di LKS matematika putri saya di SD nya. Bahkan, putri saya kadang disalahkan oleh gurunya yang sangat Kunci ‘Jawaban Sentris’. Sungguh miris, bangsa ini masih diisi oleh orang-orang hanya mengejar omset! 🙂

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar