0

Pembelajaran…. (0)

Denny Susanto April 19, 2021

Setelah mengikuti Pendampingan Berstruktur, kami di SMP Mitra Kasih mulai menerapkan pembelajaran kontekstual yang menghubungkan apa yang didapat dalam pelajaran dengan benda atau kejadian yang ada di dunia nyata.

Sesuai dengan apa yang disampaikan Ibu Husnul dari IGI Kalimantan Selatan yang menjadi pembicara, kami menjadikan bahwa pembelajaran itu bukan hanya satu arah dari guru kepada murid saja, tetapi harus dijadikan pembelajaran dua arah dari guru kepada murid dan dari murid kepada guru. Dan murid harus dapat memberi feedback (tanggapan/komentar) kepada gurunya. Dengan demikian pembelajaran yang terjadi tidak lagi berpusatkan pada guru (teacher centered) tetapi menjadi berpusatkan kepada siswa (student centered).

Ada banyak hal yang dilakukan agar pembelajaran di dalam kelas menjadi student centered, salah satunya adalah dengan menggantikan metode ceramah yang biasa kita lakukan di kelas menjadikan metode diskusi atau inkuiri, dimana guru hanya bertindak sebagai fasilitator dan pemantik diskusi, dan siswa bisa mencari informasi tentang pelajaran tersebut dari intenet, baik mencari di laman google atau mencari video tentang materi tersebut di dalam youtube.

Menurut Bapak Zulfikar Alimudin yang merupakan direktur eksekutif Yayasan Hasnur Center yang membawahi Global Islamic Boarding School, yang menjadi pemateri utama, pada saat ini guru tidak lagi menjadi satu-satunya sumber ilmu pengetahuan, karena saat ini sumber ilmu pengetahuan bisa didapat dari mana saja, bahkan lebih banyak dan lebih lengkap jika mencari dari google dibandingkan dari guru.

Karena itu guru tidak bisa lagi menggunakan metode ceramah seperti dulu, siswa akan cenderung bosan dan kehilangan minat akan pelajaran, apalagi jika pelajaran itu berupa konsep yang tidak nyata, seperti pelajaran eksakta.     Oleh karena itu guru dituntut untuk dapat menggunakan metode kontekstual yang menghubungkan materi yang dipelajari agar siswa dapat menyambungkan apa yang dipelajari dengan konteks yang ada di sekeliling siswa tersebut.

Implementasi yang kami lakukan di sekolah kami adalah, dalam setiap kegiatan pembelajaran jarak jauh melalui daring, pada awal kita melakukan zoom atau google meeting, guru terlebih dulu menyapa siswa dan mencoba mengobrol dengan pembicaraan ringan, agar terjadi interaksi antara guru dan siswa, sehingga kekakuan atau ketegangan antara guru dan siswa mencair (Icebreaking). Setelah itu kalau biasanya guru langsung masuk ke materi pelajaran, sekarang lebih memberikan pertanyaan untuk memantik siswa merespon pertanyaan tersebut, dan jika ada beberapa siswa yang merespon, otomatis suasana kelas pun menjadi hangat, tidak lagi dingin.

Setelah itu berdasarkan pertanyaan tadi, siswa diberi waktu 5 menit untuk mencari apa yang sedang trending atau viral di internet mengenai materi tersebut, setelah itu siswa diminta menunjukkan layarnya (share screen) kepada teman-temannya hasil temuan yang di dapat dari google tersebut. Setelah semua berdiskusi, barulah guru memberi kesimpulan dari hasil diskusi tersebut dan menyampaikan materi sebagai pembanding dari hasil kesimpulan tersebut.

Setelah itu pada akhir pelajaran, siswa seperti yang dikatakan Ibu Husnul dari IGI, diminta memberikan respon dan refleksi atas apa yang telah dipelajari olehnya hari ini dan bagaimana perasaannya setelah pelajaran tersebut. Juga tidak lupa memberikan masukan bagaimana agar pembelajaran bisa lebih menarik lagi menurut mereka.

Dengan demikian pembelajaran benar-benar berpusatkan pada siswa dan siswa yang tadinya mungkin merasa jenuh atau bosan bisa menjadi terlibat aktif di dalam pembelajaran. Siswa yang tadinya jarang bertanya dan terkadang sering mematikan videonya berubah menjadi siswa yang antusias untuk bertanya dan menyalakan videonya pada zoom atau google meeting. Demikianlah implementasi atas rancangan yang telah kami buat di sekolah kami.

 #WritingCompetition dan #NewNormalTeachingExperience 

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar