6

Pembelajaran Tematik Yang Menyenangkan (+3)

deany yasir February 21, 2014

Kurikulum 2013 yang saat ini sedang diterapkan oleh sekolah-sekolah di Indonesia, baik negeri maupun swasta, di aplikasikan melalui pembelajaran tematik integratif. Pembelajaran tematik integratif adalah pembelajaran tepadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Dalam prosesnya tidak ada lagi pemisahan antar mata pelajaran.

SDIT Nurul Ilmi sebuah sekolah yang terletak di Jatimulya, Bekasi menerapakan pembelajaran tematik integratif yang menyenangkan. Contoh : Salah satu tema pembelajaran untuk kelas I adalah “Weather and Season”.

Class Display at SDIT Nurul Ilmi Jatimulya Bekasi

Class Display at SDIT Nurul Ilmi Jatimulya Bekasi

Kegiatan-kegiatan dengan tema tersebut , seperti : bermain hujan-hujanan dengan menggunakan jas hujan, membuat payung kertas, membuat layang-layang, menyanyikan lagu tentang hujan, membuat puisi tentang hujan, menghitung payung temannya, dan lain-lain. Tentunya, aktivitas-aktivitas tersebut di kaitkan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai oleh siswa. Namun, dengan cara kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Sehingga, siswa tidak terasa ketika bermain, kalau mereka sesungguhnya sedang belajar.

Kegiatan-kegiatan dengan tema tersebut , seperti : bermain hujan-hujanan dengan menggunakan jas hujan, membuat payung kertas, membuat layang-layang, menyanyikan lagu tentang hujan, dan lain-lain.

Making Kite

Making Kite

Tentunya, aktivitas-aktivitas tersebut di kaitkan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai oleh siswa. Namun, dengan cara kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Sehingga, siswa tidak terasa ketika bermain, kalau mereka sesungguhnya sedang belajar.

Azel and her creativity

Azel and her creativity

Comments (6)

  1. Bu Etna. Salam kenal juga bu dari pendatang baru. Betul bu, bahwa tematik integratif sesungguhnya ada di dalam kehidupan mereka. Pembelajaran tematik integratif di sekolah hanya sebagai persiapan mereka sebelum menghadapi kehidupan secara nyata.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar