32

Pembelajaran Menyenangkan dengan Memanfaatkan E-learning (+12)

ibnufajar75 May 4, 2015

Sudah cukup lama saya tidak membuat postingan di blog “kroyokan” dari para guru ini karena banyaknya pekerjaan yang harus saya selesaikan akhir-akhir ini. Setelah melihat link seorang rekan di FB mengenai kontes blog yang diselenggarakan oleh guraru, saya tertarik untuk partisipasi dalam kegiatan tersebut itung-itung sambil sharing pengalaman. Dan terus terang pengalaman ini juga sebenarnya sudah pernah saya posting di blog saya Pagar Alam dot Com, dan jika berkenan silakan mampir.

Sebenarnya materi pembelajaran e-learning tidak harus selalu berhubungan dengan jaringan internet, akan tetapi materi juga dapat didistribusikan off line melalui jaringan lokal seperti melalui media flashdisk maupun CD/DVD. Kemudian dalam aplikasi dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran siswa dapat menggunakannya secara mandiri baik itu di sekolah maupun di rumah.

Adapun beberapa pembelajaran berbasis e-learning yang sudah saya terapkan antara lain :

1. Memanfaatkan MS Powerpoint dalam menjelaskan materi pembelajaran.

elearning1

Dengan menggunakan media ini ada beberapa kelebihan yang diperoleh jika dibandingkan pembelajaran secara konvensional atau menjelaskan di papan tulis, yaitu :

  • Lebih merangsang siswa untuk mengetahui lebih jauh informasi tentang bahan ajar yang tersaji karena lebih menarik.
  • Pesan informasi secara visual mudah dipahami peserta didik karena dapat menampilkan bentuk-bentuk yang lebih abstrak.
  • Guru tidak perlu banyak menerangkan bahan ajar yang sedang disajikan.
  • Dapat diperbanyak sesuai kebutuhan, dan dapat dipakai secara berulang-uang.
  • Dapat disimpan dalamΒ  flashdisk maupun CD, sehingga praktis untuk di bawa ke mana-mana.
  • Penyajiannya menarik karena ada permainan warna, huruf dan animasi, baik animasi teks maupun animasi gambar atau foto.

Salah satu presentasi yang pernah saya buat dapat anda lihat di sini.

2. Memanfaatkan e-learning sekolah

elearning

Kebetulan di sekolah kami juga mempunyai fasilitas e-learning yang dapat dimanfaatkan guru dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Dengan adanya fasilitas ini guru dapat mengupload materi pembelajarannya di e-learning sekolah dan siswa dapat dengan mudah mengakses materi dari guru. Selain itu guru juga dapat memberikan tugas-tugas siswa. Adapun alamat e-learning sekolah kami silakan klik di sini.

3. Memanfaatkan quiz online sebagai penugasan siswa.

program-linear-4

Selain menggunakan e-learning sekolah sekali waktu saya juga memanfaatkan beberapa penugasan secara online. Dalam penugasan online ini saya memanfaatkan software Quiz Creator karena tugas yang saya buat dapat dimuat dalam blog ini. Selain itu saya tidak perlu repot-repot mengoreksi pekerjaan siswa karena sistem akan secara otomatis mengirim email berupa hasil jawaban siswa. Adapun contoh quiz creator yang pernah saya buat dapat lihat di sini.

4. Membuat akun Edmodo

elearning3

Apa itu edmodo ? Edmodo adalah situs jaringan sosial tempat berbagi data, event, jadwal dan lain sebagainya tentunya untuk para guru dan murid. Edmodo sendiri adalah media social network microblogging yang aman bagi siswa dan guru. Dengan memiliki akun ini guru dapat dengan mudah mengupload materi dan memberikan penugasan kepada siswa seperti halnya e-learning sekolah seperti pada point 2 di atas. Bedanya edmodo dapat digunakan mandiri oleh guru sekalipun sekolah tidak mempunyai e-learning. Ingin mempunyai akun edmodo silakan klik disini.

Dan sebenarnya masih banyak lagi cara-cara lain penerapan e-learning di dalam pembelajaran yang dilakukan oleh guru, namun baru ini yang bisa saya lakukan hingga saat ini.

Kemudian apa sebenarnya kelebihan pemanfaatan e-learning ? Cukup banyak kelebihan memanfaatkan e-learning dalam kegiatan pembelajaran, antara lain :

  • Memberi kebebasan pada siswa untuk menentukan sendiri waktu dan tempat belajar karena siswa dapat belajar mandiri baik di sekolah maupun di rumah.
  • Menyediakan akses terhadap berbagai sumber data dan materi yang tidak dapat diakses dengan cara lain, seperti grafik, suara, animasi, film, dan lain-lain.
  • Menyediakan lingkungan belajar yang terfokus pada siswa sehingga dapat memenuhi kebutuhan belajar masing-masing siswa.
  • Mendukung terjalinnya komunikasi yang lebih intens antara siswa dan guru.
  • Memungkinkan siswa belajar dengan kecepatan dan cara sesuai kemampuannya.

Semoga tulisan ini dapat memberi semangat bagi rekan-rekan guru yang baru mencoba memulai memanfaatkan media pembelajaran berbasis e-learning untuk terus meningkatkan kompetensinya terutama dibidang teknologi informasi. Indonesia berprestasi jika guru memiliki kompetensi…..

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru Untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10

 

Salam,

Ibnu Fajar

Comments (32)

  1. semoga sukses pak
    udah di VOTEUP
    +++++++++++++++++++++
    1. power point memang aplikasi yang sudah membumi dan mudah kita gunakan
    2. siswa sma apa lagi di kota emang lebih mudah diajak elearning ya πŸ™‚ kalau di desa butuh waktu

  2. @pak M Subakri : Terima kasih votenya, benar sekali… powerpoint merupakan aplikasi yg paling populer bagi guru karena mudah penggunaannya.Untuk dikotomi sekolah kota dan desa saya kurang setuju pak, buktinya sekolah kami lokasinya dikaki gunung Dempo daerah terpencil di Sumsel tp e-learning juga bisa jalan lho…
    @Pak Iwan : Terima kasih pak… ini juga inspirasinya dari Bapak…
    @Kang Marto : Terima kasih votenya, dan untuk selalu belajar saya setuju sekali Pak… apalagi mengenai IT yg dari waktu ke waktu selalu berkembang dengan pesat…

    Salam,
    Ibnu Fajar

  3. Di era masa kini perlu memanfaatkan IT dalam pembelajaran. Dengan adanya inovasi dalam pembelajaran bisa mempermudah kita dalam mengajarkan materi dan mempermudah siswa memahami materi yang diajarkan.
    LANJUTKAN pak. πŸ™‚

  4. Terima kasih pak Umar Tholib sudah membantu…
    Saya tambahkan sedikit, jika pak Antho ingin membuat postingan rata kiri kanan saat memposting tulisan pilih format visual, kemudian blok tulisan dan klik justify pada toolbar bagian atas seperti yg sisampaikan pak Umar…

  5. Vote buat pak ibnufajar75, selamat dengan pembelajaran menggunakan e-learningnya. Saya sudah menggunakan e-learning juga pak dan memang hasilnya sangat luar biasa. Pembelajarn bisa berjalan tanpa dibatasi ruang dan waktu. Teruskan pak buat pendidikan Indonesia

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar