0

PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN WAHIDI’S METHOD (0)

Agus Wahidi, M.Pd April 10, 2021

Kemampuan siswa banyak belum tergali dengan pembelajaran yang monoton ceramah dan cenderung satu arah dari guru. Pengemasan pembelajaran dapat ditingkatkan efektifitasnya dengan melihat dari berbagai sisi yaitu dari konteks dan kontennya. Pembelajaran yang memperhatikan sisi konteks dan konten adalah pembelajaran yang dikenal Quantum Teaching dengan ciri khasnya TANDUR (Tanamkan Alami Namai Demonstrasikan Ulangi dan Rayakan). Prinsip ini perlu dikembangkan dengan berbagai model pembelajaran . Tapi sayang guru lebih cenderung berpikir praktis dan masih terdominasi oleh mitos bahwa pembelajaran yang baik adalah kelas diam, tidak ramai, siswanya tidak ada yang berani berbicara sehingga kemampuan komunikasi dari siswa banyak terjajah. Perasaan takut membajak kreatifitas siswa dalam berekspresi terutama dalam berpikir dan berkomunikasi.

Pendekatan pembelajaran hasil modifikasi dari beberapa model sudah saatnya dilakukan oleh guru. Celah antara hasil penelitian dari beberapa ahli tentang pembelajaran harus terhubung dan terimplementasikan dalam praktik sehari-hari dari tugas guru dalam mengajar. Guru yang langsung menghadapi kondisi siswa dituntut profesional dengan beberapa kajian dan penelitian yang relevan mengambil dan memodifikasi sesuai dengan kondisi real siswa yang ada.

Penulis menawarkan suatu metode yang merupakan modifikasi dari beberapa model pembelajaran yaitu Pembelajaran kooperatif, Pembelajaran menyenangkan (Quantum Learning) dan Pembelajaran Konsep ( Peta Konsep). Metode ini dinamakan dengan metode Wahidi’s Method karena penulis mencari nama metode dari beberapa teori dan model pembelajaran yang dikemukakan ahli belum ada sehingga dinamai Wahidi’s Method. Hal ini tidak terlalu berlebihan karena sudah saatnya guru berani punya ide sendiri dalam menentukan model pembelajaran yang sesuai meskipun itu hasil dari modifikasi model pembelajaran yang sudah ada. Penulis mencobakan metode ini beberapa kali dalam materi yang berbeda dan kelas berbeda. Penulis melakukan analisis data statistic untuk mengetahu signifikansi pengaruh pembelajaran dengan menggunakan Wahidi’s Method.

Wahidi’s Method mempunyai sintaks atau prosedur sebagai berikut : (1) Siswa mempelajari peta konsep yang tersaji dalam buku teks yang dibuat oleh guru dalam  4 atau 5 kelompok, (2) Siswa membuat definisi tiap-tiap konsep yang ada dalam peta konsep di awal materi pembuka di buku teks dengan durasi waktu dan skor penilaian , (3) Siswa menjelaskan/ membuat narasi peta konsep buta, (4) siswa mempelajari narasi alur peta konsep yang sudah dikonfirmasikan oleh guru secara keseluruhan dari semua anggota kelompoknya, (5) Secara acak siswa dari perwakilan kelompok untuk menjelaskan narasi dan definisi tiap konsep yang ada. (6) Siswa mengikuti kompetisi dengan mengajukan perwakilan kelompoknya yang dianggap mumpuni oleh anggota kelompoknya.

Skenario pembelajaran secara teknik dari Wahidi’s Method adalah sebagai berikut :

  1. Siswa mempelajari peta konsep yang tersaji dalam buku teks yang dibuat oleh guru dalam  4 atau 5 kelompok (maksimal 6 orang dalam tiap kelompok). ( Penulis sudah menyiapkan buku teks yang disusun sendiri yang berjudul Solusi Mahir Kimia terbitan Media Karya)
  2. Siswa membuat definisi tiap-tiap konsep yang ada dalam peta konsep di awal materi pembuka di buku teks dengan durasi waktu dan skor penilaian sebagai berikut :
Waktu15 menit30 menit45 menit60 menit75 menit
Skor9080706050

(Tujuan penskoran dari waktu penyelesaian tugas membuat definisi adalah untuk memacu siswa mengoptimalkan kemampuan mencari bahan yang ada baik dari buku teks yang tersedia maupun internet dan menghindari hambatan tidak seriusan dari siswa).

  • Siswa menjelaskan/ membuat narasi tentang peta konsep yang ada dibuat sebuah pera ta konsep buta (hanya terdapat kotak-kotak konsep kosong yang bernomor) dari tiap kelompok menyampaikan satu orang wakil untuk menjelaskan (pemilihan perwakilan tujuannya untuk menumbuhkan sikap musyawarah untuk mufakat, menggali jiwa kepemimpinan dalam suatu kelompok). Dalam langkah ini juga dilakukan penilaian dengan cara menghitung kotak konsep yang dijelaskan dengan narasi dari peta konsep buta dengan pedoman penskoran sebagai berikut:         Nilai =
  • Berikutnya siswa mempelajari narasi alur peta konsep yang sudah dikonfirmasikan oleh guru secara keseluruhan dari semua anggota kelompoknya
  • Secara acak siswa dari perwakilan kelompok untuk menjelaskan narasi dan definisi tiap konsep yang ada. Penilaian dilakukan dengan ketentuan nilai perwakilan yang maju adalah untuk nilai kelompok jadi siswa dalam kelompok harus saling bekerja sama supaya semua dapat maksimal dalam menjelaskan.
  • Siswa mengikuti kompetisi dengan mengajukan perwakilan kelompoknya yang dianggap mumpuni oleh anggota kelompoknya. Kompetisi ini berupa permainan tebak konsep. Siswa menunjukkan letak konsep dalam peta konsep buta yang diajukan oleh kelompok lawannya. Jika ada yang salah maka kelompok tersebut gugur dalam permainan. Wakil dari kelompok yang menang diberikan gelar “ King of Chemistry”.

Pembelajaran dengan model dan pendekatan ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa, hal ini dibuktikan dengan adanya kemampuan menulis laporan praktikum siswa yang sistematis dengan bahasa yang runut. Sosialisasi dari beberapa siswa yang dulunya tidak bisa aktif dalam diskusi di kelas sudah mulai menunjukkan keberanian dalam menyampaikan pendapat pada waktu diskusi. Hal ini sisi kognitif siswa mengalami perkembangan yang signifikan dari tinjau observasi dalam diskusi.

Guru perlu mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakter dan kondisi sekolah masing-masing. Metode Wahidi’s Method di sekolah SMA Negeri 1 Singkawang mungkin sesuai, kemungkinan di sekolah pada daerah atau jenjang lain lain mungkin berbeda.

Perlu diadakan penelitian lebih lanjut tentang reliabilitas metode ini untuk dikembangkan diberbagai sekolah di daerah yang berbeda.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar