1

Pembelajaran Daring di Taman Kanak-kanak (0)

Wuri Hartanti October 18, 2020

Pada masa pandemi Covid 19 merupakan ujian besar bagi kami guru Taman Kanak-kanak yang harus mengajar dari rumah. Belajar dari rumah mengharuskan guru untuk kreatif membuat kegiatan pembelajaran bagi anak. Kegiatan pembelajaran daring di Taman kanak-kanak membuat guru serasa artis, demi anak didik mendapatkan pelayanan yang memadai guru berinovasi membuat video pembelajaran untuk kegiatan anak. Pertama kali membuat video pembelajaran terasa sangat berat, beberapa kali mengulang untuk membuat video karena merasa video yang dibuat tidak sempurna. Belum lagi ketika di depan kamera tiba-tiba ide yang sudah terngiang-ingang di otak tiba-tiba menghilang entah kemana. Semua itu terasa berat, hal ini kami sadari karena faktor belum terbiasa, seiring perjalanan waktu kegiatan shooting menjadi lebih ringan karena sudah terbiasa.

Satu lagi yang terlihat sangat jelas sekali pada masa pandemi covid 19 ini, yaitu satu kamar di rumah serasa studio. Mengingat masa pandemi akan berlangsung lama, dan kegiatan pembelajaran secara daring akan berlanjut, sebuah kamar di rumah berubah fungsi sebagai studio. Di dalam kamar ini tripod, green screen, lighting, dan berbagai aplikasi baik di smartphone maupun di PC telah terinstal. Semua itu dilakukan demi anak-anak dapat tetap belajar walaupun di rumah saja. Semua alat-alat di kamar ini akan berfungsi jika tengah malam tiba, karena saya bisa membuat video pada malam hari saja. Pada siang hari banyak gangguan teknis ketika membuat video, karena di rumah ada 2 Balita yang selalu ingin tahu jika saya sedang shooting, dan alhasil video saya tidak pernah berhasil.

Di lembaga kami kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan daring, melalui kegiatan tatap maya dengan memanfaatkan room virtual sehingga memungkinkan guru untuk bertemu dengan anak-anak setiap harinya. Dalam tatap maya guru dapat berinteraksi dengan anak dan melakukan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan permainan-permainan yang dirancang dengan menggunakan aplikasi seperti powerpoint, yang mungkinkan anak dapat melihat dan melakukan kegiatan seperti klasifikasi, tebak gambar, berhitung dengan benda dan kegiatan lainnya.

Dari kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dapat melihat perkembangan anak setiap tatap muka dan tentunya kegiatan luring yang dilakukan harus terdokumentasikan oleh orang tua yang kemudian dikirimkan kepada guru. Hasil pengamatan waktu tatap muka dan kegiatan anak yang divideokan orang tua digunakan oleh guru untuk melakukan penilaian perkembangan anak. Dari penilaian itu guru dapat memfasilitasi anak sesuai tahap perkembangannya dan tentunya semua itu dibantu oleh orang tua di rumah. Kerjsama orang tua dan guru merupakan suatu hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran masa pandemi Covid 19. Kerjasama yang dilakukan secara baik dan berkelanjutan akan dapat membuat perkembangan anak semakin optimal. Orang tua dan guru perlu saling memahami kondisi yang terjadi saat ini, sehingga toleransi dan komunikasi merupakan kunci keberhasilan dan pembelajaran bagi anak-anak penerus bangsa ini.

#WritingCompetition

#NewNormalTeachingExperience

Comments (1)

  1. Selamat Sore 🙂
    terima kasih banyak atas partisipasi pada Guraru Writing Competition 2020.

    Semoga #sharing pengalaman dan ilmu diatas dapat bermanfaat bagi rekan guru lainnya dan semoga beruntung untuk memenangkan salah satu hadiah dari Guraru!

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar