0

Pembelajaran Berbasis “Project” Selama PJJ dengan mengoptimalkan Google Suite. (0)

Elisa Kristiyanti April 23, 2021

Sedikit berbagi pengalaman mengenai mengelola proses pembelajaran jarak jauh secara daring. Saya mengajar mata pelajaran Biologi untuk jenjang SMA kelas 12. Awal pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan daring (dalam jaringan), menjadi hal yang cukup sulit, apalagi beberapa materi biologi yang seharusnya dapat diajarkan dengan metode praktikum, tidak bisa dilakukan karena keterbatasan alat dan juga bahan.

Alat dan bahan untuk pembelajaran praktik biologi dalam beberapa kategori hanya tersedia di sekolah, dan apabila siswa yang diminta untuk menyediakan di rumah akan cukup beresiko terutama dalam hal keselamatan kerja, dan akan menjadi beban tambahan untuk siswa dan orang tua apabila harus membeli.

Saya mencoba menyiasati hal ini dan ingin menekankan bahwa pembelajaran secara daring tetap dapat membuat anak atau siswa belajar secara praktik, berdiskusi dan berkelompok untuk mengembangkan kemampuan komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, dan tentunya kerjasama dalam tim atau kelompok.

Awal pembelajaran daring, sekolah menggunakan platform Google meet untuk bertemuan tatap muka (synchronous) secara online dan Google Classroom untuk pembelajaran secara asynchronous.

1 2 3 4

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar