2

Pemanfaatan Teknologi untuk Pendidikan (+1)

Suwandi May 30, 2012

I. PENDAHULUAN

Perkembangan teknologi informasi yang pesat akhir-akhir ini telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia khususnya di Indonesia terlebih dalam dunia pendidikan. Pembelajaran yang dulunya dilakukan secara konvensional perlahan-lahan bergeser menjadi pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Beberapa hal yang nyata sebagai dampak dari perkembangan teknologi informasi dalam dunia pendidikan seperti :

  1. Banyaknya materi-materi pembelajaran yang telah disusun berbasis teknologi informasi.
  2. Mudahnya memperoleh berbagai software yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran.
  3. Program-program pendidikan yang dapat diikuti secara online tanpa harus mengikuti pembelajaran tatap muka di ruangan kelas.

Teknologi informasi dengan segala kemudahan telah memberikan kesempatan kepada semua orang untuk berinteraksi tanpa batas dan mengembangkan kreativitas.

 

II. PEMBAHASAN

2.1. Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi informasi adalah teknologi yang dapat digunakan untuk mengolah, memproses, menyimpan, mengubah suatu informasi sehingga dapat disajikan dalam bentuk yang berkualitas. Teknologi informasi pada umumnya memanfaatkan perangkat komputer  dan menghubungkannya secara intranet ataupun internet sehingga informasi tersebut dapat diakses oleh siapapun. 

Australian National Training Authority (ANTA) mendefinisikan teknologi informasi sebagai pengembangan teknologi dan aplikasi dari komputer dan teknologi berbasis komunikasi untuk memproses, menyajikan, mengelola data, dan informasi. 

2.2. Perkembangan Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi informasi dewasa ini khususnya di Indonesia telah memberikan dampak yang cukup signifikan dalam berbagai. Kemudahan untuk mengakses informasi dan berbagai sumber 

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar