14

Pemanfaatan Video Untuk Pembelajaran Lingkungan Hidup (+9)

Bu Etna @gurutematik March 1, 2014

Selamat Siang Guraru. Dari pengalaman, pemanfaatan video untuk pembelajaran sangat disukai oleh siswa. Guru harus berhati-hati dalam mengatur waktu. Guru harus mempersiapkan video jauh sebelumnya, mengatur pada bagian mana video harus di pause (distop sementara).  Diskusi kelompok dan diskusi kelas tetap diperlukan berdasarkan siklus belajar yang sudah dirancang.

Banyak sekali video online yang dapat dimanfaatkan, misal youtube. Guru juga bisa meminta bantuan siswa untuk mendownloadnya jika harus offline. Kalau cermat dan sabar, banyak sekali topik video yang sesuai dengan tuntutan minimal kurikulum. Apalagi ilmu terapan, yaitu masalah lingkungan hidup. Video berikut juga dari youtube, tentang masalah polusi udara akibat penggunaan bahan bakar fosil.

Di era cyber ini, hampir setiap kelas sebagian siswa dapat online di HP. Berarti pemanfaatan video online juga tak tlmasalah. Banyak alternatif cara yang dapat dilakukan. Mungkin dengan beberapa HP, beberapa komputer/laptop, satu komputer/laptop, online/offline. Insya Allah tak akan terjadi ada peralatannya namun tak dimanfaatkan. Apalagi bisa offline, namun tak terjamah. Sayang sekali memang.

Marilah Guraru bulan ini kita meningkatkan diri untuk menulis seputar video, apapun asal pendidikan, hehehe. Insya Allah kita bisa. Video polusi udara (Klik di sini) yang saya manfaatkan untuk pembelajaran kimia.  Video yang saya buat sendiri belum selesai edit, hehehe. Salam perjuangan. Video juga bisa dibuka melalui URL berikut. Ini serba belajar, hehehe.

http://www.youtube.com/watch?v=46qCFfwwdHs

About Author

Bu Etna @gurutematik

Saya guru kimia di SMAN 16 Surabaya sejak tahun 1973 hingga Desember 2011. Saya sudah purna tugas sebagai PNS, namun Insya Allah saya tetap mengajar untuk melayani bangsa hingga akhir hayat. Pembelajaran yang saya lakukan dapat melalui blog, sms, email, atau yang lain. Saya selalu berupaya untuk mengajar kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sebagian dari pengalaman ini sudah saya tulis di blog saya. Insya Allah saya dapat menulis secara rutin, termasuk permintaan pengguna blog.

View all posts by Bu Etna @gurutematik →

Comments (14)

  1. benar sekali Bunda…siswa kita sangat senang dan sering ingin diputarkan video di kelas. karenanya, kita mmg hrs pandai2 mengatur waktu utk setelan video tsb terutama pada bagian penting2nya. Vote buat Bunda Etna! 🙂

  2. Thx a lot pak Taufik. Kalau kimia itu tiap kompetensi ada di youtube lho pak. Mengapa ya kok blm dimanfaatkn secara optimal. Insya Allah tantangan ini membuat Guraru tak sekedar menulis atau memiliki blog. Insya Allah kita bisa. Salam sukses pak.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar