8

Pemanfaatan TIK bagi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran (+7)

Rakhmad May 9, 2015

Sebelumnya perkenalkan saya sorang guru kelas dan pengajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) kelas 5  MIN Manisrejo Madiun.  Mulai tahun kemarin saya mengajar sering memanfaatkan media  TIK dalam pembelajar. Kelas yang tersedia seperangkat komputer yang online internet  dan LCD. Di bawah ini beberapa pengalaman pemanfaatan TIK yang bisa saya sampaikan.

  1. Learning Management System (LMS) Dinas Pendidikan Jawa Timur

Pemanfaatan  LMS ini berawal dari saya mengikuti  kegiatan Asistensi percepatan Pemanfaatan TIK melalui Training of Trainer (TOT). Acara ini diselenggarakan pleh UPT-Teknologi Komunikasi dan Informasi Pendidikan Dinas Provinsi Jawa Timur pada tanggal 28-29 Agustus 2014 di Kota Madiun.

Dalam kegiatan ini saya otomatis mendaftarkan sekolah kami dan saya selaku operator sekolah. Kegiatan ini juga memberikan informasi dan cara-cara penggunaan aplikasi LMS. Di kegiatan ini juga diberikan pemaparan sekolah-sekolah mana yang sudah menggunakan dan melaksanakannya.

Sepulang dari pelatihan langsung saya praktekkan di kelas saya, dengan cara mendaftarkan  guru-guru yang mengajar dan untuk siswa. Aplikasi LMS ini merupakan aplikasi penghubung pembelajar antar guru, anak dan orang tua di luar sekolah.  LMS ini merupakan pembelajaran jarak jauh. Untuk lebih lengkapnya saya akan uraikan  sebagai berikut.

a.Pendaftaran guru dan anak melalui operator sekolah

Masuk di http://belajar.dindik.jatimprov.go.id/lms/login#  menggunakan password sekolah

 

b. Pemanfaatan untuk Guru

Masuk di http://belajar.dindik.jatimprov.go.id/lms/login#  menggunakan password Guru. Setelah itu bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada

 2

 

Di dalam pembelajaran biasanya saya gunakan sebagai materi pengayaan siswa di rumah. Biasanya bisa berupa materi, tugas dan Ujian  yang belum ada di dalam kelas. Dalam proses pembelajaran ini biasanya siswa bisa mengakses setiap hari sabtu mulai pukul 15.00 WIB sampai hari minggu  Pukul 18.00.

34

 

Setelah selesai siswa mengerjakan,  guru bisa menilai tugas siswa. Dan setiap hari senin guru menayangkan siapa-siapa yang mengakses dan mengerjakan.

5

 c. Pemanfaatan untuk siswa

Siswa masuk di http://belajar.dindik.jatimprov.go.id/lms/login#  menggunakan password siswa masing-masing. Setelah itu bisa memanfaatkan dengan membuka kelas dan mata pelajaran yang sudah di daftarkan setelah itu siswa bisa membuka tugas, materi atau ujian untuk di kerjakan. Setelah di kerjakan siswa tinggal menunggu nilai yang di berikan. Siswa juga bisa melihat kunci jawaban setelah mengerjakan kalau guru mengatur siswa bisa lihat kunci jawaban. Kunci jawaban ini bisa dilihat jika sudah mengerjakan tugas.

67

 

  1. Pemanfaatan Pembelajaran TIK

Di kelas 5 semester 1 untuk pembelajaran TIK membahas tentang Power Point. Setelah anak mengerti  dan praktek tentang Power Point. Saya memberikan tugas secara kelompok untuk membuat presentasi mata pelajar IPS membahas tentang kerajaan-kerajaan Islam. Setelah selesai anak-anak bisa mempresentasikan di kelas dan di rekam dengan menggunakan kamera digital. Setelah presentasi anak-anak melihat  hasil rekaman video. Dari rekaman video ini anak-anak diajak untuk mengomentari hasil rekaman. Setelah itu hasil anak-anak  di upload di google drive atau di slideshare agar dapat diakses oleh siswa yang lain. Di bawah ini adalah foto-foto presentasi dan file-file hasil karya siswa.

CIMG5135 CIMG5138

Di bawah ini file-file tentang Kerajaan Islam di Indonesia Hasil Karya Siswa

a. Goa Tallo

b. Aceh Darussalam
c. Mataram Islam
d. Ternate
e. Banten
f. Demak
g. Tidore
h.Samudra Pasai

Di semester 2 kegiatan saya ulangi di mata pelajaran IPS tentang  materi persiapan hingga  mempertahankan kemerdekaan. Kegiatan hampir sama dengan semester 1 yaitu presentasi, evaluasi dan  materi di upload di slideshare. 

Di bawah ini adalah beberapa foto-foto presentasi dan file-file hasil karya siswa.

audifadayinta

3.  Pemanfaatan Blog Guru

Dalam pemanfaatan blog (www.pembelajar-baru.blogspot.com), ini bertujuan  agar  siswa bisa mengakses latihan soal dan soal online.

8

  1. Grup Facebook kelas

Grup ini merupakan tempat komunitas antar siswa dan guru. Informasi tentang tugas, blog dan seputar kelas bisa di buka di grup ini. Grup ini bersifat tertutup yang hanya bisa akses oleh anggota di Kelas 5 C.

9

 

Demikian pengalaman saya semoga bermanfaat.

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10

Comments (8)

  1. terima kasih komentarnya pak Saleh Mendidik, Pak Umar Tholib dan Pak Iwan Sumantri. Pak Umar teruskan pk web diknas jatim. dan Pak Iwan dan pak Saleh mari kita berbagi pengalaman untuk kemajuan pendidikan kita.

  2. Terima Kasih Pak M. Subakri. Saya sering berkunjung di Blog bapak. banyak inspirasi yang saya dapatkan di blog bapak. sebagai guru baru komunitas seperti ini yang saya ingin….berbagi pengalaman. salam pak

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar