0

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN (0)

Alex B. Mena, M.Pd July 21, 2021

Saat ini Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi saat ini sedemikian maju dan pesat, tentunya kita semua sepakat bahwa kemajuan TIK ini harus dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang Sahabat Guraru lakukan.
Apakah Sahabat Guraru sudah mengetahui dan memahami interaksi TIK dengan dalam proses? Apakah Sahabat Guraru sudah mengetahui dan memahami bagaimana strategi penerapan TIK dalam pembelajaran?
Silahkan Sahabat Guraru pelajari pemanfaatan TIK dalam pembelajaran.

Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran bukan hanya menggunakan teknologi, namun nyatanya lebih dari itu. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran dapat digunakan dalam menentukan jenis media dan
sumber belajar yang akan digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Maka dari itu, peran guru dalam pemanfaatan TIK sangat
penting. Rendahnya minat dan pemahaman siswa terhadap pembelajaran bisa jadi disebabkan kurang efektifnya guru dalam melakukan praktek pedagogi (ilmu mengajar) dan menguasai materi subjek (konten) dengan mengintegrasikan teknologi di lingkungan pembelajaran. Ketiga pengetahuan tersebut, yaitu pedagogi, konten materi pembelajaran, dan teknologi saling berinteraksi dan beririsan membentuk Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) (Koehler & Mishra 2009). TPACK adalah suatu kerangka kerja (framework) untuk memahami dan menggambarkan jenis pengetahuan yangdibutuhkan oleh seorang guru untuk mengefektifkan praktek pedagogidan pemahaman konsep dengan mengintregasikan sebuah teknologi dilingkungan pembelajaran (Misra et al., 2008).

Kerangka kerja TPACK tersusun atas 7 komponen yaitu:
a. Pedagogical Knowledge (PK)
Pengetahuan Pedagogik (Pedagogical Knowledge) adalah pengetahuan yang mendalam tentang teori atau praktek dalam perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran (Koehler & Mishra, 2009). Pengetahuan pedagogik sangat penting untuk dikuasai oleh para guru. Semakin baik dan mahir dalam penguasaan pengetahuan pedagogik, tentunya semakin baik dan menarik juga proses pembelajaran yang
dilakukan oleh guru.

b. Content Knowledge (CK)
Pengetahuan konten (Content Knowledge) adalah pengetahuan tentang materi pembelajaran yang akan diberikan guru kepada peserta didik. pengetahuan konten mencakup pengetahuan tentang konsep, teori, ide, kerangka organisasi, pengetahuan tentang bukti dan bukti, serta praktik dan pendekatan yang mapan untuk mengembangkan pengetahuan tersebut (Koehler & Mishra, 2009).

c. Technological Knowledge (TK)

Pengetahuan teknologi (Technological Knowledge) adalah
pengetahuan tentang berbagai jenis teknologi yang ada saat ini. Selain
pengetahuan, pengetahuan teknologi juga meliputi kemampuan untuk
mengadaptasi dan mempelajari teknologi baru (Rosyid:2016).

d. Pedagogical Content Knowledge (PCK)
Pengetahuan pedagogik konten (Pedagogical content knowledge) merupakan penyampaian (transformasi) materi pelajaran dalam proses
pembelajaran. Bagaimana guru menafsirkan materi pelajaran, menyesuaikannya dengan pengetahuan siswa sebelumnya, dan menemukan berbagai cara untuk menyampaikannya.

e. Technological Content Knowledge (TCK)
Technological content knowledge atau pengetahuan teknologi konten adalah pengetahuan tentang timbal balik antara teknologi dengan konten. Guru perlu memahami teknologi spesifik yang paling cocok untuk menjelaskan materi pembelajaran tertentu dan bagaimana konten disampaikan dengan teknologi atau sebaliknya.

f. Technological Pedagogical Knowledge (TPK)
Pengetahuan teknologi pedagogic (Technological pedagogical knowledge)
adalah pengetahuan tentang berbagai teknologi dapat digunakan untuk
memfasilitasi belajar dan pembelajaran.

g. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)
Technological Pedagogical Content Knowledge atau pengetahuan teknologi pedagogik dan konten adalah pengetahuan tentang penggunaan teknologi yang tepat pada pedagogik yang sesuai untuk mengajarkan suatu konten dengan baik.

Melihat pentingnya peranan TIK dalam peningkatan mutu dan kualitas pembelajaran, menjadi keharusan bagi para guru untuk terus meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan adaptasi penerapan teknologi dalam proses pembelajaran.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar