0

PEMANFAATAN MENTIMETER DALAM PEMBELAJARAN (0)

Agus Wahidi, M.Pd April 10, 2021

Pembelajaran dimasa pandemi memerlukan keluwesan dalam menerapkan metode dan menggunakan media serta penilaian. Pembelajaran PJJ harus memanusaiakan manusia. Yaitu dengan mengenali karakter siswa. Pembelajaran yang memperhatikan karakter siswa ini diharapkan mampu mencapai dan melayani kebutuhan siswa di masa pandemi. Bisa jadi media atau metode yang menurut hasil penelitian termasuk canggih akan menjadi kurang efektif jika diterapkan tanpa memperhatikan karakter peserta didik yang ada.

Karakter peserta didik dapat dilihat atau diamati dengan observasi, studi dokumen, atau wawancara, atau dengan angket. Penggunaan beberapa cara tadi , salah satunya dengan menggunakan kuisioner. Kuisioner yang digunakan jika menggunakan off line atau berbasis paper mungkin mengalami kenadala waktu dan biaya. Untuk membuat kuisioner dengan kertas dapat diperkirakan biaya yang keluar untuk cetak dan kertasnya, dan distribusinya. Salah satu perangkat lunak aplikasi yang tersedia secara online yaitu dengan mentimeter.

Pemanfaatan mentimeter dalam pembelajaran salah satunya adalah membuat aplikasi kuisioner yang secara online dan cepat untuk mengenali karakter peserta didik secara cepat. Hasil yang diharapkan cepat terkumpul dalam aplikasi sehingga untuk menganalisa dan menentukan tindak lanjut pemilihan model, media, dan strategi pembelajaran bisa dilakukan dengan cepat.

Pemanfaatan mentimeter yang lain yaitu digunakan sebagai media dalam pembelajaran pada saat mengadakan apersepsi atau pertanyaan pancingan saat pembelajaran agar supaya mengaktifkan siswa dalam pembelajaran. Pembelajaran yang aktif, yang melibatkan siswa dapat didukung dengan pertanyaan yang respon jawabannya bisa terakses oleh bebrapa siswa secara langsung. Hal ini bisa dimanfaatkan pada saaat menggunakan discovery learning sehingga secara cepat siswa dapat menentukan model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam mencari tahu jawaban siswa dan menyimpulkan bersama-sama secara langsung.


Berikut ini langkah-langkah menggunakan menti meter dalam pembelajaran.

gambar 3. Tampilan Mentimeter.com

Langkah pertama adalah dengan membuka browser kemudia mencari web mentimeter.com kemudia akan muncul layar seperti yang tertera pada gambar 3.

Kemudian pilihlah menu sign up jika belum mempunyai akun di mentimeter.com. Proses sign up adalah proses pendafatran atau membuat akun pada website layanan ini. Upayakan kita sudah punya email yang portabel digunakan dimensin pencarinya yaitu gmail. Atau bisa juga dengan menggunakan akun Fb yang dimiliki.

Setealah itu kita bisa memulia presentasinya dengan memilih tab new presentation .

Kemudian menuliskan judul presentasi kita, supaya mudah dalam penyimpanan dan [encariannya ketika ingin dipakai lagi pada pembelajaran berikutnya.

Pada menu selanjutnya kita bisa memilih type kuisionernya. Pilihan type kuisnya menyesuaikan kebutuhan kita, sebagai kuisioner untuk apersepsi atau kuisioner untuk melihat profil peserta didik.

Langkah selanjutnya adalah dengan mengetikkan soal atau pertanyaannya baik yang isian atau pilihan ganda sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

Untuk melihat tampilan pertayaan kita yang dilihat dilayar Hp maupun PC siswa kita bisa memilih menu present

Supaya siswa dapat mengerjakan atau mengisi kuisioner kita maka langkah selanjutnya adalah dengan membagikan kode mentimeternya kepada siswa.

Demikian uraian singkat tentang pemanfaatan mentimeter dalam pembelajaran selama PJJ, bisa diginakan sebagai apersepsi atau untuk mengenali karakter peserta didik dan juga bisa digunakan untuk pertanyaan pancingan untuk mengarahkan perhatian siswa pada focus yang kita inginkan dalam pembelajaran.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar