6

Pemanfaatan Handphone Android untuk Pembelajaran bahasa Inggris dengan aplikasi “Zello” (+6)

Restu May 14, 2014

Tutu Hello         google-play-store-baru-smartphonezello

Assalammualaikum Wr. Wb.

Salam Sejahtera untuk kita semua.

Apakabar semuanya para guraruers? semoga semuanya sehat selalu dan mendapatkan karunia yang luar biasa dari Allah SWT. Amin. Kali ini saya dengan akun yang baru, karena akun saya yang lama tidak bisa posting, entah mengapa. Lama sudah tidak berbagi di guraru, karena berbagai macam kesibukan dan aktivitas yang padat seperti padatnya lalulintas kota Jakarta Siang ini.

Sesuai dengan tema bulan ini yaitu pemanfaat handphone untuk pembelajaran, saya mencoba membagi pengalaman saya mengajar dengan menggunakan aplikasi Android handphone untuk pembelajaran.

Aplikasi yang saya gunakan adalah ” ZELLO “, aplikasi ini bisa di download di play-store android. Fungsi aplikasi ini mirip seperti walkies-talkie yang biasa di gunakan pada security. Aplikasi ini menggunakan fasilitas data internet untuk bisa berkomunikasi.

Untuk Lebih lanjutnya tentang Zello bisa googling saja.

Dalam pembelajaran bahasa inggris dengan mengunakan aplikasi Zello ini di kelas, saya memanfaatkannya untuk siswa berbicara bahasa inggris dengan temannya yang juga menggunakan zello.

inilah prosesnya (GUESS THE WORD) :

  1. Membagikan kelompok ( dalam satu kelompok harus ada 1 – 2 yang memiliki HP berjenis Android )
  2. Meminta untuk mendownload aplikasi ZELLO pada setiap kelompoknya
  3. Kemudian membuat group di ZELLO dengan guru sebagai adminnya
  4. Kemudian semua kelompok bergabung di group ZELLO
  5. Menjelaskan rule yang akan dimainkan :
  • Guru menyiapkan kartu yang berisi kosakata yang berjumlah 4 dengan berbeda beda
  • Setiap ketua kelompok mengambil kartu secara acak
  • setiap kelompok membuat 4 clue atau 4 keterangan tentang 1 kosakata yang tersimpan dikartu tersebut
  • Salah satu kelompok maju keluar ruang kelas, setelah itu mereka menyebutkan 1 clue tersebut dengan menggunakan aplikasi zello.
  • Kelompok yang lain menebak apa nama kosakata yang di jelaskan menggunakan clue yang disebutkan oleh kelompok yang keluar ruangan kelas.
  • jika pada clue 1 belum bisa ketebak maka lanjutkan dengan clue ke 2, 3 dan 4 dengan mengucapkan NEXT
  • jika sampai clue ke 4 kosakata tersebut bisa ditebak maka kelompok tersebut dan kelompok yang menjawab mendapatkan reward atau point. Tapi sebaliknya jika tidak bisa menjawab maka tidak mendapat apa apa
  • dan seterusnya sampai kosakata selesai

 

Para siswa sangat antusias sekali saat menggunakan aplikasi ini terlihat dari banyaknya pertanyaan cara menggunakannya aplikasi zello dan raminya zello.

Disiini saya bertujuan agar siswa berani mengucapkan bahasa inggris dan berinteraksi menggunakan bahasa inggris dengan tidak berhadapan langsung dengan lawan bicara. disini juga melatih pendengan siswa terhadap bahasa inggris yang mereka dengar.

Demikianlah pengalaman saya mengajar dengan menggunakan atau pun memanfaatkan aplikasi Handphone android berupa ZELLO untuk pembelajaran di Sekolah. Memang sangat bermanfaat, menarik dan inovatif tetapi masih ada bebrapa hal kekurangannya yaitu batrei yang cepat berkurang.

Dari setiap kelebihan pasti ada kekurangan. Deminikanlah yang bisa saya sampaikan, mohon maaf jika ada kata kata yang salah dan perkataan yang kurang menyenangkan. Karena saya hanyalah manusia biasa yang tak luput dari kesalahan. dan kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT.

Wassalamualikum Wr. Wb.

 

Salam Sukses Guraruers

 

 

 

Comments (6)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar