16

Pemanfaatan Blog sebagai media pembelajaran (+5)

Bu Etna @gurutematik October 12, 2013

 Suatu hari saya dihubungi oleh seorang guru kimia yang mengajar di SMA Trimurti Surabaya. Ketika itu saya sudah purna tugas dari SMAN 16 Surabaya. Ternyata beliau meminta tolong saya untuk menggantikan mengajar di kelas XII IPA sebanyak 3 kelas, selama beliau menunaikan ibadah haji. Alhamdulillah, ini suatu tugas mulia. Saya langsung menyetujuinya dan keesokan harinya kami bertemu untuk mendiskusikan keadaan kelas tersebut.

Setelah beberapa hari saya mengajar di SMA Trimurti, UNAIR menghubungi saya untuk dapat ikut menyanyikan makalah penelitian sederhana tentang manfaat blog dalam pembelajaran. Saya langsung setuju, karena saat itu saya mengajar di kelas dan kelas ini dapat saya gunakan untuk penelitian. Saya berpikir mungkin ini kesempatan terakhir saya untuk mengadakan suatu penelitian. Allah SWT telah memberi kesempatan, tak terpikirkan oleh saya untuk menolak tugas mulia ini. Segera saya menghubungi para siswa dan mereka setuju. Berikut adalah abstrak dari penelitian tersebut.

PEMANFAATAN BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA

DI KELAS XII IPA SMA TRIMURTI SURABAYA

Abstrak

Penelitian diskriptif kualitatif sederhana ini berjudul ‘Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Kimia di Kelas XII IPA SMA Trimurti Surabaya. Penelitian ini bertemakan ‘Seni Mengajar dan Pembelajaran Kreatif di Sekolah.’

Di SMA Trimurti setiap kelas sudah tersedia LCD dan semua ruang juga sudah ber-AC. Ruang kelas dan Ruang guru juga telah disediakan Wi-Fi, walaupun kadang-kadang lambat. ICT, Information, Communication, and Tecknology sudah diterapkan. Sebagai contoh setiap guru telah menyusun bahan ajarnya yang dikemas dengan menggunakan media tayang power point, flash, video, atau lainnya.

Semua guru sudah terbiasa menggunakan teknologi digital. Namun Blog milik pribadi guru belum tersentuh. Hasil pembelajaran yang dicapai masih belum memuaskan, khususnya sebagian siswa yang menduduki peringkat bawah. Tantangan yang dihadapi oleh guru-guru SMA Trimurti adalah bagaimana cara meningkatkan hasil belajar siswa kelompok bawah.

Berdasarkan latar belakang tersebut di atas, tujuan umum penelitian ini adalah untuk ‘Meningkatkan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran kreatif dan inovatif. Metode yang diterapkan terdiri atas 3 tahap, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.

Pada tahap I, guru memasukkan bahan ajarnya ke dalam blog. Tahap II, terdiri atas pengamatan kelas, catatan tugas siswa, dan komentar siswa. Pada tahap III, guru memberikan penilaian proses dan ulangan harian. Hasil yang diperoleh menunjukkan peningkatan yang lambat, namun setelah siswa terbiasa memanfaatkan blog, dan guru melayani siswa dengan memberikan rasa cinta kasih dengan humor dan senyum, ternyata hasilnya memuaskan.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa memanfaatan blog pribadi guru sebagai media pembelajaran kreatif dan inovatif dapat meningkatkan kreativitas dan berpikir kritis guru dan siswa, sehingga berdampak positif terhadap hasil belajarnya. Saran dari peneliti untuk guru-guru dimanapun berada, khususnya SMA Trimurti Surabaya agar dapat memanfaatkan blog pribadi guru sebagai media pembelajaran kreatif dan inovatif. Untuk itu diperlukan suatu pendidikan dan pelatihan pembuatan blog guru.

Demikianlah Guraru, abstrak dari penelitian sederhana saya ketika mengajar di SMA Trimurti Surabaya. Makalah selengkapnya, Guraru dapat membukanya langsung di blog saya, dengan alamat artikel di http://etnarufiati.guru-indonesia.net/artikel_detail-32313.html

Insya Allah bermanfaat. Salam perjuangan.

 

About Author

Bu Etna @gurutematik

Saya guru kimia di SMAN 16 Surabaya sejak tahun 1973 hingga Desember 2011. Saya sudah purna tugas sebagai PNS, namun Insya Allah saya tetap mengajar untuk melayani bangsa hingga akhir hayat. Pembelajaran yang saya lakukan dapat melalui blog, sms, email, atau yang lain. Saya selalu berupaya untuk mengajar kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sebagian dari pengalaman ini sudah saya tulis di blog saya. Insya Allah saya dapat menulis secara rutin, termasuk permintaan pengguna blog.

View all posts by Bu Etna @gurutematik →

Comments (16)

  1. Terimakasih ibunda Etna Rufiati atas sharingnya. Penelitian yang ibu lakukan insyaallah bermanfaat bagi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Saya sebagai guru Indonesia berterimakasih atas dedikasi dan perjuangan ibunda. Luarbiasa, masih fit dan enerjik. Kalah aku…, he..he..he…

    Saya sependapat bunda, bahwa sudah saatnya kini guru-guru di Indonesia memamfaatkan blog sebagai media pembelajaran.

    Salam hormat,

  2. Alhamdulillah, pak Sukani terima kasih atas kunjungan, respon dan votenya, Insya Allah saya dapat terus mendampingi Guraru untuk melayani bangsa. Dewasa ini pendidikan amat memprihatinkan. Saya tak terpikir untuk melepas tanggung jawab ini pak Sukani. Mari kita jinjing bersama dalam melayani bangsa. Salam perjuangan.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar