2

Pemahaman Konsep (0)

AfanZulkarnain February 28, 2021

Mari kita ulas tentang pemahaman konsep. Pemahaman berasal dari kata paham. Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, paham berarti mengerti benar tentang suatu hal. Sementara itu pemahaman dapat diartikan sebagai proses memahami sesuatu. Menurut Hamalik (2008: 162), pemahaman adalah kemampuan untuk menjelaskan suatu situasi atau tindakan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, konsep berarti ide atau pengertian yang diabstrakkan dari peristiwa konkret. Menurut Wardhani (2008: 9), konsep adalah ide (abstrak) yang dapat digunakan atau memungkinkan seseorang untuk mengelompokkan/menggolongkan suatu objek.

Lantas , apa itu pemahaman konsep?

Menurut Jihad & Haris (2008: 149) pemahaman konsep merupakan kompetensi yang ditunjukkan siswa dalam memahami konsep dan melakukan prosedur (algoritma) secara luwes, akurat, efisien, dan tepat.

Dari beberapa pengertian diatas, dapat kita simpulkan bahwa pemahaman konsep adalah kemampuan seseorang dalam hal memahami dan menguasai suatu ide secara luwes, akurat, efisien, dan tepat.

Indikator yang menunjukkan pemahaman konsep menurut Jihad & Haris (2008: 149) meliputi:

  1. menyatakan ulang sebuah konsep;
  2. mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya);
  3. memberi contoh dan non-contoh dari konsep;
  4. menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis;
  5. mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep;
  6. menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu; dan
  7. mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah.

Menurut Permendikbud nomor 58 tahun 2014, indikator pemahaman konsep meliputi:

  1. menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari;
  2. mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan dipenuhi tidaknya persyaratan yang membentuk konsep tersebut;
  3. mengidentifikasi sifat-sifat operasi atau konsep;
  4. menerapkan konsep secara logis;
  5. memberikan contoh atau contoh kontra (bukan contoh) dari konsep yang dipelajari;
  6. menyajikan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi matematis (tabel, grafik, diagram, gambar, sketsa, model matematika, atau cara lainnya);
  7. mengaitkan berbagai konsep dalam pelajaran maupun di luar pelajaran

Pemahaman konsep sangat penting, karena dengan penguasaan konsep akan memudahkan siswa dalam mempelajari materi pelajaran. Pada setiap pembelajaran diusahakan lebih ditekankan pada penguasaan konsep agar siswa memiliki bekal dasar yang baik untuk mencapai kemampuan dasar yang lain seperti penalaran, komunikasi, koneksi dan pemecahan masalah.           

Penguasan konsep merupakan tingkatan hasil belajar siswa sehingga dapat mendefinisikan atau menjelaskan sebagian atau mendefinisikan bahan pelajaran dengan menggunakan kalimat sendiri. Dengan kemampuan siswa menjelaskan atau mendefinisikan, maka siswa tersebut telah memahami konsep atau prinsip dari suatu pelajaran meskipun penjelasan yang diberikan mempunyai susunan kalimat yang tidak sama dengan konsep yang diberikan tetapi memiliki maksud yang sama.

Untuk mencapai pemahaman konsep peserta didik dalam suatu materi pelajaran bukanlah suatu hal yang mudah karena setiap peserta didik mempunyai kemampuan yang berbeda dalam memahami konsep – konsep materi pelajaran. Namun demikian peningkatan pemahaman perlu diupayakan demi keberhasilan peserta didik dalam belajar. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalah tersebut, guru dituntut untuk profesional dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus mampu mendesain pembelajaran dengan metode, teori atau pendekatan yang mampu menjadikan siswa sebagai subjek belajar bukan lagi objek belajar.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar