12

Pelatihan Membuat Bahan Ajar Berbasis ICT (+11)

Pak Sukani @gurumelekIT September 20, 2013

dik1

Gambar : Pak Sukani menjadi narasumber pembuatan bahan ajar berbasis ICT  (Dokumen Pribadi)

Assalamualikum Wr. Wb.

Selamat malam guraru, bagaimana kabarnya? Semoga Guraru sehat selalu dan dalam limpahan rahmad dari Allah SWT. Amin ya Ra.

Guraru, alhamdulillah di sela-sela kesibukan saya menjalankan tugas dan kewajiban saya di sekolah, saya masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk sharing dan berbagi. Pada kesempatan yang baik ini, saya akan sharing tentang “Pelatihan Membuat bahan Ajar Berbasis ICT”.

Guraru yang saya hormati, kemarin pada hari Kamis, 19 September 2013 di sekolah menengah kejuruan (SMK) Bakti Idhata Jakarta Selatan melaksanakan program pelatihan peningkatan SDM guru tentang pembuatan bahan ajar berbasis ICT. Kegiatan pelatihan tersebut dibuka oleh bapak Drs.H.Radix Gunawan,MM selaku kepala sekolah dan diikuti oleh seluruh guru SMK Bakti Idhata serta tamu undangan.

Alhamdulillah pada kesempatan itu saya diberikan amanah oleh sekolah untuk memberikan paparan tentang pembuatan bahan ajar berbasis ICT kepada rekan-rekan guru dan tamu undangan. Saya terus berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakan amanah tersebut dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab. Antuasis dan semangat dari rekan-rekan guru ini sangat luar biasa dimana mereka sudah meniatkan diri dan berkomitmen untuk melakukan perubahan serta meningkatan kompetensinya terkait pembuatan bahan ajar. Pada intinya guru harus berubah menjadi lebih baik. Guru harus terus belajar dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar tidak ketinggalan jaman. Kalau di Guru era baru, ada yang namanya guru melek IT. he..he..he…

Adapun, materi yang saya paparkan dalam pelatihan tersebut sangatlah sederhana dan belum seberapa jika dibandingkan dengan Guraru yang lain yaitu tentang :

1. Pembuatan bahan ajar dengan PowerPoint Multimedia Interaktif.

Powerpoint

2. Pembuatan digital book (Digibook).

a

CONTOH DIGITAL BOOK PAK SUKANI 1

1. microsoft math

3. Pembuatan Video Pembelajaran dengan CrazyTalk  Animator dan Powtoon.

GURU MELEK IT

VIDEO PEMBELAJARAN MAT POOWTON

4. Pembuatan bahan ajar dengan Prezi, dan Emaze.

1

PREZI SUKANI

5. Pemanfaatan Snapshot dalam pembuatan modul.

6. Pemanfaatan blog dan media sosial untuk pembelajaran. Seperti : Moddle, edu20, dan issue.

6_2

andro

Walaupun penyampaiannya sangat singkat karena waktu yang terbatas, namun tidak mengurangi antuasis para guru dalam mengikutinya. Setelah diberikan contoh dalam aplikasi pembuatan bahan ajar tersebut secara langsung dan diikuti oleh para guru maka selanjutnya para guru diharapkan agar mengembangkannya secara mandiri. Bahan ajar yang ada di sekolah kedepannya harus sudah dalam bentuk soft seperti digital books dan diupload ke internet melalui media website maupun blog. Nah, hal ini akan memudahkan para siswa dalam mengakses ilmu pengetahuan.

dik2

Guraru, demikianlah sharing saya pada kesempatan ini, semoga bisa memberikan manfaat kepada Guraru sekalian. Saya menyadari bahwa artikel saya yang sederhana ini masih banyak ditemui kekurangannya. Tak ada gading yang tak retak, semua manusia pasti ada kekurangannya. Hanya Allah SWT yang maha sempurna.

Waalaikumsalam Wr.Wb.

Penulis,

 

Pak Sukani

SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan

Tagged with: , ,

About Author

Pak Sukani @gurumelekIT

Pak Sukani @gurumelekIT merupakan guru matematika di SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan. Beliau merupakan seorang trainer, motivator dan pembicara dalam diklat maupun seminar-seminar di Indonesia. Passionnya adalah menulis dan mengembangkan IT untuk pembelajaran. Pak Sukani aktif mendorong guru-guru Indonesia agar melek IT dan memanfaatkannya untuk pendidikan. Kunjungi blognya di http://trainergurumelekit.wordpress.com atau 085695685815

View all posts by Pak Sukani @gurumelekIT →

Comments (12)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar