4

Pelangi Hadiah Dari Murid (+5)

Heriyati Hademat Hademat May 21, 2015

Pelangi Hadiah Dari Murid

Penulis : Heriyati Hademat
Kategori : Lain-lain

Topik      : Pengalaman menyenangkan dari menjadi seorang guru

Saya seorang guru bahasa Inggris di LIA Palembang sejak tahun 2010. Sebelumnya saya mengajar di LIA Yogyakarta selama 10 tahun. Tapi saya mulai mengajar bahasa Inggris sejak tahun 1994. Puluhan tahun sebagai guru memberikan pelangi indah dalam hidup saya. Begitu banyak hal yang terlalui dengan sangat mengesankan. Diantara pelangi indah itu adalah terbitnya 10 buku dan blog dahagacinta.com.

10 Buku – 4 Diterbitkan Kembali

Buku yang diterbitkan kembali

Penerbitan 10 buku saya oleh berbagai penerbit tanah air seperti Bentang Pustaka, Republika, dan Diva Press, tidak terlepas dari jasa murid saya, Ikhdah Henny. Saya bertemu Henny ketika mengajar materi Writing di program One Year English Program LIA Yogyakarta.

Tidak pernah menyangka bahwa suatu saat Henny akan menjadi seorang editor di Bentang Pustaka Yogyakarta. Akhir tahun 2009, Henny mendatangi saya dan meminta naskah bahasa Inggris untuk diterbitkan. Henny yang memberikan dorongan untuk menulis beberapa naskah sekaligus. Tahun 2010 itu, 5 buku saya terbit. Berikutnya hingga tahun 2015, 10 buku sudah terbit termasuk 2 novel.

Henny memang tidak lagi di Bentang Pustaka. Tapi hubungan saya dengan pihak Bentang masih terjalin. Bentang pun menerbitkan 4 buku saya lagi pada tahun 2015. Saya memang pernah menjadi guru Henny. Tapi ia telah menjadi guru saya. Dari tangannya saya belajar menjadi seorang editor. Pengalaman menjadi editor satu naskah bahasa Inggris itu mengantarkan saya menjadi editor di situs anneahira.com dan bimbingan.org.

Dahagacinta.com Dari Murid ke Murid

Blog dahagacinta.com adalah sebuah hadiah dari murid saya yang bernama Banata. Ia yang sudah lebih dahulu menjadi seorang blogger, dengan rela dan ikhlasnya membuatkan blog khusus untuk saya. Ia yang mengurus semuanya. Saya hanya menjadi penulisnya. Banata yang biasa saya panggil ‘anak sholeh’ ini menjadi guru saya dalam bidang teknologi. Banata juga yang mendesak saya untuk memiliki ponsel pintar. Akhirnya pada tanggal 17 Mei 2015, saya menjatuhkan pilihan ke ponsel Acer Liquid Z500.

Dahagacinta.com berisikan artikel tentang kehidupan. Blog ini juga saya gunakan untuk materi mengajar. Anak-anak didik saya ajak untuk ikut berkomentar di artikel-artikel tersebut dalam bahasa Inggris. Hasil pekerjaan mereka pun dikumpulkan melalui DC. Saya tidak mengoreksi tulisan mereka secara langsung. Saya akan memanggil mereka satu per satu dan memberikan pendapat serta koreksian.

Sejak tahun 2014, dahagacinta.com sudah menjadi sebuah hadiah dari seorang murid untuk murid-murid yang lain. Pelangi hadiah ini begitu indah. Menjadi guru itu sekaligus menjadi seorang murid. Tidak ada yang pernah menyangka bahwa murid-murid tersebut akan berkembang dengan hebatnya. Mereka dipertemukan lagi dengan saya sebagai guru-guru saya.

Terima kasih, Anak-anak.

 

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10”

Comments (4)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar