0

PEKAN TA’ARUF DI SMAIT AL KAHFI (0)

Rosiana Febriyanti August 9, 2015

Kegiatan MOS di sekolah kami dikenal dengan nama PETA, yaitu Pekan Ta’aruf. Kegiatannya cukup variatif, di antaranya ialah pengenalan lingkungan guru seperti kelas, kantor guru, kantor TU, kantor bagian keuangan, laboratorium, klinik, perpustakaan, dan sebagainya. Selain itu momen PETA digunakan ¬†untuk sosialisasi tata tertib sekolah, beragam kegiatan ekstrakurikuler, halakoh tahfizh dan halakoh tarbawiyah. Pada hari terakhir ada kegiatan renang (tentunya di luar sekolah karena sekolah tidak memiliki fasilitas itu) dan jalan kaki ke Bodogol dengan pendampingan wali asrama yang siap membantu apabila ada santri yang kelelahan berjalan.

Khusus untuk santri kelas X, mereka mengikuti program intensif belajar Bahasa Inggris di Pare, Jawa Timur selama sebulan. Sementara itu saya tetap di pesantren untuk mengajar santri kelas XII sejak Kamis kemarin. Otomatis kegiatan tahfizh setelah Subuh sudah mulai berjalan, begitu pula halakoh tarbawiyah juga sudah dimulai sejak Jumat pekan ini.

Tak ada yang ideal untuk acara PETA, tetap ada yang tidak berjalan normal di kelas XI yang kini menjadi santri kelas XII, mereka tidak semua masuk karena menjadi panitia PETA. Begitu pula dengan santri kelas XI-nya yang menjadi panitia. Guru tetap mencontreng dan menganggap mereka hadir sebagai apresiasi keaktifan mereka dalam mendukung acara sekolah.

Ohya, ada yang terlupa, saat PETA, sekolah kami mengundang Ustad Aris Ahmad Jaya untuk memberi pelatihan motivasi untuk santri dan juga untuk guru, wali asrama, dan TU, hanya hari pelaksanaannya saja yang berbeda. Mengapa semua pihak sekolah dan wali asrama dilibatkan? Karena untuk membentuk karakter santri tidak bisa dari satu pihak saja. Ibarat satu tubuh, semua pihak saling menguatkan agar satu suara dalam menyikapi tingkah laku santri yang cenderung mencari celah untuk menyalahi peraturan pesantren dan sekolah.

Setiap perkembangan santri seharusnya dilaporkan secepatnya, tidak perlu menunggu saat pembagian rapor. Begitu ada kemajuan, segera pihak sekolah dan asrama melaporkan, bisa melalui What’s App, Line, atau BBM. Semoga apa yang sudah kami rencanakan dalam setahun ini dapat berjalan dengan lancar ke depannya. Termasuk RPP yang detik ini masih menemani saya ketika menulis di guraru saat ini.

Semangat Pagi!

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar