3

PCM, Sebuah Alternatif (+2)

Botaksakti May 13, 2013

972217_4823277465095_952095113_n

Gambar di atas adalah penampilan regu PCM(Polisi Cilik Militan) hasil binaan Polres Jaksel di salah satu TV Nasional tempo hari.

Kegiatan PCM digagas oleh pihak Kepolisian bekerjasama dengan sekolah. Hasilnya adalah sebuah kelompok/regu baris-berbaris yang mengundang decak kagum. Dengan seragam yang sangat menarik, mereka bisa menampilkan berbagai formasi dengan indah dan kompak.

Tentu bukan hal yang mudah untuk bisa membentuk kemampuan seperti itu. Butuh latihan yang intensif. Namun, kiranya kegiatan seperti itu bisa menjadi sarana untuk mengembngkan berbagai kecerdasan non akademis siswa. Mereka bisa belajar disiplin,kerja sama, kompak, saling melengkapi, saling menghargai dan sebagainya.

Apakah latihan intensif yang mereka lakukan ala militer itu akan menekan mereka?

Dengan porsi yang tepat, sepertinya malah sebaliknya. Latihan seperti itu jelas sekali kelihatan prosesnya bahkan pula hasilnya. Ketika anak-anak akhirnya mengetahui bahwa mereka bisa menampilkan keindahan yang luar biasa, boleh jadi itu akan menanamkan kepercayaan diri mereka bahwa mereka bisa. Dan, sudah barang tentu, hal itu juga akan merangsang mereka untuk menjadi pribadi yang ‘cinta belajar’. Tertarik?

Tagged with:

Comments (3)

  1. kalau di daerah saya ( Indramayu, Jawa Barat ) tidak tertarik pa, karena kegiatan tersebut dalam latihannya telah mengganggu jam kegiatan belajar sekolah non formal ( Diniyah Takmiliyah Awaliyah ) ingat pa sekarang yang dibutuhkan adalah mental agamis ( spiritual ).

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar