33

Parade Foto “Sukani Berbagi” di Depok (+8)

Taufik Ibrahim February 5, 2014

Ass.wr.wb, sahabat guraruers sekalian! Kali ini ditengah deraan kondisi saya yang belum fit setelah hampir sepekan terakhir beristirahat, tidak menyurutkan saya untuk menyampaikan berita sebagai salah satu apresiasi kepada web guraru ini yang telah melahirkan salah satu guru terbaik yang pernah saya kenal di guraru ini. Yaa…dialah Mas Sukani-begitulah saya memanggil sahabat saya itu. Meski saya gagal untuk menghadiri ‘hajatan besar’ bagi para guru di lingkungan Kota Depok yaitu Pelatihan Kurikulum 2013 yang berlangsung pada Senin-Selasa, 3-4 Februari 2014 bertempat di SMPN 2 Depok, tidaklah menyurutkan niat saya untuk mensyiarkan semangat berbagi yang luar biasa oleh sahabat kita -Mas Sukani.

Dari berbagai info yang saya terima dari beberapa teman maupun para PKS Kurikulum yang hadir (sekolah yang hadir alhamdulillah kabarnya seluruhnya hadir dari 19 SMP Negeri yang ada di Kota Depok) baik info yang saya terima lewat telpon maupun lewat percakapan langsung yang melaporkan bagaimana Mas Sukani begitu dahsyat saat proses pelatihan di SMPN 2 Depok tersebut sungguh melegakan sekaligus menggembirakan saya yang beberapa pekan sebelum pelatihan, saya dan Pak Subhan mendapatkan amanah dari Dinas Pendidikan Kota Depok untuk mencari pembicara yang mau dan mampu Β memberikan semangat dan info ICT Literate-nya terutama terkait Kurikulum 2013. Dan …pilihan jatuh kepada Mas Sukani sebagai salah satu pemenang Guraru Award 2013. Sedari awal saya memang sangat optimis bahwa Mas Sukani akan mampu memberikan ‘warna lain’ bagi pelatihan yang sangat penting bagi para guru di Depok tersebut. Benar saja, kabarnya banyak sambutan positif dari peserta terkait dengan penyampaian materi dari Mas Sukani. Sementara disisi lain, pihak Dinas Pendidikan Kota Depok juga begitu serius mempersiapkan diri untuk mengadakan pelatihan tersebut dengan mengundang seluruh SMPN yang yang ada di Depok begitu pula dengan pembukaan yang dihadiri oleh para pejabat Dinas Pendidikan Depok serta seluruh Kepala Sekolah yang hampir semuanya kepala sekolah tersebut masih sangat fresh dalam hal semangat belajar karena para kepsek tersebut baru sebulan menjadi kepsek setelah adanya mutasi besar-besaran yang dilakukan oleh Disdik Depok.

Pelatihan di hari kedua diisi oleh Pak Subhan yang mendorong guru-guru di Depok untuk nge-blog juga dipenuhi sesak oleh kehadiran para guru yang mau belajar nge-blog dari pagi Jam 8 sampai sekitar ashar. Ciri khas pelatihannya adalah banyak prakteknya dengan dipandu oleh Pak Subhan serta file video tutorial yang telah disediakan. Β Uniknya, setelah pelatihan nge-blog para guru diwajibkan untuk melaporkan hasil pelatihannya dengan mengisi form isian dengan memanfaatkan google drive yang telah disediakan di blognya Pak Subhan.

Tidak banyak yang bisa saya sampaikan disini. Oleh karena itu, gambar-gambar inilah yang bisa saya share sebagai tanda terima kasih kepada guraru yang telah ‘melahirkan’ guru hebat macam Mas Sukani ini. Terima kasih khususnya buat Mas Sukani yang telah berhasil ‘menerjemahkan’ keinginan saya dan Pak Subhan agar Mas Sukani mempersiapkan materi sebaik mungkin untuk ‘melayani’ kebutuhan para guru di Kota Depok. Semoga Allah SWT membalas segala kebaikan Mas Sukani atas ilmu yang telah diberikan. Saya pun berharap di web ini akan melahirkan Sukani-Sukani lainnya yang mampu memberikan pencerahan dalam hal semangat berbagi kepada sesama guru dan mampu mengkondisikan pelatihan guru yang sifatnya lebih praksis dibanding terlalu banyaknya teori yang sering kita temui di pelatihan-pelatihan guru lainnya. Salam Guraru! Β πŸ™‚

1. Gaya Mas Sukani saat berpresentasi!

CIMG0057

 

2. Tampilan Menu-Menu Materi yang akan dibahas Mas Sukani!

CIMG0058

 

3. Saat Pembukaan Kegiatan di aula utama SMPN 2 CDepok oleh para pejabat Disdik Depok!

CIMG0050

 

4. Tampilan Format Penilaian Digital karya Mas Sukani yang aplikatif!

CIMG0060

 

5. Tampilan Penilaian ala Class Dojo yang diperkenalkan Mas Sukani kepada peserta diklat!

CIMG0061

 

6. Gambar antusiasme peserta yang dengan seksama memperhatikan Β pemaparan Mas Sukani!

CIMG0063

 

7. Mas Sukani saat berinteraksi dengan peserta diklat!

P1100633

8. Pak Subhan pun terpana melihat presentasi Mas Sukani!

CIMG0068

 

9. Gaya khas Mas Sukani saat presentasi…penuh percaya diri! Β πŸ™‚

P1100632

http://taufikibrahim.wordpress.com/

Comments (33)

  1. Luar biasa. Alhamdulillah. Sungguh senang mengikuti pelatihan praktis dari pak Sukani walau melalui artikel pak Taufik. Insya Allah para Guraru yang lain terpacu untuk berbuat yang terbaik seperti yang dilakukan oleh pak Sukani. Amin ya rabbal alamin. Thx sharingnya pak Taufik. Salam sukses.

  2. Terimakasih pak Taufik atas sharingnya. Amin ya Ra. Ternyata sudah muncul juga artikelnya. Jadi malu nih soalnya saya hanya guru biasa. he..he..he… Alhamdulillah diberikan kesempatan untuk berbagi pak.

    Kemarin saya berkeinginan untuk memposting artikel terkait kegiatan ini namun saya belum sempat karena masih konsen mempersiapkan US baik teori maupun praktek dan sekaligus membuat laporan PTL ke P4TK Matematika. Hari ini saya ada kegiatan menyusun naskah soal US matematika di SMK Negeri 28 Jakarta dilanjutkan dengan klinik matematika.

    Terimakasih saya sampaikan kepada pak Subhan dan Pak Ja’i yang telah membantu saya sehingga kegiatan itu berjalan dengan lancar. Terimakasih pula atas apresiasi teman-teman guraru dan keramahan rekan-rekan guru di Depok.

    Semoga lekas sembuh pak Taufik, Salam buat keluarga.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar