0

Pandemi = Inovasi & Kolaborasi (0)

Rifky October 30, 2021

Tema : Guru Memaknai Pendidikan Masa Kini

Sistem pendidikan sekarang ini udah banyak benget perkembangan, perubahan, inovasi dan mulai menerapkan pendidikan berbasis kompetensi. Hal ini sebenarnya udah harus direalisasikan dari sejak tahun 2015 lalu, namun dengan adanya pandemi covid-19 yang melanda dunia khususnya Indonesia, ini menjadi trigger dalam mengaktifkan sistem pendidikan yang penuh inovasi.

Dampak dan perubahan ini sangat terasa oleh semua orang, dalam konteks ini khususnya adalah peserta didik (siswa) dan tenaga pendidik (guru).

Faktor lain yang mempengaruhi juga adalah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi hingga membawa perubahan pada bidang pendidikan, perdagangan dan pemerintahan. Semua kegiatan yang biasa dilakukan secara manual, kini menjadi berbasis aplikasi. Ini memaksa semua pihak untuk melakukan upgrade kecakapan, gaya hidup, bahkan cara melakukan interaksi sosial.

Semua itu telah dirasakan oleh semua kalangan dan membawa energi positif yang dapat dikembangkan didunia pendidikan. Akses informasi yang sangat mudah ini sangat menunjang dalam dunia pendidikan. Penerapan teknologi ini menjadi sesuatu yang diwajibkan, karena saat ini semua aktifitas akademi telah menggunakan teknologi.

Perkembangan yang paling terasa didunia pendidikan adalah penggunaan model pembelajaran, kurikulum dan media yang digunakan, hal ini dilakukan untuk mempermudah semua pihak. Pembelajaran saat  ini lebih ke Student Center, menuntut murid untuk berfikir kritis dan mengakses informasi dari berbagai sumber yang terdapat dari internet, tentu dengan tetap pada bimbingan guru yang berperan sebagai manajer di kelas. Contoh penerapan teknologi yang saya coba lakukan di kelas adalah selain penggunaan LMS, tetapi juga memanfaatkan layanan Cloud Computing yang banyak tersedia di internet. Dengan memanfaatkan layanan Saas (Software as a Service) guru dan murid dapat berkolaborasi secara realtime di kelas maya secara digital atau dikelas sesungguhnya secara tatap muka. Dalam penerapannya saya menggunakan berbagai aplikasi cloud yang dapat diakses secara online, diantaranya adalah :

Sebagai contoh, saya menggunakan aplikasi transno.com, disini murid dapat berkolaborasi dengan teman 1 kelompok atau bahkan 1 kelas untuk membuat rancangan sebuah BMC (Business Model Canvas), tentu saya sebagai guru sebagai pemilik dokumen sepenuhnya dapat mengontrol, evaluasi, mengetahui siapa yang aktif, siapa saja yang sedang mengisi dokumen dan memberikan feedback secara realtime serta ini dapat dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone saja. Contoh kolaborasi dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Contoh ini memberi gambaran kepada kita bahwa betapa mudahnya kolaborasi pada saat ini, dan ini tidak hanya bisa diterapkan dikelas saja, tetapi dalam banyak kegiatan dan pekerjaan.

Dari semua masalah yang timbul saat ini, solusi yang tersedia, teknologi yang berkembang pesat, serta informasi yang mudah untuk didapatkan, kita khususnya sebagai tenaga pendidik merasa sangat diuntungkan dan semudah, secepat serta sepraktis itu saya lakukan dengan menggunakan teknologi. Dengan kesan dipaksakan pada saat diawal karena pandemi, tetapi dengan ini tingkat profesionalisme kita sebagai guru juga meningkat. Maka, mari kita terus mengembangkan inovasi dan kreatifitas untuk menjadikan pendidikan dimasa kini lebih bermakna dan lebih hemat energi.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar