9

PANDEMI COVID-19 MENGUBAHKU DARI GURU SATU SEKOLAH MENJADI GURU SE-INDONESIA (0)

ares resmawan September 30, 2020

Pandemi Covid-19 yang sedang terjadi sekarang ini, tidak hanya mengancam kesehatan saja, tetapi berdampak juga pada segala aspek kehidupan, dari mulai ekonomi, social, budaya,bahkan bidang pendidikan. Kegiatan belajar mengajar yang biasa dilakukan dengan tatap muka dan pembinaan langsung dari guru kepada siswa, dengan terpaksa dihentikan dan sebagai solusinya pembelajaran dilakukan secara daring atau pembelajaran jarak jauh.

Saya menyadari bahwa mata pelajaran PABP yang saya ampu merupakan mata pelajaran yang mendasari terbentuknya karakter siswa, baik dari sisi spiritual maupun sikap, karena dengan pendidikan agama, kesadaran akan eksistensi Tuhan pun meningkat, sehingga siswa lebih waspada dan berhati-hati baik dalam berucap maupun bertindak, karena mereka menyadari bahwa apapun yang mereka lakukan di dunia ini akan dipertanggungjawabkan dihadapan Tuhan kelak.

Dan dengan kesadaran itu lah, maka karakter akhlakul karimah pun terbentuk.

Atas dasar pemikiran tersebut, maka saya bertekad bahwa materi pendidikan agama dan budi pekerti harus tetap disampaikan meskipun dalam situasi pandemi covid-19 seperti ini.

Namun tantangan terbesar yang dihadapi adalah situasi yang tidak memungkinkan untuk bertatap muka dengan siswa secara langsung, yang akhirnya memaksa saya untuk berpikir keras dalam merumuskan langkah pembelajaran yang tepat sehingga materi agama tetap tersampaikan tanpa mengurangi minat atau antusiasme siswa dalam mempelajarinya.

Beragam cara pun di tempuh, dengan menggunakan beragam platform google,dari mulai google class, google meet bahkan zoom meeting, tetapi tetap saja dihadapkan dengan berbagai kendala, dari mulai pengawasan yang kurang maksimal sampai penyampaian yang sering terputus-putus dalam zoom meeting yang mengakibatkan penyampaian materi menjadi kurang optimal.

Akhirnya saya berusaha lebih keras lagi dengan merekam materi pembelajaran dan dibuat dalam bentuk video dengan disertai animasi dan efek yang lebih pariatif dari mulai transisi sampai pemilihan backsound, lalu saya upload ke media digital youtube.

Langkah pembelajaran pun saya susun, dimulai dengan memberikan arahan kepada siswa tentang apa saja yang harus mereka tulis berupa format essay, yang jawabannya akan mereka temukan setelah mereka menyimak video yang telah di share di youtube, setelah itu para siswa melaporkannya dan di evaluasi.

Alhamdulillah, metode ini pun dsambut positif oleh siswa karena disamping mereka bisa belajar dengan nyaman dirumah, mereka pun bisa memutar ulang video sehingga mereka pun mudah memahaminya, terbukti dengan kemampuan mereka dalam menjawab essay yang disuguhkan di awal pembelajaran tadi.

Dan yang paling mengejutkan adalah ketika melihat analisis viewer ternyata di bulan-bulan pertama mencapai puluhan ribu viewer. Dan yang paling membuat saya bangga dan semakin termotivasi lagi adalah ternyata yang awalnya saya menyampaikan materi kepada beberapa ratus siswa di sebuah Sekolah, sekarang saya bisa menyampaikan materi kepada ribuan bahkan jutaan siswa.

Dan cita2 terbesar saya adalah menjadi guru agama bukan hanya satu sekolah saja melainkan se-Indonesia.

#WritingCompetition #NewNormalTeachingExperience

Comments (9)

  1. Selamat pagi Bapak Ares 😉
    terima kasih atas partisipasi Bapak dalam Guraru Writing Competition 2020.

    Dari cerita yang Bapak sampaikan, cukup menunjukan betapa hebat dan cepatnya tekhnologi sebagai media komunikasi yang dapat memudahkan para tenaga pendidik untuk saling bertukar ilmu, tips dan pengalaman mengajar satu sama lain. Semangat dan usaha bapak sangat luar biasa untuk memberikan materi dalam video youtube yang pastinya mempermudah pemahaman dari para anak murid. Kami harap bapak bisa terus menerus memberikan sharing kepada anak didik di seluruh Indonesia, dan sebagai acuan rekan guru lainnya untuk menyampaikan materi dalam video seperti Bapak Ares.

    Bapak Ares bisa senantiasa membagikan video pembelajaran di Guraru.org juga, pastinya sangat dinantikan oleh rekan guru lainnya nih pak! benar buka guraru-ers ? 😉

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar