0

OTAK Perlu Makanan Ini ! (0)

AfanZulkarnain February 21, 2021

Otak jangan hanya diajak untuk terus berpikir. Otak juga butuh dimanjakan dengan nutrisi-nutrisi yang dapat meningkatkan fungsinya. Nutrisi -nutrisi tersebut ada pada beberapa makanan ini, lho. Apa saja makanan tersebut? Berikut saya paparkan berdasarkan informasi yang saya dapat dari berbagai sumber.

Alpukat

Tahukah anda, alpukat merupakan makanan yang baik untuk kesehatan otak. Buah ini kaya akan vitamin E dan juga tinggi antioksidan vitamin C yang selalu dikaitkan dengan penurunan risiko mengalami Alzheimer.

Buah berwarna hijau ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang berkontribusi terhadap sirkulasi darah sehat, yang tentunya baik untuk menjaga kesehatan otak.

Buah ini juga dapat menurunkan tekanan darah. Beberapa sumber menyebut bahwa tekanan darah yang rendah akan meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan. Apalagi, hipertensi adalah faktor risiko dari penurunan kualitas kemampuan kognitif.

Namun, karena kalori yang cukup tinggi sebaiknya batasi konsumsi alpukat antara seperempat hingga 1/2 buah untuk satu kali makan dalam satu hari,ya.

Kunyit

Makanan yang baik untuk kesehatan otak selanjutnya adalah kunyit. Kandungan antioksidan dan antiradang dalam kunyit dapat meningkatkan daya ingat. Selain itu, kunyit juga dapat membantu sel-sel otak baru untuk tumbuh.

Ikan

Ikan mengandung omega-3 yang dibutuhkan otak. Ikan kembung, salmon, tuna, dan sarden merupakan sumber omega-3 yang baik untuk kesehatan otak dan bahkan jantung.

Sekedar anda tahu, 60 persen komposisi otak merupakan lemak, terutama lemak jenis omega-3. Otak menggunakan omega-3 untuk membangun sel saraf di otak, sel ini berperan dalam proses belajar dan mengingat.

Omega-3 juga dapat memperlambat penuaan otak. Ikan-ikan berminyak yang telah disebutkan di atas, mengandung bentuk aktif dari lemak omega-3, yaitu EPA dan DHA. Tingkah DHA rendah dapat meningkatkan resiko Alzheimer dan hilang ingatan. Sementara memiliki simpanan EPA dan DHA yang mencukupi dapat mempermudah kita memproduksi senyawa kimia dalam otak yang berkaitan dengan mood baik, serotonin. Sehingga kita tidak mudah stress.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung lemak baik, protein, vitamin E dan antioksidan. Berdasarkan penelitian, makanan untuk otak ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan membantu mengurangi efek kerusakan otak terkait penuaan.

Bluberi

Buah beri juga merupakan salah satu makanan yang baik untuk kesehatan otak. Penelitian menemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi bluberi memiliki daya ingat yang baik dan berisiko lebih kecil untuk mengalami penurunan daya pikir. Kandungan antioksidan di dalamnya bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan efek stres yang dapat menurunkan kinerja otak.

Bahkan, penelitian lainnya menyebutkan bahwa blueberry, strawberry, dan acai berry dapat membantu menghentikan kemampuan kognitif yang menurun akibat usia. Hal ini dapat terjadi karena buah tersebut dapat memelihara mekanisme pembersihan otak, yang membantu menyingkirkan protein beracun dan radikal bebas yang berkaitan dengan hilang ingatan akibat usia lanjut, serta melindungi neuron dari kerusakan.

Mengonsumsi buah berry, khususnya blueberry, efektif untuk memperbaiki atau menunda hilang ingatan sesaat. Blueberry juga membantu melindungi otak dari stres oksidatif dan dapat mengurangi efek dari kondisi kognitif lain yang berhubungan dengan usia, seperti Alzheimer dan demensia.

Teh Hijau

Dalam porsi yang tepat, teh hijau dapat meningkatkan kemampuan otak untuk berkonsentrasi dan mengingat.

Theanine dalam teh dipercaya membantu mengaktifkan bagian otak yang berperan memfokuskan perhatian. Sedangkan polifenol dan antioksidan melindungi otak dari penurunan daya pikir dan menurunkan risiko penyakit Alzheimer serta penyakit Parkinson.4 dari 5 halaman


No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar