0

Optimalisasi Teknologi sebagai Media Belajar Beserta Tantangannya (0)

Jilan Nafisah Koenang October 15, 2021

Tema: Guru Memaknai Pendidikan Masa Kini

Dewasa ini, kondisi zaman yang kian modern dimana teknologi terus maju membuat seluruh lapisan masyarakat merasa terbantu. Terdapat banyak sekali manfaat dan kemudahan akibat dari perkembangan zaman yang kian pesat dari waktu ke waktu, termasuk pula para pendidik atau guru untuk mulai berinovasi mengenai metode pembelajaran yang unik serta mengoptimalkan kemajuan teknologi yang ada. Sebagai seorang tenaga pendidik, para guru sebaiknya memahami kriteria dan metode seperti apa yang cocok untuk diajarkan pada murid mereka, khususnya dalam kondisi saat ini yang kian kaya akan alat-alat canggih.

Salah satu model pembelajaran yang telah diterapkan adalah model E‑learning. E‑learning merupakan bentuk model pembelajaran yang difasilitasi dan didukung dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi. Istilah e‑learning lebih tepat ditujukan sebagai upaya untuk membuat transformasi proses pembelajaran yang ada di sekolah atau perguruan tinggi ke dalam bentuk digital yang dijembatani teknologi internet. Dengan menerapkan e-learning, para guru mampu memberikan baik materi pelajaran dan tugas serta cara pengumpulannya melalui internet seperti email, whatsapp, LMS, google form, dan lain sebagainya. Guru dapat membuat beberapa video berupa penjelasan materi secara lengkap dan jelas. Dapat pula membuat berbagai contoh soal beserta uraian jawaban untuk membantu murid agar lebih paham sebelum mengerjakan sendiri tugas atau soal yang diberikan.

Terlebih saat ini seluruh penjuru dunia, tidak hanya Indonesia, sedang mengalami pandemi COVID-19 yang sangat berbahaya dan dampaknya berpengaruh besar dalam segala bidang, tak terkecuali bidang pendidikan. Proses belajar-mengajar yang semula tatap muka, kini diubah sistemnya menjadi belajar dari rumah. Hal ini membuktikan betapa pentingnya akses internet sebagai media belajar agar tetap dapat berjalan semestinya. Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah untuk mendukung proses belajar-mengajar agar tetap berjalan lancar, seperti dengan membagikan kuota belajar secara gratis bagi seluruh kalangan pendidik dan pelajar. Dengan demikian, proses belajar meskipun tidak tatap muka atau bahkan dalam jarak jauh pun bukan lagi suatu penghalang. Setiap murid dapat mengakses dan memperoleh ilmu, dimana dan kapan saja.

Akan tetapi realita yang terjadi sebetulnya tetap ada dan terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi dan diselesaikan dengan proses pembelajaran melalui internet seperti ini. Tantangan pertama adalah kemampuan untuk memantau setiap murid menjadi lebih sulit karena tidak bertemu secara langsung. Lalu, jaringan internet yang terkadang kurang stabil. Selain itu, padam listrik yang dapat menghentikan proses belajar dan ketidakseriusan murid karena kesulitan memahami pelajaran. Terakhir, cenderung bermain ponsel dan menyalahgunakan akses internet yang disediakan. Hal-hal itu merupakan tantangan yang harus diminimalisir dan bahkan dihilangkan guna mengoptimalkan proses belajar-mengajar. Para guru harus mengevaluasi upaya apa saja yang sekiranya membantu untuk meminimalisir tantangan tersebut. Bantuan dari orang tua murid juga mampu menjadi salah satu solusi untuk mengawasi anak mereka selama proses pembelajaran melalui internet ini berlangsung.

#KompetisiArtikelGuraru #HariGuruSedunia

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar