18

Optimalisasi Powerpoint untuk Membuat Media Pembelajaran Interaktif (I) (+6)

Rosid Tamami June 7, 2014

Selamat pagi guraru, salam sukses semuanya, senang sekali  akhirnya bisa menulis kembali disini bertemu dengan guraru hebat dari penjuru negeri tercinta.

Pada kesempatan kali ini sesuai dengan tema saya akan berbagi tulisan sederhana tentang pemanfaatan powerpoint untuk membuat media pembelajaran interaktif.

Banyak sekali software yang bisa digunakan untuk membuat Media Pembelajaran Interaktif (MPI) berbasis Komputer (CBL), seperti macromedia flash, lectora, Geogebra, Powerpoint dan yang lainya. Untuk e-learning juga sudah banyak tersedia seperti edmodo, schology, edu20, quipper. Dari sekian banyak aplikasi tersebut yang hampir semua orang bisa dan akrab pastilah powerpoint. Kalau guru pengembang media bisa memanfaatkan memaksimalkan tool-tool yang ada dalam aplikasi Powerpoint, baik itu tool bawaan ataupun yang dibuat sendiri memanfaatkan macro (VBA), akan dihasilkan juga MPI yang tidak kalah bagusnya dengan menggunakan aplikasi yang lain.

Pada kesempatan kali ini akan saya sajikan optimalisasi pembuatan tombol (button), hyperlink dan triger, tiga tool ini bisa membuat tampilan presentasi powerpoint lebih interaktif tidak seperti tampilan “biasanya”. Pertama siapkan slide powerpoint, saya lebih suka yang polos agar lebih mudah didesain, langkahnya buka powerpoint klik newslide-blank, seperti berikut

satu

Membuat background langkanhnya : klik kanan pada slide, klik format background, atur sesuai keinginan, disini saya pilih : Gradient fill, hijau, type radial, seperti berikut :

dua

Membuat Tombol (Button)

  1. Klik insert, shape
  2. Pilih bentuk yang dinginkan
  3. Klik format, atur Shape fill, outline dan effect agar menjadi lebih bagus
  4. Memberi tulisan, klik kanan shape, edit teks
  5. Memberi gambar, klik kanan shape, format shape, fill, picture

Seperti tampilan berikut :

empat

Untuk menghubungkan tombol menu dengan tamilan ada dua pilihan yaitu menggunakan hyperlink dan triger, perbedaanya hyperlink untuk membuka di slide lain, triger menampilkan dalam satu slide.

Memanfaatkan Hyperlink

  1. Buat slide yang berisi beberapa tombol seperti diatas
  2. Isi dengan teks sesuai kebutuhan
  3. Buat beberapa slide sesuai kebutuhan (jika ingin slide yang sama bisa menggunakan duplicate slide)
  4. Klik shape, insert, action, hyperlink to, atur hyperlink (sesuai slide yang diinginkan)lima

Memanfaatkan Triger

  1. Buat dua tampilan dalam satu slide (misal standart kompetensi dan kompetensi dasar, bisa ditumpuk)
  2. Atur masing-masing dengan animasi yang berbeda
  3. Pilih shape yang ingin diatur tampilannya
  4. Klik animation pane, pilih animasi yang sudah ada, klik efect option, timing, klik triger

5. Pilih : Start effect on click of , pilih shape pemicu (triger)

Media pembelajaran bisa disimak disini :http://rosidtamami.wordpress.com/2014/05/14/unsur-dan-bagian-lingkaran/

sekian semoga bermanfaat….

Comments (18)

  1. Salam kenal pak Rosid terimakasih Artikelnya Alhamdulillah ,saya dari Gaptek Komputer kemarin mencoba membuat media Pembelajaran dengan Lectora Alhamdulillah bisa ,Banyak Manaat Kita berkumpul di sini ,walau tak mengirim artikel banyak membaca kiriman guru-guru alhamdulillah banyak kemajuan dan terimakasih kepada pengelola guraru maaf sinyal di rumah sering eror jadi numpuk

  2. terima kasih sharingnya Pak Rosid…. sehari-hari pakai power point, sy cuma biasa pakai hyperlink…ternyata ada triger juga… makin banyak ilmu berkat artikel ini…terima kasih Pak..

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar