22

Online Collaborative Learning @Kendal (+6)

Amiroh January 24, 2014

Melepas tahun 2013, dan mengawali lembaran baru di dunia “fasilitator” Tahun 2014 ini, saya meluncur ke daerah Jawa Tengah, tepatnya di daerah Kendal.

Perjalanan dari Kota Jombang, Jawa Timur menuju Kota Kendal Jawa Tengah saya tempuh kurang lebih 6 jam perjalanan via Kereta Api Bangunkarta yang menuju Kota Jakarta. Kali ini saya berkesempatan untuk berkumpul dengan teman-teman guru SMK di SMKN 2 Kendal, Jawa Tengah untuk bersama-sama berbagi, belajar bersama menularkan semangat perubahan dan kolaborasi dalam pembelajaran online (e-learning) dalam acara “Diklat Pengembangan SMK Berprestasi – Inovasi Pembelajaran Berbasis IT”.

Acara ini merupakan rangkaian terakhir dari Diklat Pengembangan SMK Berprestasi yang dilaksanakan selama 3 hari di SMKN 2 Kendal, Jawa Tengah.

Berada di antara sekitar 100 orang guru, membuat saya (lagi-lagi) kagum dibuatnya. Betapa tidak, dari sekian banyak orang yang “mendeskreditkan” penerapan pembelajaran online (bc. e-learning) di sekolah, ternyata masih banyak guru yang optimis dan bersemangat untuk mengembangkan metode pembelajarannya menggunakan perangkat teknologi berbasis internet.

Para peserta yang berasal dari perwakilan guru mata pelajaran MIPA, IPS dan Produktif dari 18 SMK Negeri dan Swasta se Kab. Kendal ini adalah para guru muda yang memiliki semangat dan idealisme yang tinggi, untuk menerapkan pembelajaran berbasis IT, terutama pembelajaran kolaboratif yang berbasis internet dalam kelas mereka.

Yah.. pembelajaran kolaboratif memang bukanlah metode pembelajaran baru. Pembelajaran kolaboratif merupakan salah satu metode pembelajaran yang telah banyak diterapkan oleh para guru di kelas. Konsep dasar pembelajaran kolaboratif ini adalah belajar bersama-sama memanfaatkan sumber daya dan keterampilan satu sama lain, seperti bertukar informasi satu sama lain, mengevaluasi ide-ide satu sama lain, memantau pekerjaan satu sama lain, dan seterusnya. Masing-masing anggota kelompok berusaha saling menghargai dan memberikan kontribusi kemampuannya terhadap kegiatan anggota kelompok. (Wikipedia – 2013)

Jika beberapa tahun yang lalu pembelajaran kolaboratif ini hanya bisa dilakukan pada kelas konvensional yang menuntut ruangan dan waktu. Maka, saat ini pembelajaran kolaboratif dapat dilakukan secara online, kapan saja dan dimana saja.

Dan dari sekian banyak tools pembelajaran kolaboratif, Edmodo merupakan salah satu tools pembelajaran kolaboratif online yang saat ini banyak digunakan oleh para guru di Indonesia.

Kemudahan dalam hal teknis penggunaan yang ditawarkan oleh edmodo, membuat kami merasa nyaman menggunakan tools ini. (Konsep pembelajaran kolaboratif menggunakan edmodo bisa dibaca pada tulisan saya sebelumnya “Yuk Berkolaborasi Online!”).

Para peserta pelatihan yang berasal dari guru, dari berbagai mata pelajaran dan sekolah, telah memudahkan kami dalam mendemonstrasikan konsep pembelajaran kolaboratif online ini, yang untuk selanjutnya mereka akan menerapkan secara mandiri di sekolah masing-masing.

Pengalaman menggunakan edmodo selama ini, dan oleh sebagian peserta workshop, membuat acara ini menjadi lebih seru dan interaktif karena kami dapat saling bertukar pengalaman, dan berdiskusi terhadap segala permasalahan yang ada saat penerapan pembelajaran kolaboratif dan bagaimana mencari solusinya.

Tak hanya membahas tentang manfaat dan hal-hal teknis penerapan pembelajaran kolaboratif online, namun kami juga berdiskusi tentang pengaruh buruk/dampak penerapan IT terhadap perilaku siswa bahkan gurunya sendiri, pada lingkungan belajar mengajar di sekolah. Dan sebagian besar uneg-uneg peserta tentang hal ini tersampaikan dan terjawab pada forum ini.

Waktu pelatihan yang dimulai dari pukul 9.00 dan berakhir pada pukul 16.30, rupanya belum cukup untuk memfasilitasi keingintahuan peserta tentang media kolaborasi online ini. Maka sebuah komunitas / group telah kami bentuk dan sepakati untuk saling berbagi informasi seputar pembelajaran kolaboratif online ini.

Semoga sedikit pengetahuan dan pengalaman yang telah kami bagi dapat menambah semangat teman-teman guru dalam memanfaatkan teknologi informasi yang semakin hari terus berkembang, pada proses kegiatan belajar mengajarnya. Amin..

Comments (22)

  1. Bu Amiroh, ribuan muridku sejak thn 1973 juga banyak yg mengatakan saya agak aneh, ideal, terlalu disiplin, kadang norak,namun gaul, humornya pas,shg kimia mudah, smp skr sll dikenang dan tegur sapa, saling mendoakn. Insya Allah kasih sayang kita tetap diingat sepanjang masa, amin YRA. Allahu Akbar.

  2. Salut buat seorang guru wanita seperti Bu Amiroh yang aktif mendorong peningkatan ICT Literate bagi para guru. Saya harus belajar banyak dari Bu Amiroh! Oh iya… kebetulan saya baru saja bbrp hari ini membantu Kemdikbud Pusat untuk membuat program perencanaan pengembangan kompetensi guru terkait e-learning. bagi guru se-Indonesia. Insya Allah kyknya yang dibahas artikel ini juga akan menjadi perhatian serius oleh pihak Kemdikbud tahun ini. Maju terus Bu Amiroh! πŸ™‚

  3. Wahhh…salut-salut buat Bu Amiroh! Semoga keberkahan selalu menaungi agar tetap bisa berbagi ilmu dgn kami para guru muda ini. Sekali lagi kami hrs banyak belajar terutama semangat berbagi dari Ibu Amiroh.Trims banget! πŸ™‚

  4. pa taufik bilang ke bu amiroh : Trims banget, plus iklan lagi maksudnya terima kasih buat apaan ya, emang udah ngasih pencerahan ? diatas khan cuma report doang, apa manfaatnya bagi guraruers ?

  5. Menurut saya ini bukan cuma report semata, tapi ada motivasi dan menularkan virus kebaikan. Ayolah Mas Bro ngga usah alegi begitu, sama saudara sendiri jangan terlalu nyinyir. Tapi terserah deh itu hak Mas Bro koq.Yang penting saya sudah mengingatkan.

  6. salut buat orang ini. bisa ngoceh didepan guru2 yang sampe udah botak gitu, padahal mereka sama ya, guru SMK, materi yang disampein juga gk jauh2 dari review aplikasi. tp judulnya menarik, “Diklat Pengembangan SMK Berprestasi – Inovasi Pembelajaran Berbasis IT”. ciee….

    angkat kaki dah buat “idola” saya bu Am, heheehhhe….

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar