0

Numerasi dengan Story Telling Komik Matematika (0)

Negara Mangkubumi October 28, 2021

Guru Memaknai Pendidikan Masa Kini

Kondisi negara di seluruh dunia akan adanya pandemi Covid19 secara massif mengubah tatanan kehidupan termasuk Indonesia. Pada bidang pendidikan, kebijakan WFH (Work From Home) menuntut seluruh stakeholder sekolah melakukan aktivitas dari rumah. Kebijakan ini dipertegas dengan aturan physical distancing yang mengakibatkan pembatasan antara guru dan siswa dengan melakukan pembelajaran dari rumah.

Pemberlakukan aturan ini berdampak pada perencanaan guru yang sebelumnya tatap muka, berubah total menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ). Adanya skenario pembelajaran jarak jauh, memaksa guru menjadi kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan peluang teknologi. Peranan teknologi tentu tidak akan pernah bisa menggantikan peran guru, tapi adanya teknologi akan memudahkan pekerjaan guru. Oleh karena itu, guru mata pelajaran secara serentak belajar bagaimana memanfaatkan teknologi yang sederhana tapi manfaatnya maksimal.

Terlebih berbicara mengenai mata pelajaran matematika, sebagian siswa akan mengerutkan dahi pertanda ada hal yang membingungkan bagi mereka. Matematika dikenal dengan materi abstrak yang penyampaiannya perlu diramu sedemikian rupa sehingga dapat tersampaikan dengan baik. Perlu inovasi dengan cara yang tidak biasa namun menyenangkan bagi siswa. Salah satunya adalah inovasi komik matematika ala video story telling.

Story telling komik matematika diinisiasi atas dasar siswa SMP dengan usia 13 – 15 tahun dengan karakter anak masa kini yang sangat menyukai gambar. Kerumitan bahan ajar matematika yang disampaikan membuat siswa kurang tertarik. Dengan mewadahi siswa membaca buku melalui cerita bergambar seperti komik diharapkan membuat siswa termotivasi mempelajarinya. Karena alur cerita yang runtut dan teratur memudahkan siswa untuk mengingatnya kembali.

Dari sinilah muncul gagasan inovasi komik matematika sebagai media pembelajaran untuk memfasilitasi gaya belajar siswa yang terlahir sebagai generasi Z.

Komik matematika “Cerita Duo R Seri Baju Baru” merupakan kisah tentang dua anak laki-laki kakak beradik yang lucu karena tingkah polosnya. Kisahnya diuraikan dengan apik bahkan tersaji dalam bahasa yang sederhana sehingga membuat siswa mudah memaknai isi cerita. Pada komik tersebut diinternalisasikan profil pelajar pancasila dan mengintegrasikan numerasi pada konteks aritmatika sosial. Adanya komik matematika akan membantu siswa memiliki pengetahuan, tidak hanya sebatas memahami pelajaran yang diberikan tapi juga memiliki keterampilan dan kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif. Sehingga media seperti komik dapat men-delivery dalam membangun konstruksi daya nalar siswa sebagai jembatan metakognisinya.

Preview Komik Matematika

Skema penyajian materi dimulai dari guru membagikan komik melalui Whatsapp (WA) Grup Kelas. Guru memanfaatkan whatsapp sebagai media komunikasi karena merupakan media chatting yang paling familiar bagi siswa. Dilanjutkan dengan guru memberikan kesempatan siswa untuk membaca dan menyimak. Selanjutnya guru memberi ruang kepada siswa untuk berdiskusi di WA Grup jika ada hal yang belum dipahami.

Skenario diskusi sebagai cara mengajak siswa untuk saling bertukar pikiran dan berkomunikasi tentang materi yang diberikan. Di akhir sesi pembelajaran, siswa diminta menyelesaikan soal tantangan yang disajikan pada komik matematika, kemudian di foto lalu dikirimkan melalui Whatsapp pribadi guru.

Penerapan Komik Matematika Pada Pembelajaran Daring
Penerapan Komik Matematika Pada Pembelajaran Jarak Jauh

Dari hal sederhana untuk sebuah perubahan yang luar biasa

Inovasi yang telah saya lakukan, bukan tentang seberapa canggih media yang dibuat tapi seberapa mudah dan sederhana media tersebut digunakan oleh siswa termasuk guru bidang studi lain jika hendak mengadopsinya.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar