4

Nama -nama Surga (0)

Ayuma Sofyati March 17, 2021

Kita mengenal Ibnu Qayyim Al-jauziyah, Beliau adalah ulama  Ahli  tafsir, Ahli hadis, penghafal Al-Qur’an, ahli ilmu nahwu, ahli ushul, ahli ilmu kalam ,  yang menjadi pewaris para nabi, yang menjadi sandaran dan rujukan para mufasir, penerjemah Al- qur’an,  sekaligus seorang mujtahid yang  bergelar syaihul islam ”

Nama asli beliau adalah Syamsuddin Abu Abdullah yang memiliki kapabilitas Ilmu sangat tinggi. Salah satu kitab yang di tulis beliau adalah Hādi al-Arwāh ila bilādi al-Afrāh, yang  di terjemahkan ke bahasa indonesia “ Tamasya ke Syurga “ 

Di dalamnya terdapat Bab yang mengupas sejumlah  nama-nama surga.Sebagaimana surga mempunyai banyak nama sesuai dengan sifat-sifatnya.  Yaitu;

  1. NAMA PERTAMA : AL-JANNAH (SURGA)

Nama ini mencakup negeri dan seluruh jenis kenikmatan, kelezatan, kebahagiaan, kesenangan, dan hal-hal yang menyejukkan mata. Al-jannatu ( surga) karena ia menutupi orang yang masuk ke dalamnya dengan pepohonan. 

Allah berfirman dalam surah Al- Mujadalah : 16 Yang artinya

 ” Mereka menjadikan sumpah-sumpah mereka sebagai perisai.” 

  1. NAMA KEDUA : DARUS SALAM ( NEGERI PENUH KESEJAHTERAAN)

Allah Ta’ala menamakan surga dengan nama yang demikian dalam firman-Nya dalam surah Al-An’am:127 yang artinya

 ” Bagi mereka (disediakan ) Darus -Salam pada sisi Tuhannya.”  

Dan surah Yunus : 25 yang artinya

 ” Dan Allah menyeru (manusia) ke Darus-Salam.”

Surga adalah negeri Allah dan nama Allah Subhanahu wa Ta’ala adalah As-Salam yang memberi keselamatan kepada surga dan kepada penghuniya

  1. NAMA KETIGA: DARUL KHULDI  (NEGERI ABADI)

Surah Shad : 54 yang artinya 

“Sesungguhnya ini adalah benar-benar Rizki dari kami yang tiada habis-habisnya.”

Surah Ar-Ra’ad: 35 yang artinya

 ” Buah-buahannya tidak pernah berhenti sedang naungannya ( demikian pula).”

Surah Al-Hijr: 48 yang artinya 

” Dan mereka sekali-kali tidak akan daripadanya.” (

  1. NAMA KEEMPAT : DARUL MUQAMAH ( TEMPAT KEDIAMAN)

Allah Ta’ala  berfirman menceritakan tentang penghuni Darul Muqamah dalam surah Fathir : 34-35 yang artinya 

Dan mereka berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita dari kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar maha pengampun lagi maha mensyukuri. Yang telah menempatkan kami dalam Darul Muqamah dari karunia-Nya ;di dalamnya kami tidak merasa lelah dan tidak pula merasa lesu.” 

  1. NAMA KELIMA: JANNATUL MA’WA ( SURGA TEMPAT TINGGAL ) 

Allah Ta’ala  berfirman dalam surah An-Najm: 15 yang artinya ” Di dekatnya ada Jannatul Ma’wa.” 

Surah An-Nazi’at : 40-41 yang artinya” Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya. Maka sesungguhnya Jannatul Ma’wa adalah tempat tinggalnya.”

  1. NAMA KEENAM : SURGA ADEN

Aden adalah salah satu nama dari nama-nama surga . Nama bagi keseluruhan surga dan semua surga namanya adalah Surga Aden. Allah berfirman dalam surah Maryam:61 yang artinya 

Yaitu surga -surga Aden yang telah di janjikan oleh Tuhan Yang Maha Pemurah kepada hamba-hamba-Nya, sekalipun surga tersebut tidak nampak (gaib). ” 

Surah Fathir : 33 Yang artinya” ( Bagi mereka) Surga Aden, mereka masuk kedalamnya , di dalam nya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutra.”

  1. NAMA KETUJUH : DARUL HAYAWAN ( NEGERI YANG SESUNGGUHNYA )

Allah Ta’ala berfirman dalam surat Al-Ankabut: 64 yang artinya ” Dan sesungguhnya Akhirat adalah kehidupan yang sebenarnya.” 

  1. NAMA KEDELAPAN : FIRDAUS

Allah Ta’ala berfirman dalam surah Al- mukminun: 10-11 Yang artinya ” Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi .(yakni ) yang akan mewarisi Surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.” 

Surah Al-Kahfi: 107-108 Yang artinya” Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal shaleh, bagi mereka adalah Surga Firdaus menjadi tempat tinggal . Mereka kekal di dalamnya, mereka tidak ingin pindah daripadanya.”

  1. NAMA KESEMBILAN: JANNATUN  NA’IM ( SURGA KENIKMATAN)

Allah Ta’ala  berfirman  dalam surah Luqman: 8 yang artinya  ” Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal shalih, bagi mereka Jannatun Na’im.” 

Jannatun Na’im merupakan nama surga yang mencakup keseluruhan surga karena ia menghimpun keseluruhan kenikmatan yang ada pada semua surga, mulai dari makanan, minuman, pakaian, gambar, aroma yang wangi, panorama yang indah, tempat tinggal yang luas dan kenikmatan-kenikmatan lainnya yang bisa dilihat dan yang tidak bisa dilihat

  1. NAMA KESEPULUH : Al-MAQAM AL- AMIN ( TEMPAT YANG AMAN )

Allah SWT berfirman dalam surah Ad-Dukhan : 51 yang artinya ” Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam Maqam Amin.” 

  1. NAMA KESEBELAS: MAQ’AD  SIDQ (Tempat yang di senangi) dan QADAM SIDQ ( PIJAKAN YANG DISENANGI)

Allah Ta’ala berfirman dalam surah Al-Qamar: 54-55 yang artinya ” Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam taman-taman dan sungai-sungai. Di Ma’qad Sidq di sisi Tuhan yang berkuasa.” 

Yang dimaksud dengan kehidupan yang sebenarnya pada ayat di atas adalah surga menurut pakar tafsir. Mereka berkata, ” Dan sesungguhnya Akhirat yakni surga negeri kehidupan yang tidak ada kematian di dalamnya.” 

 Semoga artikel ini bermanfaat ! 

About Author

Ayuma Sofyati

Saya adalah seorang guru di SMP Negeri 2 Pontang Kabupaten Serang Banten juga blogger . Senang menyerap ilmu dan senantiasa belajar belajar dan belajar karena saya adalah pembelajar .Guraru adalah salah satu wadah untuk menyerap ilmu. Salam sukses !

View all posts by Ayuma Sofyati →

Comments (4)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar