1

Nakal, yuk Nak! (+2)

Botaksakti May 17, 2013

Kehadiran internet, dalam banyak hal memang membuka berbagai kemungkinan. Seseorang bisa menjadi sangat terkenal dengan tiba-tiba gara-gara tingkahnya diunggah ke internet. Ambil contoh termutakhir, Psy dengan Gangnam Style-nya. Namun, kadang internet memunculkan kesedihan juga. Betapa ketika anak-anak ditugaskan membuat semacam kliping atau paper tertentu, dengan mudah dan ‘indah’nya mereka begitu saja mencomot dari internet.

Google memang menyediakan banyak hal. Dengan beberapa klik, banyak bahan maupun informasi bisa didapatkan. Bila guru kurang jeli dalam merumuskan tugas untuk siswanya, plus kurang jeli dalam mengamati hasil pekerjaan siswanya, boleh jadi pembelajaran ibarat ‘tipu-tipu’ semata. Guru asal memberikan tugas, dan siswa asal mengerjakan tanpa berpikir.

Untuk menghindarkan hal tersebut, belajar dari pengalaman saya, alangkah baiknya ketika memberikan tugas dipikirkan lebih dulu masak-masak. Hindari kemungkinan anak-anak sekedar copy paste. Caranya, mungkin bisa mengajak anak sedikit ‘nakal’. Nakal dalam arti membuka pikiran kreativitas seluas-luasnya. Misalnya saja, yang biasa saya lakukan, mengajak mereka memikirkan kemungkinan sebaliknya.

Sebagai contoh, dalam memahami drama. Kadang, anak-anak saya minta untuk membuat semacam ringkasannya tetapi dengan perwatakan, konflik, dan jalan cerita yang terbalik dari yang tersedia. Atau dalam memahami sebuah puisi, misalnya, anak-anak sering saya tantang untuk membuat puisi tandingan tetapi berkebalikan dengan maksud puisi di atas.

Dengan cara demikian, meski mereka bisa googling untuk pembahasan kedua hal di atas, tetapi mereka ‘dipaksa’ untuk berpikir, bahkan memproduksi sendiri dengan kreativitasnya. Sepertinya, cara ini bisa untuk merangsang mereka untuk tidak sekedar mengkopi paste, tetapi juga merangkai karya dengan bahasanya sendiri. Dengan kata lain, saya biasa mengatakan kepada mereka,”Nakal, yuk Nak!”. Selamat malam!

Tagged with:

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar