2

Nah, LKS kok pakai sebut merk! (+1)

Botaksakti November 28, 2013

LKS Koplak

Lagi-lagi, ini soal LKS yang digunakan di salah satu SD di Tangerang. Perhatikan baik-baik soal di atas. Ada yang menarik kah?

Ya, dengan jelas soal di LKS tersebut menanyakan tentang sebuah produk pembersih merk tertentu. Mungkin ini dimaksudkan untuk menanyakan tentang proses(wacana proses) karena ini LKS Bahasa Indonesia. Masalahnya adalah kenapa harus menyebut merk tertentu? Apakah ini pesanan? Atau memang produk tersebut menjadi sponsor diterbitkannya LKS tersebut?

Saya yakin tidak seperti itu. Bisa jadi ini semata-mata kekurangpahaman penulis LKS tersebut tentang etika penulisan sumber-sumber belajar macam ini.

Maka ingatan saya lagi-lagi melayang kepada ucapan seorang teman tempo hari. Katanya, nasib pendidikan dasar kita berada di titik paling mengenaskan. Banyak hal harus dibenahi di lingkungan pendidikan dasar kita. Guru-guru dengan kompetensi yang sangat minim, kurikulum yang bias, fasilitas yang kurang memadai, bahkan visi yang belum jelas.

Tanpa bermaksud menghakimi, pendapat tersebut agaknya benar. Bahwa konon LKS itu dibuat oleh para Penilik/ pengawas lagi-lagi mengundang keprihatinan yang luar biasa. Lha kalau pengawas saja kompetensinya seperti itu, bagaimana mungkin pendidikan dasar kita bisa menghasilkan lulusan yang baik?

Maka bertemu dengan beberapa guru SD dan SMP di guraru.org ini sungguh membahagiakan. Minimal kita bisa berharap, keadaan pendidikan dasar yang seperti itu tidak akan selamanya. Ada banyak guru yang begitu kompeten. Yuk, rekan-rekan guru SD dan SMP, kita semangati dan kritisi rekan-rekan kita yang masih terbelenggu paradigma masa lalu. Salam magrhrib!

Comments (2)

  1. Iya pak Isna, sungguh memprihatinkan. Seringkali yang ditanyakan itu tidak masuk akal, tidak sesuai dengan kompetensi. Bahkan ada yang simpang siur. Runyamnya, anak-anak terpaksa menghafalkan, dan agar nilai anak baik, kadang sudah diberitahu mana yang keluar di ulangan. Insya Allah Guraru dapat membuat LKS atau sejenisnya dan menjadi contoh. Materi dan pembahasannya ini kan bisa ditulis di blog pribadi. Terima kasih sharingnya pak, salam perjuangan. Insya Allah semua Guraru bisa.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar