2

Mudah, Menulis Rumus dengan Math Input Panel (0)

widarso pep November 9, 2020

Untuk Anda yang berprofesi guru atau instruktur matematika, tentu sudah terbiasa melihat lembaran kertas berisi berbagai soal matematika termasuk yang terkait dengan ekspresi matematika. Anda mungkin berfikir bahwa membuat soal persamaan matematika yang rumit menggunakan komputer itu sulit, terlebih lagi bila tidak mengetahui program atau aplikasi yang digunakan.

Untuk beberapa tahun lalu, hal ini bisa saja benar. Untuk saat ini, banyak aplikasi seperti paket Microsoft Office telah dilengkapi fitur untuk membuat ekspresi matematika. Sistem operasi Windows sendiri, dimulai dari Windows 7, juga memiliki aplikasi kecil bernama Math Input Panel untuk membuat ekspresi matematika dengan mudah.

Math Input Panel adalah aplikasi kecil yang cara pengoperasiannya menggunakan alat input seperti touch screen, external digitizer atau mouse. Membuat ekspresi matematika dengan alat input tersebut akan dikenali oleh aplikasi ini yang kemudian dapat disisipkan (insert) ke aplikasi lain seperti Microsoft Word atau Microsoft PowerPoint.

Math Input Panel memiliki beberapa tombol untuk memperbaiki kesalahan ketika membuat ekspresi matematika. Beberapa tombol tersebut adalah Write, Erase, Select and Correct, Undo, Redo dan Clear. Dengan semua tombol ini, Anda melakukan koreksi sebelum ekspresi matematika disisipkan ke aplikasi lain, misalnya Microsoft Word.

Math Input Panel ini sangat bermanfaat dan dapat meningkatkan produktivitas ketika harus membuat dokumen atau presentasi yang terkait dengan ekspresi matematika. Berikut ini adalah cara membuat ekspresi matematika dengan Math Input Panel dan menyisipkannya ke dokumen Microsoft Word:

Pada Windows 7, kita dapat menggunakan aplikasi Math Input Panel yang befungsi untuk membuat karakter matematika, berikut langkah-langkahnya.

  1. Klik menu Start
  2. Arahkan pointer mouse pada All Programs
  3. Klik Accessories
  4. Klik Math Input Panel, maka ditampilkan jendela aplikasi Math Input Panel
  5. Ketik persamaan pada kotak editor/input panel. Letakkan pointer pada kotak editor dengan menggunakan mouse, yaitu dengan melakukan drag. Hasilnya akan ditampilkan pada kotak preview

Untuk melakukan perbaikan, gunakan ikon yang terdapat di sebelah kanan lembar kerja, yaitu ikon Write, Erase, Select and Correct, Unda, Redo, dan Clear. Selain itu, kita dapat menggunakan menu yang tersedia, yaitu History (untuk melihat persamaan yang sebelumnya telah dibuat), options (pilian untuk melakukan pengaturan-pengaturan tampilan Math Input Panel), dan Help (menu bantuan). Tombol Close di kanan atas aplikasi ini berfungsi untuk menyembungikan aplikasi Math Input panel ke Tray System pada taskbar.

Karakter matematika yang telah dibuat tersebut dapat disispkan langsung ke lembar kerja Wordpad atau Micrsoft Word. Caranya dengan terlebih dahulu membuka lembar kerja Microsoft Word, kemudian tempatkan kursor pada lembar kerja tersebut, selanjutnya klik tombol insert yang terletak dibawah lembar kerja Input Math Panel.

Jika masih kebingungan, Silahkan dilihat di video tutorial berikut:

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar