2

MODUL PEMBELAJARAN LENGKAP SEMUA MATA PELAJARAN UNTUK JENJANG SMA KELAS X, XI, DAN XII 2021 (0)

Adit Tristian January 20, 2021

Dalam penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi seperti sekarang ini, para guru dituntut untuk mampu menyusun sumber belajar yang dikembangkan berdasarkan Kompetensi Dasar sesuai dengan mata pelajaran masing-masing. Di antara sumber belajar yang cukup efektif dan efisien untuk diberikan kepada siswa adalah modul.

Modul adalah satuan program belajar mengajar  yang terkecil, yang dipelajari oleh siswa sendiri secara perseorangan atau diajarkan oleh siswa kepada dirinya sendiri (self-instructional) (Winkel, 2009:472).

Modul pembelajaran adalah bahan ajar yang disusun secara sistematis dan menarik yang mencakup isi materi, metode dan evaluasi yang dapat digunakan secara mandiri untuk mencapai kompetensi yang diharapkan (Anwar, 2010).

Menurut Goldschmid, Modul pembelajaran sebagai sejenis satuan kegiatan belajar yang terencana, di desain guna membantu siswa menyelesaikan tujuan-tujuan tertentu. Modul adalah semacam paket program untuk keperluan belajar (Wijaya, 1988:128).


Vembriarto (1987:20), menyatakan bahwa suatu modul pembelajaran adalah suatu paket pengajaran yang memuat satu unit konsep daripada bahan pelajaran. Pengajaran modul merupakan usaha penyelanggaraan pengajaran individual yang memungkinkan siswa menguasai satu unit bahan pelajaran sebelum dia beralih kepada unit berikutnya.

Berdasarkan beberapa pengertian modul di atas maka dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran adalah salah satu bentuk bahan ajar yang dikemas secara sistematis dan menarik sehingga mudah untuk dipelajari secara mandiri.

Bukanlah perkara mudah untuk menyusun sebuah modul yang baik dan efisien, perlu kecermatan dan daya kreativitas yang tinggi untuk dapat menyelesaikannya.

Bagi Bapak/Ibu guru yang memiliki kendala dalam menyusun modul secara mandiri, Insya Allah di sini saya ingin membagikan kumpulan modul untuk semua mata pelajaran bagi siswa SMA. Modul ini merupakan referensi dari Kemendikbud melalui Direktorat SMA.

Berikut Contoh Tampilan Modul Bahasa Indonesia Kelas X:

PENDAHULUAN
A. Identitas Modul
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/2
Alokasi Waktu : 6 X 45
Judul Modul : Mengevaluasi dan Menyampaikan Pengajuan Penawaran serta Persetujuan dalam Teks Negosiasi
B. Kompetensi Dasar

  1. 10 Mengevaluasi pengajuan penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan maupun tulisan
  2. 10 Menyampaiakn pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulisan.
    C. Deskripsi Singkat Materi
    Komunikasi adalah hal yang selalu dilakukan manusia sebagai salah satu ciri makhluk sosial. Manusia dapat berbagi dan bertukar pikiran. Komunikasi juga dapat menjadi jembatan yang menghubungkan seseorang dengan orang lain untuk mencapai tujuan atau menyelesaikan persoalan tertentu. Sesuatu atau persoalan yang membuat rumit seseorang akan terasa ringan apabila dikomunikasikan, mengapa begitu seperti yang sudah diutarakan sebelumnya bahwa manusia adalah mahluk sosial memerlukan bantuan orang lain walaupun kadang hanya memberikan pendapat.
    Salah satu kegiatan komunikasi yang bertujuan untuk menyelesaikan masalah melalui suatu kesepakatan adalah negosiasi. Dua alat komunikasi yang dilakukan dalam negosiasi yaitu dilaksanakan secara lisan maupun tulisan. Pada modul ini kalian akan diajak untuk memahami teks negosiasi dalam hal mengevaluasi pengajuan penawaran dan persetujuan serta dapat menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tertulis.
    Pasti kalian tertarik bukan? Mari kita memulainya.
    D. Petunjuk Penggunaan Modul
    Supaya belajar kalian dapat bermakna maka yang perlu kalian lakukan adalah :
  3. Pastikan dan fokuskan apa yang akan Anda pelajari hari ini.
  4. Baca dan pahami Pendahuluan (Apersepsi) untuk membantu Anda memfokuskan permasalahan yang akan dipelajari.
  5. Cari refrensi/buku-buku teks yang terkait dengan topik/permasalahan yang Anda hadapi.
  6. jangan lupa browsing internet untuk mendapatkan pengetahuan yang up to date.
  7. Selalu diskusikan setiap persoalan yang ada dengan teman-teman dan atau guru.
  8. Persentasikan hasil belajar atau pemahaman kalian agar mermanfaat bagi orang lain.
    Pandangan Pengarang Terhadap Kehidupan dalam Novel_Bahasa Indonesia_ Kelas XII_KD 3.8
    @2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 6
    E. Materi Pembelajaran
  9. Kelebihan dan kekurangan isi penyampaian permasalahan, pengajuan, penawaran, dan persetujuan teks negosiasi.
  10. Penyampaian permasalahan, pengajuan, penawaran, dan persetujuan teks negosiasi
    Modul ini sangat bermanfaat bagi kalian. Kalian dapat lebih cermat dalam bernegosiaisi baik pembeli maupun penjual dalam bernegosiasi. Kecrmatan dan kemampuan dalam bernegosiasi memberikan kemuadahan kepada kalian berintraksi anatara penjual dan pembeli, atau sejenisnya. Jika ada kata-kata yang tidak dipahami, kalian dapat mencermati glosarium sebagai gambaran makna katanya. Kalian pasti bisa!

    KEGIATAN PEMBELAJARAN 1
    Kelebihan dan Kekurangan Isi Teks Negosiasi
    A. Tujuan Pembelajaran
    Halo bagaimana kabar kalian? semoga selalu sehat dan semangat, kita akan memulai belajar kembali melalui modul untuk KD 3.10 yaitu Teks Negosiasi yang merupakan KD pertama dalam semester 2.
    Setelah mempelajarinya diharapkan kalian dapat :
  11. Menemukan kekurangan dan kelebihan isi penyampaian teks negosiasi (permasalahan, pengajuan, penawaran, dan persetujuan) secara lisanmaupun tertulis
  12. Menjelaskan kekurangan dan kelebihan isi penyampaian teks negosiasi (permasalahan, pengajuan, penawaran, dan persetujuan) secara lisan maupun tertulis.
    B. Uraian Materi
    Pengertian Teks Negosiasi
    Teks Negosiasi adalah bentuk interaksi sosial yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan diantara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda. Kedua pihak yang melakukan negosiasi mempunyai hak terhadap hasil yang akan disepakati. Hasil akhir negosiasi harus mempunyai persetujuan dari semua pihak sehingga semua pihak menerima hasil akhir dengan kesepakatan bersama.
  13. Tujuan Teks Negosiasi
    a. Mencapai kesepakatan yang memiliki kesamaan persepsi, saling pengertian dan persetujuan.
    b. Mencapai penyelesaian atau jalan keluar dari masalah yang dihadapi secara bersama.
    c. Mencapai kondisi saling menguntungkan dan tidak ada yang dirugikan (win-win solution).
  14. Manfaat Teks Negosiasi
    Negosiasi bermanfaat untuk menciptakan jalinan kerja sama antara institusi, badan usaha, maupun perorangan dalam melakukan suatu usaha dan kegiatan bersama atas dasar saling pengertian.
  15. Ciri-Ciri Teks Negosiasi
    a. Menghasilkan kesepakatan (yang saling menguntungkan).
    b. Mengarah pada tujuan praktis.
    c. Memprioritaskan kepentingan bersama.
    d. Merupakan sarana untuk mencari penyelesaian.
  16. Jenis-Jenis Teks Negosiasi
    a. Negosiasi Berdasarkan Situasi
    1) Negosiasi Formal
    Negosiasi ini terjadi saat situasi sedang formal. Ciri-ciri negosiasi formal yaitu adanya perjanjian yang sah secara hukum. Karena itu pelanggaran terhadap perjanjian yang disepakati bisa menjadi perkara hukum. Contohnya yaitu negosiasi antar dua perusahaan.
    2) Negosiasi Non Formal atau Informal
    Negosiasi non formal terjadi kapan saja, dimana saja, serta dengan siapa saja. Karena negosiasi non formal tidak membutuhkan perjanjian khusus.
    b. Negosiasi Berdasarkan Jumlah Negosiator dengan Pihak Penengah
    Negosiasi dilakukan oleh 2 negosiator atau lebih dan pihak penengah. Negosiator saling memberikan argumentasi. Pihak penengah bertugas memberikan keputusan akhir di negosiasi itu. Contohnya yaitu sidang di pengadilan. Pihak penggugat dan pihak tergugat adalah pihak yang bernegosiasi. Sedangkan hakim sebagai pihak penengah.
    2) Negosiasi tanpa Pihak Penengah
    Negosiasi dilakukan oleh 2 negosiator atau lebih. Negosiasi dilakukan tanpa pihak penengah, sehingga keputusan negosiasi tergantung pada pihak yang bernegosiasi. Contoh negosiasi ini yaitu negosiasi antara perwakilan OSIS dan pihak sponsor.
    c. Negosiasi Berdasarkan Untung Rugi
    1) Negosiasi Kolaborasi (win-win)
    Dalam negosiasi kolaborasi, negosiator akan berusaha mencapai kesepakatan dengan menyatukan kepentingan masing-masing.
    2) Negosiasi Dominasi (win-lose)
    Di negosiasi dominasi negosiator memperoleh keuntungan besar dari kesepakatan yang dicapai. Sedangkan pihak lawan negosiasi memperoleh keuntungan lebih sedikit.
    3) Negosiasi Akomodasi (lose-win)
    Di negosiasi akomodasi, negosiator memperoleh keuntungan sangat sedikit bahkan rugi. Sedangkan pihak lawan negosiasi memperoleh keuntungan sangat besar bahkan mendapat 100% keuntungan. Kerugian ini disebabkan karena kegagalan negosiator dalam bernegosiasi sehingga tidak memperoleh keuntungan.
    4) Negosiasi Menghindari Konflik (lose-lose)
    Dalam negosiasi ini, kedua pihak menghindari konflik yang timbul. Sehingga kedua pihak tidak bersepakat untuk menyelesaikan masalah.
  17. Struktur Teks Negosiasi
    a. Orientasi : Kalimat pembuka, biasanya dibubuhi salam. Fungsinya memulai negosiasi
    b. Permintaan : Suatu hal berupa barang ataupun jasa yang ingin diblei oleh pembeli atau konsumen
    c. Pemenuhan : Pemenuhan hal berupa barang atau jasa dari pemberi jasa atau penjual yang diminta oleh pembeli atau konsumen
    d. Penawaran : Puncaknya Negosiasi terjadi tawar menawar
    e. Persetujuan : Keputusan antara dua belah pihak untuk penawaran yang sudah dilakukan
    f. Pembelian : Keputusan konsumen jadi menerima/menyetujui penawaran itu atau tidak
    g. Penutup : Kalimat penutup atau salam penutup

    Menemukan kelebihan dan kekurangan teks negosiasi
    Agar kalian dapat mengevaluasi kelebihan dan kekurangan teks negosiasi cermati contoh teks negosiasi berikut ini dan pamahamilah penjelasannya.
    Pihak Bank : “Selamat siang, pak. Silakan dudu”’.
    Pengusaha : “Selamat siang. Ya, terimakasih”.
    Pengusaha : ”‘Begini mbak. Saya mempunyai usaha-usaha furnitur. Saya ingin mengajukan proposal peminjaman uang”.
    Pihak Bank ; “Bisa saya lihat proposalnya?”
    Pengusaha : “Eeee… Silakan mbak”.
    Pengusaha :”Usaha ini sudah turun temurun dari kakek saya. Saya berencana memperluas penjualan sampai luar negeri. Karena sudah ada permintaan dari luar negeri”.
    Pihak Bank : “Begini pak. Untuk proposal ini tidak ada masalah , cuma untuk Rp 800.000.000,00 kami dari pihak bank tidak bisa memenuhinya. Pihak bank hanya sanggup memenuhi Rp 500.000.000,00 dengan bunga 5 %”
    Pengusaha : “Tidak bisa tambah mbak? Saya yakin usaha ini akan sangat sukses”.
    Pihak Bank : “Mungkin jika tambah sedikit bisa”
    Pengusaha : “Jika Rp 700.000.000,00 bagaimana mbak”?
    Pihak Bank : “Maaf pak, kami maksimal hanya mampu”. . . (pembicaraan di sela oleh pengusaha)
    Pengusaha : “Pokoknya saya mau Rp700.000.000,00! Usaha furnitur saya pasti akan sukses mbak, jangan khawatir”.
    Pihak Bank :” Maaf pak, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kami hanya bisa menyediakan Rp650.000.000,00”
    Pengusaha : “Eee… Baiklah mbak Rp 650.000.000,00 tidak apa-apa”.
    Pihak Bank : “Silakan pak menunggu sebentar”.
    Pihak Bank : “Ini pak uangnya Rp Rp 650.000.000,00 dengan bunga 5 %”.
    Pengusaha : “Iya mbak. Terimakasih. Selamat siang”.
    Pihak Bank : “Selamat siang”
    a. Kekurangan pada teks negosiasi di atas :
    Kekurangan
    Penjelasan
    Pengusaha bicara kurang sopan dan cenderung ngotot
    Pada saat bernegosiasi seharusnya menggunakan bahasa yang sopan, walaupun hasil negosiasi tidak sesuai dengan keinginan kita.
    Banyak mengucap kata “e” saat berbicara
    Terlalu banyak pengucapan “e” dapat mengurangi keyakinan pihak bank untuk memberi pinjaman kepada pengusaha.
    Pengusaha menyela pembicaraan pihak bank
    Saat negosiasi seharusnya pendapat/argumen disampaikan bergantian dan tidak boleh saling menyela

    b. Kelebihan dari teks negosiasi di atas
    Kelebihan
    Penjelasan
    Menghasilkan kesepakatan bersama yang tidak merugikan kedua belah pihak
    Teks negosiasi yang baik harus diakhiri dengan kesepakatan yang disetujui oleh kedua belah pihak tanpa merugikan mereka.
    Berargumen sesuai fakta
    Pihak bank menyampaikan argumen sesuai dengan fakta yaitu ketentuan peminjaman yang berlaku di bank tersebut.
    Memprioritaskan kepentingan bersama
    Pada akhirnya pengusaha mau mengalah dengan ketentuan yang telah ditetapkan pihak bank, hal tersebut membuktikan bahwa pengusaha lebih mementingkan kepentingan bersama.
    Pengajuan dan penawaran yang disampaikan oleh kedua belah pihak kelebihan dan kekurangannya dapat dibaca pada penjelasan di atas.
    Untuk meminimalkan kekurangan dalam bernegosiasi dan negosiasi dapat berjalan lancar antara lain adalah sebagai berikut:
  18. Menyesuaiakan pembiaraan kearah tujuan praktis;
  19. Mengakomodasi butir-butir perbedaan dari kedua belah pihak;
  20. Mengajukan pandanagan baru dan mengabaikan panadangan yang sudah ada tanpa memalukan kedua belah pihak;
  21. Mengalokasikan tugas dan tanggung jawab masing-masing;
  22. Memprioritaskan dan mengelompokan saran pendapat dari kedua belah pihak.
    C. Rangkuman
  23. Teks negosiasi adalah bentuk interaksi sosial yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan diantara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda. Teks negosiasi bertujuan untuk mencapai penyelesaian dan kesepakatan dari mereka yang memiliki tujuan yang berbeda tanpa merugikan salah satu pihak
  24. Teks negosiasi memiliki ciri-ciri seperti: menghasilkan kesepakatan, mengarahkan pada tujuan yang praktis, memprioritaskan kepentingan bersama.
  25. Teks negosiasi dibagi menjadi beberapa jenis seperti negosiasi berdasarkan situasi yang terdiri atas negosiasi formal dan negosiasi informal, negosiasi berdasarkan jumlah negosiator yang terdiri atas negosiasi dengan pihak penengah dan negosiasi tanpa pihak penengah, dan negosiasi berdasarkan untung rugi yang terdiri atas negosiasi kolaborasi, negosiasi dominasi, negosiasi akomodasi, dan negosiasi menghindari konflik
  26. Teks negosiasi memiliki struktur seperti orientasi, permintaan, pemenuhan, penawaran, persetujuan, pembelian, dan penutup.

    D. Latihan Soal
  27. Bacalah teks negosiasi berikut ini dengan seksama!
  28. Kerjakan soal dibawah ini dengan menuliskan kekurangan dan kelebihan dari penyampaian negosiasi sesuai dengan isi dan cara bernegosiasi serta berikan penjelasannya!
    a. Kekurangan penyampaian negosiasi
    No
    Bagian Isi Teks
    Kekurangan
    Penjelasan
    1
    Permasalahan
    2
    Pengajuan
    3
    Penawaran
    4
    Persetujuan
    Pak Bagus memiliki tetangga baru di depan rumah bernama Pak Bagas yang membuka usaha bengkel las. Suara bengkel tersebut mengganggu bayi Pak Bagus yang butuh istirahat saat siang.
    Pak Bagus: “Selamat siang, Pak Bagas. Maaf, saya mau membahas tentang suara bengkel Bapak yang mengganggu istirahat siang bayi saya.”
    Pak Bagas: “Oh, iya, Pak Bagus. Saya minta maaf karena sudah mengganggu Bapak. Saya sedang mengusahakan untuk mengganti mesin las ini dengan yang baru. Suara mesin las baru lebih kecil dibandingkan dengan yang lama.”
    Pak Bagus: “Oh, begitu. Terima kasih sudah mempertimbangkan hal tersebut, Pak. Saya meminta maaf karena telah datang dan menegur Pak Bagas seperti ini.”
    Pak Bagas: “Tidak apa-apa, Pak, tidak masalah. Memang sudah seharusnya usaha saya tidak mengganggu siapapun. Namun, saya juga mempunyai solusi untuk Bapak. Pak Bagus dapat memindahkan bayi Bapak ke ruang yang letaknya lebih di dalam.”
    Pak Bagus: “Iya, Pak, nanti saya akan memindahkan bayi saya ke ruang belakang. Terima kasih sudah memahami kondisi saya, Pak.”
    Pak Bagas: “Sama-sama, Pak.”

    b. Kelebihan penyampaian negosiasi
    No
    Bagian Isi Teks
    Kelebihan
    Penjelasan
    1
    Permasalahan
    2
    Pengajuan
    3
    Penawaran
    4
    Persetujuan
    Simpulan cara bernegosiasi yang baik

Adapun modul dapat langsung diunduh pada link berikut:

Mata Pelajaran PPKN>> https://drive.google.com/drive/folders/1T1Y848g4Q6k31OG0PSuGWFxhWGwXDCts
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia>>https://drive.google.com/drive/folders/1JjZQajVXx48eLqwswiAdHyw3H91ITi2I
Mata Pelajaran Matematika>>http://drive.google.com/drive/folders/1mbgxxYZ05SmenwpllgXIgBfjqs546aj0
Mata Pelajaran Sejarah Indo>>http://drive.google.com/drive/folders/1Sot5SsJcMGyG5UqN1xJaGgYLzcyEXEdW
Mata Pelajaran Bahasa Inggris>>https://drive.google.com/drive/folders/1hxxGgGF7Lhbqtmy-xmSPRrhZspd2D_uV
Mata Pelajaran Seni Budaya>>https://drive.google.com/drive/folders/1JjqXpksarGPPHTsWNk6OPIHHwOlZT6RP
Mata Pelajaran Penjasorkes>>https://drive.google.com/drive/folders/1GARRL8qdsdl4UcxL_HeIGtxIt5Lg9BPm
Mata Pelajaran PKWU>>https://drive.google.com/drive/folders/1EHRUe9aoSaw8AZuR_9UVq0XGO-fOzzEO
Mata Pelajaran Biologi>>https://drive.google.com/drive/folders/1dkw1YhOiSC-i7jsHjmYYJszr9-2o_ep4
Mata Pelajaran Fisika>>https://drive.google.com/drive/folders/1rTp3Q56V-s9awEgocDtnaL8TvRHfml0K
Mata Pelajaran Kimia>>https://drive.google.com/drive/folders/1K0wskdicNln13IKL3vwrLzQ3k0qaOFcB
Mata Pelajaran Sejarah Peminatan>>https://drive.google.com/drive/folders/17OZzToYzBbdJc0am_D-IQHs1Bkm4SFwx
Mata Pelajaran Sosiologi>>https://drive.google.com/drive/folders/1br-5iYVEaibfaXCNVPOeyo9xKHZ2kvC0
Mata Pelajaran Geografi>>https://drive.google.com/drive/folders/1I4uhau4N7QT7rYZZj-5FvogTPeWDM9p8
Mata Pelajaran Ekonomi>>https://drive.google.com/drive/folders/1l5932jzREZPJWS09iFopHeAIUms7OVX3

Demikian modul yang dapat saya sharing, semoga bermanfaat dan memudahkan bagi Bapak/Ibu dalam melaksanakan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)/ Belajar dari Rumah (BDR). 🙏

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar