11

Model UH versi saya ! (+5)

Muhamad Fajri Firdaus March 3, 2014

Ini adalah semester kedua saya menjadi guru di SMP al karomiyah jakarta ( ada yang tau tidak? ). Jujur saja, dengan pengalaman yang sangat minim saya kesulitan menguasai murid-murid saya di kelas. Apalagi anak-anak murid saya memiliki behavior yang ekstra WOW !

Saya hampir tidak bisa menerangkan materi, karena anak-anak cepat bosan. Alih-alih mendapatkan perhatian malah saya bisa di cuekin lagi. Tentu sebagai guru saya tidak ingin hal itu terjadi. Akhirnya saya memutar otak bagaimana memaksa anak murid untuk berpikir ! benar, saya paksa mereka.

Setelah beberapa kali melawati proses KBM, saya memutuskan bahwa tanggal 24 fer kemarin adalah tanggal UH1. Tentu jika saya memberikan soal UH yang mainstream yang ada malah bisa jadi ajang menyontek, lirik-lirik, dan lainnya. Jadi saya memutuskan untuk merubah model soal yang di berikan. Yaitu dengan Model Esay.

Pada UH tersebut saya hanya memberikan 2 buah soal, dengan kriteria pengerjaan adalah sesuai dengan pemahaman dan kreativitas mereka. Ya, bisa di bilang mengarang cerita. 1 soal saya paksa mereka untuk menulis dengan jumlah 1 halaman kertas. Tentu mereka kaget, mengeluh, dan berkata “gak bisa kak” – “banyak banget”. Namun, saya tetap meyakinkan mereka pasti bisa selesai, dan jangan lupa gunakan kreativitas dan pemahamana agar soal itu terjawab dengan baik.

Untuk membantu mempermudah mereka, saya izinkan mereka membuat buku dan online via HP ( online ini sebenarnya tidak baik, tapi saya izinkan agar mereka belajar mencari ). Walaunpun saya tidak mengijinkan mereka untuk diskusi, tapi mau tidak mau hal ini terjadi. Saya pikir ya biar lah, mau nyontek juga tidak bisa, sama-sama pusing, dan kalau sama isinya saya kasih “0”.

Dan ternyata isinya cukup bagus, secara jumlah mayoritas murid bisa memenuhinya ( tujuan ke 1 ). Walau saya belum memeriksa hasil pekerjaan mereka, mudah-mudahan isinya tidak asal-asal.

Adapun tujuan dari saya menerapkan model seperti ini adalah :

1. memaksa siswa yakin mampu mengerjakan pekerjaan yang banyak

2. memaksa siswa berpikir.

3. mengajarkan siswa untuk mencari informasi apa yang harus di tulis, sesuai dengan apa yang di minta.

4. memberikan siswa ruang untuk bebas berkreasi

ya syukur alhamdullilah ini terlaksana dengan baik, walau belum sempurna 😀

Comments (11)

  1. Untuk mengubah dan mempertahankan behavior siswa tentu kita harus mampu menguasai kelas dasarnya ilmu paedagogis (metode,strategi dan pendekatan), selanjutnya coba ikuti nasehat pak sukani bahwa ada jurus jitu untuk mempertahankan behavior/prilaku siswa agar baik terus, dengan menggunkan classdojo (kita langsung memberikan nilai negative-positive sesuai kemauan kita mau seperti apa yang kita inginkan termasuk absensi otomatis)

    Gara-gara workshop dengan pak sukani 30 guru di SMPN 14 Depok membeli android dan ramai-ramai mendaftar di http://www.classdojo.com/ sebagai teacher. mendaftarnya lewat laptop ya pak agar input data import dari excel, kalau dari android harus input nama siswa satu-satu, dan sekarang dengan 1 jari jika ada anak berprilaku baik tinggal klik, berprilaku buruk tinggal klik dan hasilnya ada raport-nya… pokoknya seru, seseru pak sukani itu

  2. Soal UH memang uraian bisa jawaban pendek, panjang, atau pendpt. Ulangan dg bahan banyak pd akhir semester baru boleh dicampur dg soal pilihan. UH salah satu bentuk evaluasi. Evaluasi hrs variasi dan ikuti silabus yg tlh dirumuskn bersama di sekolah. Ada nilai lisan, tugas dll. Cara pak Sukani itu bagus masukkan sbg alternatif. Sip salam perjuangan.

  3. oke boleh nanti saya daftar di classdojo.co, seru kayanya..

    saya membaut soal ini sesuai sama dengan apa yang telah di ajarkan, melalui praktek di lab, mengerjakan LKS, dan juga saat saya menerangkan.

    saya tidak terlalu mengincar nilai tapi untuk menumbuhkan minat dulu agar mau belajar itu saja. dan cukup bagus anak-anak lebih antusias…

    iya mungkin kedepannya saya mengacu kepada silabus, di tahun pertama ini mungkin cara saya mengajar masih coba-coba, tapi saya terus mengevaluasi diri agar kedepan lebih baik..

    semoga dapat mencerahkan diri saya bermain di guraru 😀 butuh saran dari guru-guru senior

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar