1

Model Pembelajaran Kooperatif Learning Tipe Jigsaw (0)

Zubaili January 29, 2021

Model pembelajaran merupakan suatu teknik pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajarkan suatu materi pelajaran tertentu. Sehingga dengan model pembelajaran yang tepat tercapai lah tujuan pembelajaran yang diharapkan. Dalam memilih sebuah model pembelajaran terlebih dulu, guru harus melihat kondisi siswa, sarana/ prasarana, dan materi pelajaran. Sehingga model yang diterapkan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Salah satu model pembelajaran yang sering digunakan guru adalah model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw. Menurut bahasa Jigsaw berasal dari bahasa Inggris yaitu gergaji ukir. Model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw juga mengambil pola cara bekerja seperti sebuah gergaji ( jigsaw). Guru menyuruh siswanya untuk melakukan sesuatu kegiatan belajar yang sesuai dengan materi ajar, dengan cara saling bekerja sama dengan siswa lain untuk mencapai tujuan bersama.

Adapun Sintaks Model pembelajaran kooperatif learning tipe jigsaw, sebagai berikut:

1. Membentuk kelompok yang heterogen. Setiap kelompok terdiri dari 4-6 orang.

2. Memberikan materi atau soal kepada tiap orang dalam kelompok, diberikan sub topik yang berbeda.

3. Setiap kelompok membaca dan mendiskusikan sub topik masing-masing yang diberikan guru, dan menetapkan anggota ahli yang akan bergabung dalam kelompok ahli.

4. Anggota ahli dari masing-masing kelompok berkumpul dan mengintegrasikan semua sub topik yang telah dibagikan oleh guru sesuai dengan banyaknya kelompok.

5. Kelompok ahli berdiskusi untuk membahas materi atau topik yang diberikan dan saling membantu untuk menguasai dan memahami topik tersebut.

6.Setelah memahami materi, kelompok ahli menyebar dan kembali ke kelompok asal masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang telah didiskusikan tadi kepada anggota kelompoknya.

7. Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka.

8. Guru memberikan tes individual pada akhir proses pembelajaran tentang materi yang telah didiskusikan tadi.

9. Siswa mengerjakan tes individual atau kelompok yang mencakup semua topik yang telah dibahas dan diskusikan tadi.

Kelebihan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw:

1. Membantu dan mempermudah pekerjaan guru dalam mengajar, karena sudah ada tim ahli yang bertugas untuk menjelaskan materi kepada rekan-rekannya.

2.Pemerataan penguasaan materi dapat dicapai dalam waktu yang lebih singkat.

3.Metode pembelajaran tipe jigsaw dapat melatih siswa untuk lebih aktif dalam belajar, dan mengasah keterampilan mereka dalam berbicara dan berpendapat.

Kekurangan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw:

1. Pembelajaran ini menggunakan sistem tutor sebaya, pembelajaran dilakukan oleh teman sendiri, ini akan menjadi kendala karena perbedaan persepsi dalam memahami konsep yang akan diskusikan bersama siswa lain.

2. Tidak semua siswa memiliki rasa percaya diri dalam berpendapat/berbicara saat menyampaikan materi kepada temannya.

3. Butuh waktu yang cukup dan persiapan yang matang sebelum menggunakan model pembelajaran ini, sehingga bisa berjalan dengan baik.

4. Penerapan model pembelajaran ini terasa lebih sulit jika dalam satu kelas jumlah siswanya cukup banyak. (Misal Satu kelas siswanya berjumlah sampai 50 siswa).

Semoga Tulisan ini bermanfaat. Terima kasih!

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar