0

Metode Pembelajaran 5.0 Mendukung Transformasi Digital (0)

Pengelola Guraru July 21, 2022

Perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat semua sektor harus siap menghadapi perubahan yang ada, terutama dalam sektor pendidikan. Pendidikan memiliki peran penting dalam perkembangan dunia karena turut memajukan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Dulu, pembelajaran hanya dilakukan secara tatap muka, tapi sekarang pembelajaran bisa dilakukan secara daring di mana saja dan kapan saja. Terjadinya perubahan dalam sektor pendidikan akan membentuk generasi yang kreatif, inovatif, dan kompetitif.

Dalam menghadapi revolusi tersebut, pentingnya peran dari semua komponen pendidik untuk menyukseskan pendidikan 5.0. Rekan guru masih bingung mengenai metode pembelajaran 5.0? Yuk, simak info lebih lanjut di bawah ini.

Apa itu Metode Pembelajaran 5.0?

Pendidikan menjadi salah satu sektor yang terdampak pandemi Covid-19. Kondisi ini turut mempercepat proses kemajuan peradaban baru yang berbasis teknologi. Salah satu bentuk perubahannya adalah terjadinya proses transisi era society 4.0 menuju society 5.0. 

Society 5.0 pertama kali dikenalkan oleh pemerintah Jepang pada tahun 2019 sebagai proses kolaborasi antara manusia dan teknologi. Revolusi ini diharapkan agar manusia dapat menyelesaikan berbagai tantangan dengan memanfaatkan inovasi yang lahir di era 4.0 dan berpusat pada teknologi.

Metode pembelajaran 5.0 berkaitan erat dengan pengaplikasian teknologi sehingga para pendidik dan peserta didik dituntut paham digital (internet of think). Oleh karena itu, diperlukan pendidikan mengenai kecakapan hidup yaitu mampu berpikir kritis, bernalar, kreatif, komunikatif, kolaboratif, dan memiliki kemampuan problem solving. Diharapkan juga dapat memiliki karakter yang mencerminkan Pancasila yaitu rasa ingin tahu, inisiatif, kegigihan, mudah beradaptasi, memiliki kepedulian sosial dan budaya, serta jiwa kepemimpinan. 

Wawasan dari tenaga pendidik dinilai sangat penting karena kegiatan pembelajaran tidak lagi hanya berfokus pada satu sumber, yaitu buku. Tenaga pendidik harus berkembang untuk menerima dan memanfaatkan informasi dari berbagai sumber seperti media sosial, youtube, e-book, atau film. Pembelajaran juga diharapkan menggunakan metode hybrid learning atau blended learning.

Baca juga: Solusi Jelajah Ilmu Agar Komunikasi Guru dan Orang Tua Berjalan Lancar 

Peran Metode Pembelajaran 5.0

Metode pembelajaran 5.0 membuat cara pandang dunia pendidikan berubah. Bukan hanya dari perubahan cara mengajar, namun juga perubahan dalam pendekatan serta penerapan nilai karakter oleh pendidik. Berikut peran metode pembelajaran 5.0 yang harus Anda ketahui:

  • Ciptakan pendidikan yang berkualitas

Di era ini metode pembelajaran 5.0, pendidik akan lebih berperan sebagai learning material provider yang berfokus sebagai tutor, fasilitator, penginspirasi, serta pembelajar sehingga terciptanya tujuan dari Kurikulum Merdeka. Kurikulum ini tidak hanya meningkatkan layanan pendidikan saja, tetapi juga memenuhi dan memperbaiki infrastruktur platform teknologi di sekolah.

  • Memajukan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)

Metode pembelajaran 5.0 memiliki kontribusi maksimal dalam pengembangan SDM. Dalam menciptakan SDM yang berkualitas, tenaga pendidik memiliki peran penting sehingga harus memiliki skill yang baik dan mumpuni dalam mengajar. Siswa akan mendapatkan pendidikan mengenai 4C (Creativity, Critical Thinking, Communication, Collaboration).

  • Memajukan Kegiatan Pembelajaran

Berkembangnya teknologi di bidang pendidikan membuat pendidik harus bersiap untuk segala informasi baru yang ada. Dalam metode pembelajaran 5.0, pendidik harus bisa memilah informasi yang didapatkan melalui internet sehingga bisa menjadi bahan ajar yang baik. Kegiatan pembelajaran juga menjadi lebih fleksibel karena bisa dilakukan melalui HP atau laptop yang terhubung melalui internet.

Baca juga: Apa itu Learning Management System dan Manfaatnya Bagi Pendidikan

Untuk mendukung nilai-nilai dalam metode pembelajaran 5.0 dan Kurikulum Merdeka, Acer Indonesia mengundang sekolah Anda untuk mengikuti Acer Smart School Awards (ASSA) 2022. 

ASSA 2022 merupakan penghargaan nasional bagi dunia pendidikan tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK dengan kriteria penilaian utama yaitu Kepemimpinan, Kurikulum & Sumber Daya Pembelajaran, Guru & Pengajaran, Siswa & Orang Tua, Evaluasi & Pengembangan Kemampuan Siswa, Manajemen & Aturan Operasional, serta Lingkungan Sekolah Sehat & Aman. 

Acer Smart School Awards juga mempersiapkan Jelajah Ilmu Academy sebagai program pelatihan gratis dan bersertifikat bagi tenaga pendidik Indonesia. Registrasi ASSA 2022 akan ditutup pada 31 Juli 2022. Tata cara pendaftaran bisa Anda lihat melalui link https://www.youtube.com/watch?v=dcLoHPx-3LE Untuk registrasi/pendaftaran, silakan kunjungi link berikut ini: https://bit.ly/ASSA_SmartschoolRegister 

Mari daftarkan sekolah Anda dan menangkan total hadiah lebih dari Rp500 juta untuk kategori pemenang School of the Year, Kepala Sekolah Inspiratif, dan Guru Kreatif. Bersama Acer, wujudkan transformasi digital untuk pendidikan yang berkualitas di Indonesia!

Temukan informasi selengkapnya di  https://www.acersmartschool.id/ atau hubungi narahubung di 087781813030 (Admin Acer Smart School Awards).

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar