0

Metafora Visual: Pendidikan Kimia Tetrahedral (0)

Agus Wahidi, M.Pd April 28, 2021

Sebagai pendidik kimia, apakah kita terjebak dalam beberapa praktik bersejarah “kimia” pendidikan yang mungkin telah kita alami sebagai siswa? Apakah kita mempersempit bidang penglihatan untuk menyajikan rincian rumit dari zat kimia dan Reaksi? Apakah tujuan pembelajaran kursus dan program kami cukup menggabungkan kebutuhan siswa untuk memahami mengapa mereka harus peduli dengan kandungan “kimia” mereka menerima? Memahami cara menghadirkan “kimia” secara efektif secara otentik kepada siswa, termasuk koneksi manusia multifaset dari disiplin ilmu, telah memotivasi benang penting dari penelitian dan praktik saya selama lebih dari Dekade. Mengetahui bahwa metafora dapat mempengaruhi serta mencerminkan praktik, saya telah mendorong penekanan yang lebih kuat pada aktivitas manusia dalam pendidikan kimia melalui metafora visual dan konseptual baru – pendidikan kimia tetrahedral [1]. Bagaimana bentuk tetrahedral berhubungan dengan perpindahan dari “kimia” ke “kimia” Pendidikan? Pendidik kimia telah menunjukkan bahwa siswa perlu bertemu kimia pada tingkat pemikiran yang berbeda untuk mendapatkan pemahaman yang kaya tentang kimia zat dan reaksi. Untuk mengatasi pola pembelajaran manusia, Johnstone, Gabel, dan lainnya [2] telah mengusulkan tiga tingkat pemikiran yang diterima secara luas yang diperlukan untuk belajar kimia: simbolis atau representasi (simbol, persamaan, perhitungan), makroskopis (berwujud, terlihat, laboratorium), dan molekul atau submikroskopis. Ini sering diwakili sebagai segitiga tingkat pemikiran diperlukan untuk penguasaan kimia. Seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1.1,

Gambar 1.1 Pendidikan kimia Tetrahedral (b), sebagai perpanjangan dari segitiga berpikir tingkat (a), membuat fokus pada aktivitas manusia dalam belajar dan mengajar kimia lebih intensif dan terjangkau siswa.

metafora visual pendidikan kimia tetrahedral memperluas segitiga tingkat kimia yang menarik ke dimensi ketiga, di mana vertex keempat mewakili konteks untuk kimia. Dimensi visual baru ini menekankan perlunya situate konsep kimia, representasi simbolis, dan zat kimia dan proses dalam konteks otentik manusia yang menciptakan zat, budaya yang menggunakannya, dan siswa yang mencoba memahaminya. The metafora pendidikan kimia tetrahedral telah diadaptasi dan diperpanjang berbagai inisiatif untuk mengartikulasikan dan mendukung pendekatan terhadap kurikulum yang latar depan konteks manusia untuk kimia .

Pendidikan kimia tetrahedral menyiratkan mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan beragam kelompok siswa yang kami layani dengan kursus kimia, dan transisi dari penekanan pada pengajaran terhadap apa yang dikatakan penelitian tentang strategi yang efektif dan pendekatan untuk membantu siswa belajar, dan belajar kimia. Apa aspek aktivitas manusia dari kimia pengajaran dan pembelajaran yang dibutuhkan perhatian yang sedang berlangsung?

Pendidikan kimia tetra hedral ini menjembatani antara fakta dan teori yang terjadi. Anak-anak difasilitasi untuk mengkritisi kehidupan sehari-hari yang familiar untuk diproyeksikan dalam pembalajaran kimia. Anak-anak setiap bersinggungan langsung dengan oksigen atau udara yang dapat diproyeksikan dalam pembelajaran kimia.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar