0

Merumuskan Tujuan Pembelajaran yang Baik dengan Formula ABCD (0)

Pengelola Guraru September 22, 2022

Sebagai seorang pendidik, tentunya guru harus mengetahui apakah kegiatan belajar mengajar yang dilakukan sudah berjalan dengan baik atau tidak. Kegiatan belajar mengajar yang baik akan membuat siswa lebih memahami dan menguasai materi ajar. Hal ini dapat diukur dengan cara menyusun tujuan pembelajaran yang mengacu pada kompetensi dasar dan indikator pencapaian.

Lalu, bagaimana cara merumuskan tujuan pembelajaran yang baik? Simak infonya berikut ini.

Pengertian Tujuan Pembelajaran ABCD

Sebelum mempelajari cara merumuskan tujuan pembelajaran, ada baiknya Anda mengetahui lebih dahulu pengertian tujuan pembelajaran. Rekan guru yang sudah pernah membuat Rencana Program Pembelajaran (RPP) pasti tidak asing dengan tujuan pembelajaran yang harus dicapai siswa.

RPP yang dirancang oleh guru adalah sebuah dokumen untuk mencapai tujuan pembelajaran akademis. Tujuan pembelajaran merupakan arah yang ingin dituju dari keseluruhan rangkaian aktivitas pembelajaran di sekolah. Dalam tujuan pembelajaran, akan diketahui apakah siswa menguasai materi ajar dengan baik atau tidak.

Menyusun tujuan pembelajaran adalah hal penting karena akan memberi petunjuk dalam pemilihan materi ajar, strategi, model, metode, dan media yang akan digunakan dalam KBM. Tujuan pembelajaran yang baik mengacu pada formula ABCD, yaitu (Audience, Behavior, Condition, dan Degree). Unsur pokok tujuan pembelajaran ABCD akan dirumuskan dalam bentuk perilaku kompetensi yang spesifik, aktual, dan terukur.

Baca juga: Merancang Game Based Learning (GBL)

4 Unsur Pokok Tujuan Pembelajaran

Menyusun tujuan pembelajaran yang baik dan lengkap merupakan hal yang sangat krusial bagi para pendidik agar bisa memberi petunjuk dalam kegiatan belajar mengajar. Berikut Guraru jelaskan mengenai 4 unsur pokok tujuan pembelajaran.

  1. Audience (A)

Salah satu unsur pokok tujuan pembelajaran adalah Audience yang merupakan subjek sekaligus objek dalam pembelajaran. Audience dalam tujuan pembelajaran adalah para peserta didik. 

Dalam pembelajaran harus dijelaskan siapa siswa yang mengikuti kegiatan belajar mengajar. Keterangan mengenai siswa yang akan menjadi kelompok sasaran pembelajaran diusahakan harus spesifik agar tujuan pembelajaran berjalan dengan optimal.

  1. Behavior (B)

Tujuan pembelajaran berikutnya adalah Behavior, merupakan perilaku yang diharapkan pada siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Bagian penting dalam merumuskan perilaku ini adalah kalimat aktif transitif. Kalimat aktif transitif adalah kata kerja yang memerlukan objek setelah kata kerja tersebut. Contoh kata kerja tersebut seperti menyebutkan, menganalisis, menyusun, dll.

Unsur Behavior sangat penting dalam tujuan pembelajaran karena tanpa perilaku yang jelas, unsur yang lain menjadi tidak bermakna. Oleh karena itu, tanpa adanya perilaku atau aktivitas dari peserta didik maka pembelajaran tidak dapat dilakukan.

  1. Condition (C)

Dalam tujuan pembelajaran, Condition merupakan keadaan peserta didik sebelum dan sesudah melakukan aktivitas pembelajaran. Selain itu, Condition juga termasuk persyaratan yang harus dipenuhi agar perilaku peserta didik dapat sesuai dengan tujuan pembelajaran. Perumusan Condition ditulis dalam bentuk kata kerja yang mencakup aktivitas siswa untuk mencapai suatu perubahan perilaku sesuai tujuan pembelajaran.

Baca juga: Mengenal Cyber Pedagogy

  1. Degree (D)

Degree merupakan batas minimal tingkat keberhasilan yang harus dipenuhi dalam mencapai perilaku yang diharapkan. Tingkatan dalam unsur ini bergantung pada bobot materi yang akan disajikan dan menilai sejauh mana penguasaan siswa dalam memahami materi ajar serta menunjukan suatu tingkah laku.  Siswa dengan nilai di bawah batas minimum akan dianggap belum mencapai tujuan pembelajaran sehingga guru harus mengadakan evaluasi untuk menangani hal ini.

Demikian penjelasan mengenai tujuan pembelajaran dengan unsur ABCD. Semoga dengan diterapkan tujuan pembelajaran ABCD akan menghasilkan proses belajar mengajar yang berkualitas bagi anak bangsa. Apakah rekan guru mempunyai pengalaman dalam membuat tujuan pembelajaran ABCD? Yuk, share.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar