9

Merayakan dan Memaknai Hari Guru Nasional 2020 (0)

Pengelola Guraru November 25, 2020

Pada hari ini, tepatnya 25 November adalah peringatan Hari Guru Nasional 2020. Ini menjadi momen penghormatan untuk guru yang sudah mendedikasikan dirinya mengajarkan ilmu kepada generasi penerus bangsa. 

Ada banyak kisah yang dimiliki Guraru selama menjalani profesi sebagai guru, bukan? Namun begitu, kegigihan menjadi guru layak diapresiasikan, maka tercetuslah Hari Guru Nasional. 

Awal Lahirnya Hari Guru Nasional  

Berawal dari berdirinya organisasi yang didirikan para guru pribumi di zaman Belanda tahun 1912, bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Anggotanya merupakan guru-guru bantu, guru desa, kepala sekolah hingga pemilik sekolah yang memiliki semangat juang memberi ilmu di sekolah-sekolah Tanah Air.

Kemudian di tahun 1932, nama organisasi ini berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Setelah kemerdekaan 17 Agustus 1945, para pengurus dan anggota PGI menyelenggarakan Kongres Guru Indonesia di Surakarta pada tanggal 24-25 November 1945. Saat itulah, nama organisasi PGI berubah menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). 

Pada tahun 1994, berdasarkan keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, pemerintah Indonesia telah menetapkan hari lahir PGRI yaitu 25 November sebagai Hari Guru Nasional. Peringatan ini lahir sebagai bentuk penghormatan bangsa Indonesia atas profesi guru.

Semangat Guru di Era Digital

Kehadiran Guraru (Guru Era Baru), yang berarti guru di era digital, mengajak guru Indonesia agar semangat menghadapi tantangan terhadap perkembangan teknologi. Di satu sisi para murid pun menghadapi dunia digital dalam kehidupan sehari-hari mereka. Oleh karena itu, dunia pendidikan dituntut untuk beradaptasi dengan dunia digital. 

Terutama di masa pandemi COVID-19 ini, semuanya belajar serba online atau disebut PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh). Seperti kelas virtual melalui video conference call serta membagikan dan mengirimkan tugas sekolah melalui berbagai platform digital. Bahkan guru ditantang membuat materi belajar yang menarik, seperti presentasi powerpoint yang atraktif hingga video animasi sederhana.

Ayo Meriahkan dengan Mengikuti Lomba KeJaRu!

Guraru-ers, jangan lupa meriahkan Hari Guru Nasional ini dengan mengikuti lomba KeJaRu (Kenapa Jadi Guru) yang berlangsung hingga 30 November 2020. Lomba ini mengajak Anda bernostalgia ke masa lalu tentang apa yang membuat Anda bertekad menjadi guru seperti sekarang. Info detail seputar mekanisme lomba, klik lomba Hari Guru Nasional ini.

Selamat Hari Guru Nasional 2020! Selalu semangat mengajar untuk mencerdaskan generasi masa depan bangsa!

Belum daftar di Guraru ? Tunggu apa lagi?

Yuk, daftarkan diri sekarang!
Daftar Guraru

Comments (9)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar