2

MERAWAT INDONESIA (0)

@ahysholih January 10, 2021

Negeri ini menyimpan banyak pelajaran dari kisah-kisah perjuangan masa lalu para tokohnya. Tentang prinsip hidup, semangat dalam berjuang, dan kesederhanaan mereka. Semua menjadi faktor penguat bagi lahirnya sebuah negeri yang sekarang bernama Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kisah-kisah menarik nan penuh keteladanan dari para tokoh umat yang juga para founding fathers (pendiri bangsa) terekam dalam catatan sejarah di buku ini. Dengan bahasa yang mengalir, penulis menceritakan tentang kisah-kisah mereka, terutama kisah-kisah untold stories, yang tidak pernah didapatkan dalam buku-buku sejarah.

Buku ini mampu menceritakan hal-hal yang sangat personal dan kenangan-kenangan yang mungkin tidak ada dalam buku sejarah lainnya. Ini dikarenakan kedekatan penulisnya dengan sebagian besar tokoh yang ada dalam buku ini.

Pembaca akan disuguhkan kisah tentang kesederhanaan Sutan Syahrir, seorang tokoh bangsa yang sederhana, yang karena tak punya uang, bahkan pernah menjual mesin jahitnya. Kita juga disuguhkan cerita tentang keteladanan dan perjuangan dan perjuangan para tokoh Masyumi seperti Natsir, Kasman Singodimedjo, Sjafruddin Prawiranegara, Buya Hamka, Yunan Nasution, dll. Mereka, dengan kesederhanaannya mampu memegang prinsip perjuangan, meskipun harus berhadapan dengan penguasa dan berujung dengan dinginnya penjara.

Buku ini sebenarnya buku sejarah, namun ditulis dengan bahasa yang sangat ringan; dimana ketika orang membacanya, maka dia seolah mendengarkan kawan lama yang datang bercerita. Ditulis dengan gaya bertutur yang sangat baik, sehingga emosi pembaca bisa terlibat di dalamnya. Sayang jika anda tak memilikinya.

Judul Buku : Merawat Indonesia; Belajar dari Tokoh dan Peristiwa

Penulis : Lukman Hakiem

Editor : Artawijaya

Penerbit : Pustaka Al-Kautsar

Cetakan : Pertama, November 2017

Perpustakaan Nasional RI: Data Katalog Dalam Terbitan (KDT)

ISBN : 978-979-592-789-1

Jumlah halaman : 328

tebal buku : 20 cm


TENTANG PENULIS

LUKMAN HAKIEM. Lahir di Bekasi, 23 Juli 1957. Ia terlahir sebagai anak ketiga (dari 11 bersaudara, 6 lelaki, 5 perempuan) pasangan H.M. Mursyid Nawawi (1930-1989) dan Hj. Sitti Wardah Fudholi (1935-2011). Ia pendiri dan Ketua Yayasan Wakaf “Ad-Da’wah” Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat.

Alih-alih menjadi guru, jebolan Fakultas Keguruan Ilmu Sosial Institut Keguruan dan Ilmu Kependidikan (FKIS-IKIP) ini justru “terdampar” di dunia politik.

Ketua Umum Himpunan Islam Cabang Yogyakarta (1983-1984) ini adalah anggota MPR/DPR-RI mewakili Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dari daerah pemilihan Jawa Barat (1997-1999), daerah pemilihan Cianjur Sukabumi (2001-2009), dan Staf Khusus Wakil Presiden RI (2001-2004).

Sejak masih mahasiswa aktif menulis di berbagai media massa. Suami Hj. Endah Wirdahayati yang dikaruniai tiga anak (2 lelaki, 1 wanita), dua menantu, dan empat cucu ini telah menghasilkan puluhan buku, bail sebagai penulis, sebagai editor/penyunting, maupun sebagai kontributor. Antara lain menulis biografi H. Buchari Tamam (1993), Dr. Anwar Harjono S.H. (1939), dan H. Faisal Baasir, S.H. (2001), dan K.H. Sholeh Iskandar (2017). Antara lain menyunting buku Pemimpin Pulang Rekaman Peristiwa Wafatnya M. Natsir (1993), Dari Muhammadiyah untuk Indonesia Pemikiran dan Kiprah Ki Bagus Hadikusumo, Mr. Kasman Singidimedjo, dan K.H. Abdul Kahar Mudzakkir (2013), dan Alam Pikiran dan Jejak Perjuangan Prawoto Mangkusasmito Ketua Umum (Terakhir) Partai Masyumi (2014).

Karier penulisan, mengantarkannya berkarier di dunia jurnalistiksebagai Wakil Pemimpin Redaksi/Redaktur Pelaksana Majalah Kiblat (1985-1988) dan Redaktur Majalah Media Dakwah (1989-1997).

Sejak di Kiblat dan di Media Dakwah itulah, interaksinya dengan tokoh-tokoh Islam seperti K.H. Masjkur, H. Mustafa Busjyr, K.H. Hasan Basri, M. Natsir, M. Yunan Nasution, H. Buchari Tamam, Anwar Harjono, Busthanul Arifin, K.H. Sholeh Iskandar, dan Ismail Hasan Metareum makin intensif. Penulis saat ini bermukim di Sukabumi, Jawa Barat.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar