5

Merasa Tak Semangat Mengajar? Tonton Film-Film ini (0)

AfanZulkarnain January 12, 2021

Tulisan ke-15 Tahun 2021

Penulis : Moch Afan Zulkarnain

Pernahkah Bapak Ibu berada di titik jenuh dalam mengajar? Terlebih saat guru diterpa banyak masalah kehidupan. Tak ada gairah dalam menghadapi anak-anak di kelas. Terkadang, apabila anak-anak berbuat ulah membuat emosi kita semakin terkuras. Saat alami hal itu, apa yang Bapak Ibu lakukan? Mungkin, menonton film-film ini bisa menjadi pilihan. Film tentang pendidikan.

Kuchibiru Ni Uta O

Ketika seorang guru termotivasi dengan kisah hidup muridnya.

Film yang dirilis 28 Februaru 2018 ini diawali dengan adanya kedatangan seorang mantan pemain piano bernama Yuri Kashiwagi (Yui Argaki) yang harus menjadi guru musik di sebuah SMP untuk menggantikan tugas rekannya yang sedang hamil.

Secara kebetulan pergantian guru musik ini terjadi pada saat grup paduan suara sekolah tersebut sedang melakukan persiapan untuk mengikuti seleksi paduan suara tingkat nasional dan Yuri Kashiwagi diminta memikul tanggung jawab untuk melatihnya.

Pada awalnya Yuri Kashiwagi agak ogah-ogahan melatih grup paduan suara itu, bahkan ia menolak untuk memainkan piano pada sesi menyanyikan mars sekolah. Padahal ia diminta langsung oleh kepala sekolahnya untuk menggantikan pemain piano sekolah yang sedang tidak masuk. Yuri memiliki trauma mendalam terhadap piano dan membuatnya memutuskan untuk tak lagi menjadi pianis. Ternyata keputusan itu dilatar belakangi oleh kematian kekasihnya yang mengalami kecelakaan ketika sedang dalam perjalanan menuju konser pianonya. Yuri merasa kematian kekasihnya adalah karena kesalahannya sehingga ia merasa bersalah dan enggan lagi untuk bermain piano lagi.

Dalam film ini ada satu hal yang menarik, yaitu Yuri memberikan tugas kepada tiap-tiap anggota paduan suara untuk membuat surat kepada diri mereka sendiri lima belas tahun mendatang.

Ketika itu sang guru pengganti tertarik dengan salah satu surat yang dibuat oleh salah satu anggota paduan suara itu, Satoru Kuwahara. Dalam suratnya ia mengungkapkan kesulitan hidup yang dialami. Satoru harus selalu merawat kakaknya yang menderita autis akan tetapi ia tidak menyalahkan keadaan, ia bersyukur dapat mengantar dan menjemput kakaknya di sekolah khusus, meski harus mengorbankan masa-masa bermainnya. Yuri sangat tersentuh dengan ketegaran hati Satoru.

Yuri Kashiwagi juga mendapatkan kekuatan dari kisah muridnya yang lain, Nazuna Tsunematsu. Sejak kecil, Nazuna dibesarkan oleh kakek dan neneknya. Ayahnya pergi tak ada kabar dengan perempuan lain, sementara ibunya meninggal karena bunuh diri.

Kisah hidup kedua siswa tersebut membuat Yuri bangkit. Ia menjadi memiliki semangat mengajar. Ia tak lagi ogah-ogahan dalam melatih anak-anak untuk persiapan lomba paduan suara.

Walaupun pada akhirnya gagal, namun mereka telah memenangkan diri untuk membangkitkan semangat menghadapi rintangan dan tetap menjalani hidup mereka sendiri.

Yuri pun dapat melupakan traumanya, dan memutuskan untuk kembali memulai karirnya sebagai pianis di Tokyo.

Hichki

Film India yang mengajarkan bahwa dalam kondisi sesulit apapun, Guru harus semangat mengajar

Bagaimana rasanya mengajar dalam kondisi menderita sindrom tourette? Sindrom ini membuat penderitanya secara tiba-tiba melakukan gerakan, seperti berkedip, menggerakkan tangan, maupun mengegrakkan leher. Terkadang penderitanya dapat mengeluarkan suara aneh yang sebenarnya tak ingin mereka ucapkan.

Sindrom ini dialami oleh Neina yang diperankan oleh Rani Mukerji. Dia sangat bercita-cita menjadi guru. Namun sindrom ini membuatnya kesulitan melamar pekerjaan. Beberapa kali ia dipecat karena keanehannya yang membuat siswa merasa tak nyaman. Hingga akhirnya ia diterima di sebuah sekolah, dan dia diminta mengajar di kelas yang dianggap buangan. Kelas itu terdiri atas anak-anak yang mayoritas kalangan ekonomi bawah, terkenal nakal, dan diremehkan. Anak-anak itu merasa tak memiliki masa depan.

Awalnya Neina menjadi lelucon anak-anak tersebut. Terlebih dengan kebiasaan Neina mengeluarkan suara-suara aneh. Namun, Neina tak menyerah. Meski banyak yang mencibirnya, Neina tetap mengajar. Bahkan ada adegan tak seorangpun siswa datang. Neina menjemput mereka agar sekolah.

Gaya mengajar Neina yang unik ternyata membuat anak-anak kelas tersebut tertarik. Mereka menjadi lebih rajin datang ke sekolah. Neina juga membantu mereka menyelesaikan persoalan hidupnya masing-masing. Anak-anak yang diremehkan itu akhirnya lulus dengan nilai terbaik, bahkan melebihi kelas unggulan di sekolah tersebut.

The Emperor’s Club

Ketika seorang pensiuan guru mengingat kembali kenangan mengajarnya di suatu sekolah

Film yang dirilis tahun 2002 ini, berpusat pada William Hundert yang diperankan oleh Kevin Kline. Ia adalah seorang pensiunan guru yang memiliki dedikasi tinggi pada profesinya.

Suatu saat, William diundang sebagai tamu kehormatan dalam sebuah kegiatan reuni sekolah. Kontan reuni tersebut membuat ia teringat kenangannya di masa lalu ketika ia masih menjadi seorang guru di Saint Bennedict Academy.

Pernah ia mempersiapkan tiga murid terbaik untuk mengikuti lomba cerdas cermat. Namun tiga murid pilihannya memiliki sifat yang bertolak belakang. Tentu bukan hal yang mudah untuk menyatukan mereka apalagi kehadiran seorang siswa baru justru memperkeruh masalah tersebut. Namun kegigihannya membuat ia berhasil menyelesaikan permasalahan tersebut.

————————

Selain ketiga film tersebut, masih banyak film-film lainnya. Laskar pelangi misalnya. Film legendaris yang terinspirasi dari novel karya penulis Andrea Hirata. Tokoh Bu Muslimah menjadi guru yang luar biasa. Mengajar anak-anak kampung dalam keterbatasan.

Apakah anda memiliki rekomendasi film dengan tema serupa?

Comments (5)

  1. Sementara sudah melihat Hichki..

    Memang membuat semangat dan selalu bersyukur atas kondisi kita di sekolah..
    Ingin rasanya punya murid seperti difilm, tapi saya yakin anak didik saya lebih special (sebenarnya). Hanya belum keliatan 🤭

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar