2

Menyusun Konten LMS : Digital Konten (0)

Elisa Kristiyanti April 9, 2021

Beberapa tahapan dalam membuat konten digital yaitu kreasi (dibuat sendiri), kurasi (mengadaptasi dari yang sudah ada), dan modifikasi (menambahkan kreasi dari konten yang sudah ada). Jangan lupa ketika menggunakan konten yang sudah ada untuk mencatumkan sumbernya. Semua boleh dilakukan dengan standar publikasi yang sesuai dengan aturan. Konten digital yang baik dan menarik memang tidak bisa dibuat dalam waktu singkat. Oleh karena itu, butuh waktu dan niat tulus untuk terus belajar.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat konten digital

Tujuan pembelajaran : memiliki tujuan pembelajaran yang jelas. Standar kompetensi dan indikator apa yang menjadi ukuran.

Memahami kebutuhan siswa : kenali siswa dengan berbagai kebutuhan belajar mereka. Sehingga perlu memperhatikan audio, musik, animasi yang digunakan untuk dijadikan konten digital.

Terus mencoba : dalam membuat konten digital perlu beberapa kali mencoba dan memulai menyusun konten digital dengan baik.

Konten digital menjadi efektif bila ada skenario kegiatan belajar mengajar guru efektif.

Skenario dibuat dengan baik akan menghasilkan hasil yang baik. Gunakan gaya bahasa mengikuti gaya bahasa siswa dengan mengikuti koridor bahasa pendidikan yang sopan, baik, dan benar. Menyusun konten digital dengan padat dan jelas, menyampaikan dalam materi yang padat dan jelas. Bisa ditambahkan dengan dengan kuis interaktif. Konten harus menarik, sehingga membuat siswa dapat antusias di awal. Tambahkan beberapa gambar atau tulisan yang memotivasi siswa.

1 2 3

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar